Urutan Presiden Indonesia dari yang Pertama Hingga Sekarang

Urutan Presiden Indonesia – Sudah 75 tahun Indonesia merdeka dan hingga kini telah dipimpin oleh tujuh orang presiden. Masing-masing presiden memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda serta kebijakan yang berbeda pula untuk kemajuan bangsa.

Tanggung jawab seorang kepala negara tentu tidaklah mudah. Banyak permasalahan yang harus diselesaikan khususnya terkait dengan penghidupan yang layak bagi rakyatnya. Polemik bangsa yang tak kunjung reda menjadi PR menahun pemerintah.

Dari masa ke masa sejarah pergantian kursi kepresidenan di Indonesia acap kali diwarnai oleh konflik kericuhan. Semenjak kemerdekaan hingga baru-baru ini Indonesia kebijakan pemerintah Indonesia mendapat penolakan dari rakyat.

Ada apakah gerangan dengan sistem pemerintahan kita?

Terlepas dari semua itu ada baiknya kita mengetahui sejarah dan urutan presiden Indonesia dari dulu hingga kini.


Urutan Presiden Indonesia


nesabamedia.com

1. Soekarno (18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967)

Sebagai presiden pertama, Bung Karno begitu beliau disapa, dijuluki sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Bersama dengan rekannya Mohammad Hatta, kedua tokoh inilah yang mewakili nama bangsa Indonesia saat menandatangani teks proklamasi kemerdekaan.

Sepanjang 22 tahun kepemimpinannya Bung Karno masih terus berjuang untuk mendapatkan pengakuan kemerdekaan Indonesia di mata dunia. Berkat keteguhan dan keberaniannya Bung Karno dijuluki sebagai Macan Asia dan ditakuti oleh negara adidaya sekalipun.

Detik-detik menjelang akhir kepemimpinan, beliau pernah berpesan “perjuanganku lebih mudah melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”. Hal ini terbukti hingga kini bangsa kita masih dihadapi dengan konflik persatuan karena dipicu berbagai hal.

2. Soeharto (12 Maret 1967 – 21 Mei 1998)

Soeharto menggantikan Bung Karno di kursi kepresidenan dengan dilayangkannya Supersemar setelah bangsa Indonesia melalui konflik perpecahan didalangi oleh para kaum komunis. Sebelum menjabat sebagai presiden, Pak Harto adalah seorang panglima pimpinan militer.

Sepanjang sejarah kepresidenan Soeharto menjabat sebagai kepala negara terlama yakni 31 tahun lamanya. Selama menjabat beliau telah mengalami enam kali pergantian wakil presiden hingga akhirnya beliau dipaksa mundur dari kursi kepresidenan oleh aksi mahasiswa pada tahun 1998.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999)

BJ Habibie menjadi wakil presiden terakhir dikala Soeharto masih menduduki bangku kepresidenan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah presiden Indonesia bukanlah orang dari tanah Jawa melainkan putra daerah dari Parepare, Sulawesi Selatan.

Terhitung sangat singkat Habibie menjabat sebagai presiden selama 1 tahun 5 bulan tanpa wakil presiden. Kala itu Ketua MA menunjuk dan menyumpah secara langsung Pak Habibie menjadi untuk menggantikan Soeharto.

Di kala kondisi bangsa yang tidak kondusif kala itu, Habibie dipaksa mundur dari bangku kepresidenan karena referendum Timor Timur yang memilih merdeka. MPR RI menolak pidato pertanggungjawaban Pak Habibie hingga beliau kembali menjadi rakyat biasa dan kembali hijrah dan bermukim di Jerman.

4. Abdurrahman Wahid (20 Oktober 1999 – 23 Juli 2001)

Presiden pertama Indonesia dari kalangan ulama ini akrab disapa Gus Dur. Beliau mendapat julukan sebagai “Bapak Pluralisme” karena di masa kepemimpinannya beliau dengan lantang membela keberagaman di Indonesia.

5. Megawati Soekarnoputri (23 Juli 2001 – 20 Oktober 2004)

Sejarah juga mencatat pertama kalinya Indonesia dipimpin oleh seorang wanita. Megawati merupakan anak dari Bapak Proklamator kita yakni Bung Karno. Semasa kepemimpinannya Megawati dijuluki sebagai “Ibu Wong Cilik” karena komitmennya memperjuangkan ekonomi kerakyatan.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (20 Oktober 2004 – 20 oktober 2014)

SBY adalah presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dalam proses Pemilu Presiden putaran II pada tanggal 20 September 2004. Beliau menjabat selama dua kali periode yaitu masa jabatan 2004-2009 dan 2009-2014.

7. Joko widodo (20 Oktober 2014 – sekarang)

Jokowi begitu beliau akrab disapa adalah presiden ketujuh Indonesia dan masih aktif menjabat hingga tahun 2024 nanti. Sebelum menjabat sebagai presiden Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI terhitung dari tanggal 12 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2016.


Itulah urutan presiden Indonesia dari pertama hingga kini. Sudah selayaknya kita memahami mengenai perkembangan kursi pemerintahan, agar tidak salah pilih saat pemimpin saat Pemilu nanti. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Ukuran Spring Bed

Keyword: Urutan Presiden Indonesia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.