Urutan Pangkat Polisi Mulai dari yang Terendah hingga Tertinggi di RI

Kamu bercita-cita ingin jadi polisi dan ikut melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Sebelumnya kenali dulu urutan pangkat polisi RI di bawah ini, supaya nanti tidak salah langkah.


Urutan Pangkat Polisi RI


Berikut penjelasan urutan pangkat polisi di Indonesia mulai dari yang terendah hingga tertinggi:

Tamtama

keepo.me

Tamtama merupakan pangkat terendah dalam jabatan karir polisi, biasa juga disebut sebagai Golongan I. Adapun urutan pangkat golongan ini dari yang terendah hingga tertinggi sebagai berikut:

– Bharada (Bhayangkara Dua)

Dilambangkan dengan 1 garis miring (/) berwarna merah, pangkat terendah dalam dunia kepolisian ini merupakan awal perjalanan karir bagi polisi.

– Bharatu (Bhayangkara Satu)

Sebelum tahun 2001 nama Bharatu dikenal sebagai Pratu alias Prajurit Satu. Setingkat di atas Bharada, pangkat Bhayangkara Satu dilambangkan dengan 2 garis miring (//) berwarna merah. Pangkat ini diperoleh seorang polisi apabila telah memenuhi syarat mengabdi selama 5 tahun lebih.

– Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Pangkat ini dilambangkan dengan 3 garis miring (///) berwarna merah yang merupakan pangkat tertinggi di golongan polisi tingkat Bhayangkara.

– Abripda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

Di atas pangkat Bhayangkara terdapat pangkat Ajun Brigadir, tingkat pertama adalah Abripda. Dilambangkan dengan 1 segitiga (<) berwarna merah.

– Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu)

Dahulunya pangkat ini bernama Kopral Satu (Pratu), dilambangkan dengan 2 segitiga (<<) berwarna merah.

– Abrip (Ajun Brigadir Polisi)

Abrip adalah pangkat tertinggi pada golongan I (Tamtama) di dunia kepolisian. Pangkat yang membawahi semua pangkat sebelumnya ini dilambangkan dengan 3 segitiga (<<<) berwarna merah.

Bintara

jurnalponsel.com

Bintara masuk dalam Golongan II pada struktur pangkat kepolisian di Indonesia, berikut urutannya:

– Bripda (Brigadir Polisi Dua)

Pangkat terendah dalam dunia Bintara ini memiliki kedudukan yang sama dengan Sersan Dua dalam dunia TNI. Dilambangkan dengan 1 segitiga (<) tersusun berwarna perak. Polisi dengan pangkat Bripda biasanya ditugaskan dengan hal yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

– Briptu (Brigadir Polisi Satu)

Setingkat di atas Bripda pangkat Briptu setara dengan pangkat Sersan Satu di TNI. Pangkat ini dilambangkan dengan 2 segitiga (<<) tersusun berwarna perak. Pangkat Briptu adalah polisi yang membawahi tingkat Bripda dan Golongan I (Tamtama).

– Brigpol (Brigadir Polisi)

Dalam dunia militer Brigpol setara dengan pangkat Sersan Kepala yang dilambangkan dengan 3 segitiga (<<<) tersusun berwarna perak. Brigpol bertanggung jawab langsung terhadap kesalahan Bripda dan Briptu dalam menjalankan kewajiban sesuai dengan SOP yang berlaku.

– Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

Bripka adalah pangkat tertinggi dalam golongan Brigandir Bintara yang dilambangkan dengan 4 segitiga (<<<<) tersusun berwarna perak.

Bintara Tinggi

keepo.me

Masih masuk dalam Golongan II

– Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

Dilambangkan dengan 1 segitiga menyambung berwarna perak, Aipda bertugas sebagai asisten Letnan Dua sekaligus menjadi penghubung antara Letnan dan Brigadir.

– Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu)

Aiptu adalah pangkat tertinggi pada structural Golongan II (Bintara) dilambangkan dengan 2 segitiga menyambung berwarna perak. Selain bertugas membantu Letnan Dua, Aiptu juga bertanggung jawab dalam menyusun perencanaan.

Perwira Pertama (PAMA)

jurnalponsel.com

PAMA adalah polisi pada tingkat Golongan III yang telah menempuh sekolah khusus dan lulus dengan kemampuan khusus pula. Untuk bisa sampai di golongan PAMA maka seorang polisi setidaknya harus menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian.

– Ipda (Inspektur Polisi Dua)

Merupakan pangkat terendah di PAMA dilambangkan dengan 1 garis balok berwarna emas.

– Iptu (Inspektur Polisi Satu)

Berkedudukan sama dengan Letnan Satu di TNI, Iptu bertugas mengawasi dan memastikan perintah berjalan dengan baik yang dibantu oleh Aiptu. Pangkat Iptu sendiri dilambangkan dengan 2 garis balok berwarna emas.

– AKP (Ajun Komisaris Polisi)

AKP adalah pangkat tertinggi di golongan III dimana memiliki kedudukan yang sama dengan Kapten di dalam dunia militer. Dilambangkan dengan 3 garis balok berwarna emas, AKP bertugas mengawasi semua polisi dengan pangkat di bawahnya.

Perwira Menengah (PAMEN)

Urutan Pangkat Polisi
kurio.id

Terdapat tiga jabatan utama pada golongan IV ini, dimana mulai dari pangkat Kompol kenaikan jabatan disesuaikan dengan pendidikan, jabatan, prestasi, dan hasil assasment.

– Kompol (Komisaris Polisi)

Kompol adalah seorang Mayor dalam dunia tentara, dilambangkan dengan melati 1 berwarna emas. Umumnya menjabat sebagai pemimpin memimpin kepolisian resor kota (Kalporesta).

– AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi)

Dilambangkan dengan melati 2 berwarna emas, pangkat ini setara dengan kedudukan Letnan Kolonel dalam militer.

– Kombes Pol (Komisaris Besar Polisi)

Kombes Pol menduduki pangkat tertinggi di golongan Pamen, dilambangkan dengan melati 3 berwarna emas. Biasanya pangkat ini menduduki bangku Wakapolresta hingga Wakapolda.

Perwira Tinggi (PATI)

Urutan Pangkat Polisi
kaffah.id

Berdasarkan struktur organisasinya Perwira Tinggi merupakan Golongan V dengan urutan jabatan dari terendah hingga tertinggi yaitu sebagai berikut:

– Brigjen Pol (Brigadir Jenderal Polisi)

Dalam jabatan kepolisian RI Brigjen Pol adalah pakat tertinggi nomor 4 dikenal dengan istilah pangkat bintang satu. Biasanya ditugaskan memimpin Polda tipe B atau biro setingkat Mabes Polri.

– Irjen Pol (Inspektur Jenderal Polisi)

Pangkat bintang dua ini setara dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen) di TNI. Umumnya disandang oleh Kapolda di wilayah-wilayah tipe A.

– Komjen Pol (Komisaris Jenderal Polisi)

Pangkat bintang tiga ini setara dengan posisi Letnan Jenderal di TNI. Jabatan ini biasanya diduduki oleh Wakapolri, Kabareskim, Kepala BNN, dan lain sebagainya.

– Jenderal Pol (Jenderal Polisi)

Pangkat tertinggi dalam struktural kepolisian di RI ini dilambangkan dengan bintang empat. Hanya disandang oleh TB 1 (Tri Brata 1) atau yang sering kita sebut sebagai Kapolri (Kepala Polisi Republik Indonesia).


Itulah urutan pangkat polisi dari yang terendah hingga tertinggi di Republik Indonesia. Jika memang berniat ingin menjadi polisi, ada baiknya kamu pelajari kesemua pangkat di atas untuk keberhasilan jenjang karirmu di dunia kepolisian nantinya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.