Pengertian Investasi, Manfaat, dan Jenis Investasi yang Perlu Diketahui

Pengertian investasi – Berbicara tentang investasi, barangkali teman-teman sudah sangat familiar mendengarnya atau bahkan sudah menjalankannya.

Secara sederhana kegiatan investasi hampir sama dengan kegiatan menabung. Bedanya investasi memiliki keuntungan yang lebih banyak dan bisa berlipat ganda, tetapi juga memiliki resiko yang tinggi.

Sedangkan menabung tidak memiliki resiko dan cenderung hanya mengumpulkan uang dalam jangka waktu tertentu.

Dengan berinvestasi kita bisa memiliki saham di suatu perusahaan. Semakin besar jumlah yang diinvestasikan semakin besar pula saham yang dimiliki.

Artinya untuk berinvestasi kita perlu modal, dan hari ini kita bisa berinvestasi dengan modal yang tidak terlalu besar loh.

Untuk teman-teman yang baru belajar berinvestasi bisa mencoba dengan modal yang kecil, supaya nantinya jika terjadi sesuatu kita tidak begitu merugi. Sebab kita tahu investasi bisa sangat menguntungkan tetapi juga bisa merugikan.

Nah sebelum berinvestasi alangkah baiknya kalau teman-teman mempelajari dulu hal-hal dasar tentang investasi, seperti materi di bawah ini:


Pengertian Investasi


sunlife.co.id

Sebelumnya kami telah memberikan gambaran besar mengenai pengertian investasi. Tetapi secara detail kita bisa mendefinisikan investasi sebagai usaha penanaman modal yang bisa mendatangkan keuntungan di kemudian hari.

Modal ini bisa berupa apa saja, tetapi jika kita berbicara dalam konteks finansial modal dalam berinvestasi adalah aset keuangan.

Pengertian investasi di atas merupakan definisi sederhana yang bisa kami simpulkan dari pendapat beberapa ahli mengenai investasi.


Manfaat Investasi


gaya.tempo.co

Mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi? Apa sih manfaatnya?. Kalau kamu sedang bertanya-tanya untuk apa investasi itu, paling tidak beberapa point berikut ini bisa menjawab pertanyaan tersebut:

Meningkatkan nilai aset dan kekayaan

Ketika seseorang melakukan investasi maka ia akan mendapatkan efek bunga bergulung atau compounding.

Efek tersebut merupakan kemampuan aset yang bisa menghasilkan keuntungan yang terus menerus atau berkelanjutan.

Maka hal ini jelas bahwa dengan melakukan kegiatan investasi bisa menambah keuntungan berupa kekayaan dan juga nilai aset.

Melindungi kondisi keuangan dari inflasi

Selain bisa meningkatkan kekayaan, investasi juga bisa menyelamatkan teman-teman ketika terjadi inflasi.

Menjadi tabungan untuk kebutuhan berbiaya besar

Sebenarnya secara garis besar keuntungan ini merupakan efek dari bunga bergulung. Maka suatu saat jika teman-teman membutuhkan sesuatu yang biayanya besar bisa memanfaatkan hasil investasi yang telah ditanam.

Mendapatkan financial freedom

Siapa yang tidak menginginkan passive income, yang mana bisa membuat seseorang mempunyai pendapatan yang rutin dan stabil tanpa harus bekerja setiap hari.


Jenis Investasi


mifx.com

Selain pengertian dasar mengenai investasi dan apa manfaatnya, kita juga harus memahami apa saja jenis-jenis investasi supaya nantinya bisa menjadi pertimbangan saat melakukan investasi.

Secara umum investasi diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Adapun penjelasan masing-masing tersebut dapat disimak di bawah ini:

Investasi Jangka Pendek

Seperti penyebutannya investasi jenis ini memang dilakukan dalam jangka waktu yang pendek sekitar satu, dua sampai tiga tahun.

Investasi jangka pendek cocok untuk teman-teman yang memiliki rencana dalam waktu pendek, misalnya berlibur di akhir tahun, memberikan hadiah cincin, dan lain sebagainya.

Karena investasi ini bisa memberikan keuntungan yang cepat, meskipun return nya pun lebih kecil dibanding jangka panjang.

Investasi Jangka Panjang

Pengertian Investasi, Manfaat, dan Jenis Investasi yang Perlu Diketahui
beritateknologi.id

Kebalikan dari investasi jangka panjang, kamu bisa memilih investasi jangka panjang jika memang ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan berkelanjutan.

Return yang bisa diambil membutuhkan waktu lima, sepuluh, atau bahkan belasan tahun. Tetapi perlu diingat bahwa salah satu instrumen investasi jangka panjang adalah investasi saham. Atau juga berinvestasi menggunakan logam mulia atau emas batangan.

Keyword: Pengertian Investasi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.