13 Alat Komunikasi Tradisional dan Modern yang Berguna pada Masanya

Alat komunikasi tradisional modern sangat banyak ragamnya. Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia berkomunikasi untuk menyempaikan pendapat dan keinginan mereka.

Berkomunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Untuk dapat berinteraksi dengan manusia lainnya mereka butuh berkomunikasi dengan alat komunikasi.


Alat Komunikasi Tradisional dan Modern


Keberadaan alat komunikasi sudah aja sejak jaman dahulu. Hanya saja alat-alat komunikasi pada zaman dulu masih sangat tradisional. Sejak zaman dahulu, manusia telah berusaha menyampaikan sesuatu dengan mempergunakan alat bantu, alat inilah yang kita sebut alat komunikasi.

Di zaman digital seperti sekarang ini kita bisa berkomunikasi dengan mudah tanpa kenal batasan. Dahulu, orang berkomunikasi dengan alat seadanya yang bisa ditemukan di sekitar mereka. Sebut saja suku Indian.

Suku asli Benua Amerika tersebut dahulu berkomunikasi dengan asap. Mereka menggunakan asap untuk berkomunikasi antar kelompok mereka dari jarak jauh. Asap-asap yang mereka gunakan dalam berkomunikasi bukan asal menyalakan api dengan kayu bakar lalu langsung dimengerti.

Orang Indian perlu membuat sandi-sandi khusus menggunakan asap. Entah asap itu dibentuk pola lingkaran, mengepul terus ke atas, dan sebagainya. Itulah cara orang Indian berinteraksi di masa lalu. Selain asap masih banyak alat komunikasi tradisional lain yang perlu kalian tahu.

Berikut ini macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern yang dipakai oleh manusia:

Komunikasi Tradisional

Sebelum datangnya teknologi dan ditemukannya alat komunikasi modern, manusia berkomunikasi dengan bantuan benda-benda sederhana di sekitarnya.

Bahkan setelah alat komunikasi modern ditemukan pun mereka yang belum bisa menjangkau alat tersebut masih berkomunikasi dengan tradisional. Kebanyakan masyarakat pedasaan yang masih melakukan hal tersebut.

Meski sekarang komunikasi sudah menjangkau masyarakat hingga ke pelosok, tapi beberapa alat komunikasi tradisional masih ada yang dipakai. Berikut ini beberapa alat komunikasi tradisional:

1. Kertas

Setelah ditemukannya teknik pembuatan kertas oleh bangsa Cina, menusia mulai mengembangkan komunikasi dengan tulisan. Lewat kertas kita bisa surat-menyurat, mencetak koran, dan lain sebagainya.

2. Terompet

Pada zaman dulu, terompet sederhana masih terbuat dari tanduk binatang. Bisa juga terbuat dari kerang yang berukuran besar. Penggunaan terompet di zaman dulu untuk mengumpulkan orang-orang jika ada acara besar, misal penobatan raja hingga persiapan perang.

3. Lonceng

Lonceng terbuat dari logam campuran besi, tembaga, dan kuningan. Biasanya lonceng digunakan di tempat-tepat peribadatan untuk memanggil atau memberitahukan jemaat jika ada prosesi peribadatan.

4. Bedung

Dulunya bedug banyak digunakan di masjid-masjid di nusantara sebagai penanda waktu sholat sebelum adzan dikumandangkan. Keberadaan bedug kini sudah digantikan dengan toa masjid yang memngeraskan suara muadzin.

5. Kentongan

Sampai saat ini kentongan masih umum digunakan terutama di desa-desa. Fungsinya untuk mengumpulkan warga atau sebagai tanda bahaya. Kentongan akan dipukul keras-keras selama berkali-kali hingga warga terkumpul

6. Surat dan Merpati pos.

alat komunikasi tradisional modern
image source: world-post.org

Jika saat ini surat dikirim dengan menggunakan alat transportasi modern dan bahkan tidak lagi ditulis pada kertas. Berbeda dengan jaman dulu yang menggunakan merpati pos. Merpati-merpati pos biasanya sudah dilatih untuk membawa surat ke tempat tujuan.

Alat Komunikasi Modern

Setelah teknologi ditemukan para ilmuwan banyak yang menciptakan dan berinovasi dengan alat-alat komunikasi. Alat-alat komunikasi modern bkebanyakan bertenaga listrik. Istilah alat komunikasi masa kini sering disebut dengan gadget.

Berikut ini alat komunikasi tradisional dari yang jadul hingga terkini:

7. Radio

Radio merupakan alat komunikasi tempat orang menyampaikan berita hingga pesan-pesan. Meskipun sekarang sangat jarang orang yang berkirim pesan lewat radio, tapi masih banyak orang yang suka mendengarkan radio.

8. Televisi

Sejak jadul, televisi sudah menemani kita sebagai alat komunikasi. Keberadaan televisi hingga sekarang masih ada. Bahkan yang terbaru TV juga bisa disambungkan dengan internet dan dipakai layaknya komputer.

9. Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi modern yang mungkin sudah tergolong jadul. Tak heran jika sekarang orang lebih memilih memakai ponsel ketimbang telepon.

10. Pager

alat komunikasi modern
image source: bbc.com

Pager merupakan alat komunikasi modern jaman dulu. Kalian yang termasuk generasi 90 an ke belakang pasti tak asing dengan benda ini. Benda ini merupakan alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan pesan-pesan pendek berupa tulisan dan bunyi. Pejer juga terhubung dengan telepon.

11. Ponsel

Ponsel atau handphone selalu bereinkarnasi dari masa ke masa. Mulai dari yang hanya untuk bertelepon saja hingga ke ponsel pintar yang bisa untuk apa saja.

12. Komputer

Komputer merupakan penemuan abad ke 20 yang canggih. Dengan menggunakan teknologi arus pendek searah, komputer dapat menyimpan data berrupa gambar, tulisan, suara, dan lainnya.

13. Tablet

Gadget yang satu ini merupakan alat komunikasi gabungan antara komputer dengan ponsel. Layarnya lebih lebar dari ponsel, tapi lebih kecil dari komputer. Meski terlihat seperti ponsel, tapi fungsinya bisa disamakan ddengan komputer.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.