Ukuran Spanduk | Pahami Beberapa Hal ini Sebelum Mencetaknya

Ukuran Spanduk – Tak jauh berbeda dengan poster, spanduk juga sering digunakan sebagai media informasi dan promosi. Secara umum spanduk adalah kain yang direntangkan berisikan slogan, propaganda, ataupun berita yang bertujuan untuk diketahui khalayak umum.

Seiring berkembangnya teknologi kini spanduk tak hanya menggunakan media kain melainkan dapat dengan mudah dibuat menggunakan digital printing. Melalui desain yang unik dan menarik kita akan bisa menghasilkan spanduk yang persuasif dan enak dipandang.

Banyak dari perusahaan-perusahaan besar menggunakan spanduk sebagai media promosi yang dipajang di pinggir jalan atau digantung melintang di tengah jalan. Spanduk sengaja ditempatkan di lokasi yang memang banyak terlihat oleh pengguna jalan dan masyarakat ramai.


Jenis dan Ukuran Spanduk


sribu.com

Meski kini promosi besar-besaran banyak dilakukan melalui media sosial namun keberadaan spanduk belum bisa tergantikan. Karena spanduk dapat dibaca secara berulang-ulang dan sifatnya tercetak sehingga memiliki kekuatan dalam bentuk wujud fisik.

Wujud spanduk sendiri terdiri dari bermacam-macam ukuran, dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemesanan. Namun secara umum biasanya ukuran spanduk adalah 90/100 x 800 cm dengan bahan terbuat dari kain berbentuk persegi panjang.

Lebih spesifik lagi ada pula spanduk yang terbuat dari bahan kain TC dengan cat extender memiliki ukuran 7 x 1,15 meter atau 7 x 0,9 meter. Spanduk dengan ukuran 5 x 0,9 meter atau 5 x 1,15 meter disebut sebagai umbul-umbul atau spanduk raksasa terbuat dari bahan kain.

Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya, maka spanduk dapat terbagi menjadi beberapa jenis berikut ini:

X – Banner

Jenis spanduk pertama ini paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Di antaranya untuk promosi event pameran, acara seminar pendidikan, hingga media perkenalan produk keluaran terbaru dari sebuah perusahaan.

Disebut sebagai X – Banner atau spanduk X karena dalam pemasangannya menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Terbuat dari bahan pipa atau alumunium, spanduk anda dengan manis terpajang dengan tegak kokoh.

Menjadi favorit karena spanduk X bersifat portable dan mudah untuk dipindah-pindahkan. Jika sudah tak digunakan lagi tiang penyangganya jangan sampai dibuang karena bisa digunakan berulang-ulang. Ukuran X-Banner pun beragam mulai dari 60 x 160 cm hingga 80 x 180 cm tergantung pemesanan.

Y – Banner

Nah untuk jenis yang kedua ini tiang penyangganya berbentuk huruf Y dengan alas pada bagian bawah berfungsi sebagai penguat saat spanduk dipajang. Sama dengan X-Banner, Y-Banner juga bersifat portable dan dapat dengan mudah dipisahkan dari rangkanya.

Ukurannya pun beragam biasanya kebanyakan orang memesan Y-Banner berukuran 60 x 100 cm. dimana ukurannya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan X-banner.

Mini X – Banner

Tentu sudah bisa ditebak spanduk ini adalah versi mini dari X-banner yaitu dengan ukuran 26 x 38 cm, bahkan terkadang lebih kecil lagi. Spanduk mini yang dibuat dari bahan berlapis stainless ini biasa dipajang di meja sebagai alat informasi atau promosi, banyak ditemukan di meja-meja restoran.

Roll Up Banner

Roll up artinya spanduk jenis ini dapat digulung jika telah selesai dipakai. Sedang tren saat ini dimana pemakaian roll up banner dianggap lebih praktis dan tidak merepotkan bagi sebagian keperluan. Penggunaannya sangat efisien karena dapat dibawa kemana-mana dengan mudah.

Cara menggulungnya pun mudah cukup dengan menarik spanduk dari atas ke bawah, maka banner akan tergulung secara otomatis. Ukuran spanduk ini cukup besar diantaranya 80 x 200 cm, 85 x 200 cm, 15 x 200 cm, hingga 120 x 200 cm.

Baca Juga : Ukuran Lapangan Tenis Meja

Itulah ulasan singkat mengenai jenis dan ukuran spanduk yang paling sering digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Keywords: Ukuran Spanduk

1 thought on “Ukuran Spanduk | Pahami Beberapa Hal ini Sebelum Mencetaknya”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.