Beberapa Hal ini Harus Diperhatikan Saat Menentukan Ukuran Seprai

Ukuran Seprai – Masalah yang sering terjadi saat membeli seprai adalah ukurannya yang tidak pas dengan kasur. Terkadang terlalu besar dan terkadang terlalu sempit untuk ukuran kasur yang kita punya. Umumnya hal ini terjadi karena kita tidak memahami ukuran kasur yang digunakan.

Mengetahui ukuran kasur sekalipun belum tentu menjamin seseorang bisa menemukan seprai yang cocok. Terkadang ukuran yang tertera pada label kasur tidak sesuai atau tidak cocok dengan size yang tertera pada label.

Hal ini dikarenakan setiap produsen kasur maupun seprai memiliki standar masing-masing sehingga ada saja perbedaan meski hanya 10 cm. Perbedaan kecil ini sangat berpengaruh jika kita salah dalam memilih seprai nantinya.


Tips Untuk Memilih Ukuran Seprai


treat.id

Untuk menghindari kesalahan yang berulang saat memilih seprai, ada baiknya kamu ikuti beberapa tips di bawah ini sebelum menentukan seprai pilihanmu.

Ukur Kasur Terlebih Dahulu

Meskipun secara kasat mata ukuran kasur pasti sudah tertera pada labelnya, namun tetap lakukan hal ini sebelum menentukan ukuran seprai. Size standar seperti single, double, queen, atau king tidak bisa kamu gunakan jika ingin menemukan seprai yang pas.

Kamu perlu mengukur kasur secara detail menggunakan penggaris karena belum tentu ukurannya sesuai dengan ketentuan standar. Misalnya kasur ukuran queen yang kamu miliki di rumah bisa saja memiliki ukuran lebih dari 200 cm x 120 cm.

Meskipun tidak signifikan, semisal 200,5 cm x 121 cm, namun selisih yang kecil tersebut sangat berpengaruh dalam hal memilih seprai. Untuk itu langkah pertama ini wajib kamu lakukan sebelum melangkahkan kaki ke toko untuk membeli seprai.

Ketahui Standar Ukuran Seprai

Nah langkah kedua ini juga penting mengingat kamu harus mencocokkan ukuran kasur dengan ukuran yang tertera pada label seprai. Secara umum standar ukuran seprai mengikuti standar ukuran kasur yang ada, yaitu:

  • 100 cm x 200 cm untuk kasur ukuran single (kasur no. 4)
  • 120 cm x 200 cm untuk ukuran kasur super single (kasur no. 3)
  • 160 cm x 200 cm untuk ukuran kasur queen (kasur no 2)
  • 180 cm x 200 cm untuk kasur ukuran king (kasur no. 1)
  • 200 cm x 200 cm untuk kasur ukuran extra king

Namun ukuran standar di atas tidak selalu sesuai dengan ukuran kasur yang sama. Lebih baik sesuaikan ukuran seprai dengan kasur yang diukur menggunakan penggaris. Terutama saat kamu membeli seprai secara costum, produsen pasti akan meminta ukuran kasurmu secara detail.

Tak hanya ukuran panjang dan lebar kasur tetapi ukuran tinggi juga harus diketahui. Justru tinggi kasur yang terkadang menjadi faktor seprai yang kamu beli tidak cukup di kasur favoritmu. Karena jenis seprai juga berbeda standar ukuran di setiap produsen.

Perhatikan Label Produksi

Beberapa produsen terkadang ada yang mencantumkan ukuran seprai secara mendetail ada pula yang hanya mencantumkan size standar. Untuk itu sebagai konsumen yang cerdas kamu harus cermat membaca informasi yang tersedia di label.

Jangan sampai hanya memperhatikan size standar yang sekiranya sesuai dengan ukuran kasurmu di rumah. Tak ada salahnya mengecek dan membuka bungkus seprai dan mengeceknya secara mendetail apakah sudah sesuai dengan size yang kamu cari.

Tapi jangan lupa meminta izin kepada penjaga tokoh atau pramuniaga sebelum membuka bungkus seprainya ya. karena tidak setiap toko mengizinkan pelanggan untuk membuka barang baru dari bungkus atau plastiknya.

Sedikit saran ada baiknya kamu membeli seprai secara costum jika tidak sedang terburu-buru. Seprai yang dipesan khusus untuk kasur pribadi tentu akan lebih cocok karena memang menggunakan size yang pasti.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.