Standar Ukuran Lapangan Tenis Menurut International Tennis Federation

√ Standar Ukuran Lapangan Tenis Menurut International Tennis Federation
jurnal.id

Ukuran Lapangan Tenis – Terlihat mudah namun sejatinya tenis bukanlah olahraga yang gampangan. Untuk bisa menguasainya kamu harus memiliki skill khusus dan banyak-banyak berlatih. Mulai dari teknik server bola memukul bola dan mengayunkan raket.

Tidak seperti olahraga badminton, raket tenis memiliki ukuran yang lebih besar dan juga lebih berat daripada raket badminton. Ada kalanya pemain akan harus mengayunkan raket menggunakan kedua tangannya saat memukul bola.

Bola yang digunakan bukanlah kok yang ringan melainkan bola kasti yang bertekstur padat dan keras. Bayangkan energi yang dibutuhkan untuk mengayunkan raket sembari memukul bola kasti dengan daya tolak yang cukup kuat.


Sejarah Singkat Tenis, Permainan Raja Perancis


cerdika.com

Tenis lapangan begitu olahraga ini disebut, agar tak tercipta kekeliruan dengan olahraga lain bernama tenis meja. Menurut catatan sejarah olahraga ini awal mulanya merupakan permainan yang digemari oleh Raja Perancis, Louis X.

Dikutip dari buku Tennis: A Cultural History karya Heiner Gillmeister, permainan ini dahulunya dinamakan jeu de paume. Pertama kali muncul pada abad ke-12 Masehi dimana sering dimainkan oleh Raja Louis semasa ia bertahta.

Sebuah permainan elit di kalangan bangsawan dan masyarakat papan atas Perancis. Dahulunya dimainkan dengan cara memukul bola yang terbuat dari gulungan wol dengan kepala tangan.

Sangat menyukai permainan yang menyehatkan ini , sang Raja Louis X bahkan membangun lapangan khusus di istananya untuk bermain tenis atau jeu de paume. Dapat dikatakan Raja Louis lah X lah yang mempopulerkan permainan menyehatkan ini.

Memasuki abad ke-16 masyarakat mulai membuat raket sebagai alat untuk memukul bola. Permainan jeu de paume yang tadinya menggunakan tangan pun kini beralih menggunakan raket raket sebagai salah satu alat utama untuk bermain tenis.

Kata tenis sendiri mulai dikenal sejak era munculnya raket. Kala itu para pemain sering meneriakkan kata “tenez” untuk menyemangati diri saat bermain jeu de paume yang artinya “ayo” atau segera”. Pelafalan kata tersebut akhirnya berubah menjadi tenis sekaligus menjadi nama permainan ini.

Ukuran Lapangan Tenis

materiolahraga.com

Semakin memasuki abad modern permainan ini akhirnya dijadikan sebagai salah satu jenis olahraga karena bermanfaat bagi kesehatan. Pada tahun 1874 pertama kalinya diadakan turnamen tenis di Birmingham, Inggris.

Banyak modifikasi terkait peraturan dan elemen kelengkapannya, mulai dari net, tiang, raket, bola, hingga lapangan.
Hampir sama dengan lapangan badminton lapangan tenis berbentuk persegi panjang terbagi menjadi dua bidang yang dipisahkan oleh net.

Dalam dunia tenis kita akan mengenali istilah garis servis, garis servis tengah, dan garis pinggir permainan tunggal. Standar ukuran lapangan tenis dan komponen pelengkap lainnya diatur oleh International Tennis Federation (ITF). Berikut beberapa ketentuan di lapangan:

  • Panjang lapangan yaitu 78 kaki (23,77 meter), dengan lebar lapangan 27 kaki (8,2 meter) untuk permainan tunggal dan 36 kaki (10,97 meter) untuk permainan ganda.
  • Net digantung pada kabel (tall) metal berdiameter 0,8 cm (1/3 inci), poros tiang net berjarak 3 kaki (0,914 meter) dari garis pinggir untuk permainan tunggal dan dari garis pinggir lapangan untuk permainan ganda.
  • Tinggi net bagian ujung tiang yaitu 3 kaki 6 inci (1,07 meter) dan 3 kaki (0,914 meter) pada bagian tengah.
  • Jarak garis servis dari garis net adalah 6,40 meter.
  • Jarak garis pinggir permainan tunggal dan garis pinggir lapangan 1,37 meter.
  • Panjang ruangan: 36,7 meter.
  • Lebar ruangan: 18,3 meter.

Hal yang juga penting untuk dipahami adalah ukuran bola tenis. Seperti bola kasti, bola tenis memiliki diameter 65,41 – 68,58 mm dengan berat 56,0 – 59,4 gram. Perubahan paling mencolok pasti dirasakan disaat kamu mencoba bermain tenis menggunakan bola dari gulungan benang wol.

Tentu akan terasa aneh bukan? Maka dari itu sebagai penyeimbangnya digunakan raket sebagai alat pukul bola tenis yang juga memiliki tekstur tak lunak seperti benang wol.

Itulah sekilas bahasan mengenai ukuran lapangan tenis. Semoga informasi ini cukup memberikan faedah dan bermanfaat bagi kita semua.

Keywords: Ukuran Lapangan Tenis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.