Ukuran Lapangan Takraw, Spesifikasi Net, Tiang, dan Bolanya

Ukuran Lapangan Takraw – Sepak takraw adalah perpaduan antara olahraga sepak bola dan voli. Dimana bola tidak diperbolehkan menyentuh tanah dan hanya boleh disentuh menggunakan kaki.

Olahraga yang cukup populer di Indonesia ini tidak terlalu dikenal di daerah barat. Menurut sejarahnya sepak takraw berasal dari zaman Kesultanan Melayu sekitar tahun 634-713 M yang kala itu disebut sebagai sepak raga.

Malaysia dan Thailand disebut sebagai negara penemu permainan ini. Penamaan sepak takraw pun merupakan hasil kesepakatan kedua negara tersebut. Berasal dari bahasa Melayu sepak artinya menendang dan dari bahasa Thailand takraw artinya bola yang dianyam.


Sejarah Singkat Permainan Takraw


yuksinau.id

Di Indonesia sepak takraw dikenal di beberapa daerah rumpun Melayu seperti Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Dinamakan sepak raga yang artinya permainan anak negeri yang menunjukkan kemahiran pemain dalam menguasai bola.

Permainan sepak takraw berkembang di negara-negara di Asia Tenggara. Prinsip permainan ini cukup unik yaitu mempertahankan bola tetap lama dimainkan tanpa jatuh ke tanah. Mungkin saja teknik permainan sepak takraw di setiap negara berbeda.

Bahkan setiap negara memiliki nama sendiri-sendiri yakni sepak raga jaring di Malaysia, takraw di Thailand, dan sipak di Filipina. Peresmian nama sepak raga menjadi sepak takraw terjadi dikala perhelatan SEAP GAMES di Kuala Lumpur pada tanggal 27 Maret 1965.

Bola dalam sepak takraw terbilang unik karena tidak berasal dari bahan karet seperti pada permainan lainnya melainkan dibuat dari bahan rotan. Ditilik ke belakang mungkin pada zaman kesultanan belum ada peralatan canggih untuk membuat bola sehingga diciptakanlah bola berbahan rotan yang dianyam.

Seiring berkembangnya zaman kini bola dalam sepak takraw juga tersedia dari bahan plastik sintetis (synthetic fiber). Bola ditentang menggunakan kaki hingga melewati net untuk dijatuhkan di lahan lawan. Jika balasan tendangan lawan tidak berhasil ditangkis maka dinyatakan poin.

Tujuan dari permainan ini adalah mengembalikan bola sedemikian rupa agar bola tersebut dapat jatuh di tanah pihak lawan. Atau dengan cara membuat lawan terkena pelanggaran karena salah dalam bermain, semisal menyentuh bola dengan tangan.

Jika dilihat lagi dari teknik permainan dan elemen lainnya, permainan sepak takraw ternyata juga sedikit mengadaptasi elemen olahraga bulu tangkis. Lebih tepatnya dari segi bentuk dan ukuran lapangan, dimana ukuran lapangan takraw terbilang sama dengan lapangan bulu tangkis alias badminton.

Ukuran Lapangan Takraw

markijar.com

Menurut Sulaiman ukuran lapangan takraw adalah 13,40 meter x 6,10 meter (panjang x lebar). Di tengah-tengah lapangan terdapat net setinggi 1,55 meter sebagai pembatas antar dua tim yang akan bermain.

Dimensi lainnya yang diatur pada lapangan takraw dalam garis diameter untuk servis sepanjang 0,3 meter. Lalu ukuran daerah bebas penonton dari garis terluar yaitu 2 meter dengan tebal setiap garis adalah 4 meter.

Kini permainan takraw juga bisa dimainkan di lapangan indoor dengan ketentuan tinggi atap minimum harus 8 meter. Selain itu hal lain yang juga harus diperhatikan adalah standar ukuran net dan standar ukuran bola takraw.

Sama seperti permainan bulu tangkis net pada permainan sepak takraw juga terbuat dari benang nilon yang kuat dengan lebar lubang 6-8 cm. Untuk sepak takraw putra ukuran tinggi net 1,55 meter sedangkan sepak takraw putri tinggi net 1,45 meter.

Sementara bola pada sepak takraw terbuat dari bahan rotan berlapis 9 atau 11 lilitan yang kemudian dianyam. Seperti yang dituliskan sebelumnya bola juga dapat dibuat dari bahan fiber dengan diameter lingkaran 41-43 cm, jumlah lubang 12, dan berat bola 160-180 gram.

Kini permainan ini hampir ditinggalkan karena sedikit peminatnya. Bagi kamu yang merasa sepak takraw harus dipertahankan sebagai peninggalan warisan budaya, ayo kembali bangun guyub pemuda pemudi di daerah kamu supaya menghargai peninggalan sejarah.

Keywords: Ukuran Lapangan Takraw

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.