Ukuran Lapangan Lompat Jauh dan Sejarah Singkat Terbentuknya

Ukuran Lapangan Lompat Jauh – Teknik olahraga atletik ini yaitu atlet melakukan lompatan dengan tolakan satu kaki hingga tubuhnya melayang. Tujuan akhir lompatan tersebut adalah melakukan pendaratan dengan jarak sejauh mungkin dari titik lompat.

Jarak lompatan diukur dari papan tolakan ke titik pendaratan yang berhasil dilakukan oleh seorang atlet. Terdapat tiga jenis gaya lompatan yaitu lompatan jauh (tuck), gaya gantung (hang style), dan gaya berjalan di udara (walking in the air).

Olahraga lompat jauh sudah dikenal sejak abad ke-13 sekitar tahun 708 M saat diadakan olimpiade Kuno di Yunani. Kala itu yang dilombakan adalah olahraga lompat jauh, pesertanya adalah para Sparta dengan panjang lompatan 7,05 meter.

Untuk menghasilkan lompatan yang yang maksimum maka seorang atlet harus mengetahui teknik dasar dan banyak-banyak berlatih. Awalnya olahraga ini diperuntukkan bagi para tentara yang berlatih untuk perang militer. Olahraga lompat jauh dipercaya dapat meningkatkan tingkat kelincahan para prajurit.


Sejarah Singkat Olahraga Lompat Jauh


toriqa.com

Kala itu teknik lompatan sangat berbeda dengan saat ini. Karena khusus untuk prajurit lompatan dibuat dalam bentuk jamak dengan menggunakan start jangka panjang. Para pelompat berlari sembari membawa beban dengan bobot 1-4,5 kg di kedua tangan mereka.

Lompat jauh merupakan satu-satunya olahraga melompat yang dikompetisikan di Olimpiade Yunani kuno. Olahraga ini bertujuan untuk melatih mental, ketangkasan, dan kekuatan para prajurit dalam berperang.

Kini lompat jauh menjadi bagian dari kompetisi olimpiade modern dan sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1869. Ketentuan mengenai elemen olahraga lompat jauh pun telah diatur oleh International Association of Athletics Federations (IAAF) yang merupakan organisasi induk atletik internasional.

Sejarah mencatat nama atlet Bob Beamon sebagai primadona di cabang atletik lompat jauh. Atlet berkebangsaan Amerika Serikat ini telah mengharumkan nama bangsanya dengan mencetak rekor lompatan sejauh 8,9 meter pada olimpiade Meksiko tahun 1968.

Kemudian diteruskan oleh rekan sebangsanya, Mike Powell yang mampu mematahkan rekor Bob dengan melakukan lompatan sejauh 8,95 meter. Perbedaan yang tipis ini mengantarkan nama Mike sebagai atlet lompat jauh legendaris hingga kini.

Di era modern lompat jauh menjadi salah satu cabang olahraga atletik yang dapat dimainkan oleh atlet putra maupun atlet putri. Agar dapat melompat sejauh-jauhnya setiap atlet harus terus berlatih kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh.

Lompat jauh kini tak hanya sekedar olahraga bari para prajurit militer. Melainkan dipertandingkan di tingkat daerah, nasional, bahkan internasional. Di Indonesia sendiri lompat jauh berada di bawah naungan organisasi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

materibelajar.co.id

Adapun standar ukuran lapangan lompat jauh yaitu:

  • panjang bak 9 meter
  • lebar bak 2,75 meter dengan jarak antara garis tolak ke ujung lompatan minimal 10 meter
  • panjang lintasan untuk lari sebelum melompat 13-45 meter
  • lebar lintasan untuk lari sebelum melompat 1,22 – 1,25 meter
  • panjang papan tumpu 1,22 meter, lebar 20 cm, dan tebal 10 cm

Ketentuan lainnya terkait lapangan adalah di samping tempat pendaratan harus ada papan plastisin untuk mencatat bekas kaki pelompat. Kemudian tempat pendaratan harus berisi pasir dengan permukaan sama rata seperti pada permukaan papan tolakan.

Pasir yang digunakan harus berkualitas bagus, dengan karakteristik halus, dan tidak terdapat batu untuk meminimalisir terjadinya cedera. Aturan ini diatur oleh IAAF agar kompetisi yang diadakan seragam di berbagai belahan dunia.

Untuk awalan lintasan lari sebelum melompat diberi jalur garis putri selebar 5 cm sebagai garis pembatas di sebelah kanan dan kiri.

Ukuran panjang papan tolakan yaitu 1,21 – 1,22 meter. Sementara lebar pelat tolakan adalah 19,8 – 20,2 cm dengan jarak sekitar 10 meter antara papan tolakan dan landasan pendaratan.

Itulah ulasan singkat mengenai sejarah dan ukuran lapangan lompat jauh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Keywords: Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.