Penggemar “Si Butet”, Paham Berapa Ukuran Lapangan Badminton?

Ukuran Lapangan Badminton – Sebagai salah satu cabang olahraga yang sangat populer di Indonesia karena begitu banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh para atlet nasional. Dunia pun mengakui jika atlit badminton dari Indonesia adalah saingan terberat dan sulit dikalahkan.

Olahraga badminton atau bulu tangkis telah lama dikenal di Indonesia yakni sejak tahun 1930-an. Setelah kemerdekaan badminton semakin berkembang hingga dibentuklah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBTSI) pada tanggal 5 Mei 1951.

Kala itu Presiden Soekarno menjadikan cabang olahraga badminton sebagai salah satu media untuk memperkenalkan Indonesia ke mata dunia. Target untuk menjadikan Indonesia berprestasi dalam bidang olahraga di tingkat internasional pun tercapai.


Popularitas Badminton di Indonesia


blibli.com

Pada tahun 1960 hingga 1970 Indonesia mengukir masa kejayaan di bidang badminton dengan salah satu atlet tersohor bernama Rudy Hartono.

Nama Rudy bahkan tercatat di Guinness Book of World Records karena berhasil menjadi pemegang rekor pada kejuaraan bulu tangkis All England mulai dari tahun 1967 – 1974, dan kembali menjadi juara pada tahun 1976.

Generasi zaman now tentu tidak asing dengan nama atlet seperti Liem Swie King, Christian Hadinata, Susy Susanti, Rexy Mainaky – Ricky Soebagja, dan Taufik Hidayat. Mereka adalah para legendaris yang telah mengangkat nama Indonesia di mata dunia dan disegani oleh lawan.

Anak-anak milenial mungkin lebih mengenal nama Jonatan Christie, Kevin Sanjaya, Marcus Fernaldi, Anthony Sinisuka Ginting, Liliyana Natsir (Butet), dan Fajar Alfian. Merekalah generasi penerus yang tak lelah berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang bergengsi dunia.

Banyak dari kita yang senang sekali menyaksikan pertandingan badminton dan menjagokan salah satu pemain. Namun sebagai pecinta badminton sudahkah anda paham mengenai ukuran dan standar lapangan bulu tangkis yang sesungguhnya?

Ukuran Lapangan Badminton

kabarsport.com

Berdasarkan aturan resmi ukuran panjang lapangan badminton secara keseluruhan adalah 13,40 meter dengan lebar 6,10 meter. Kemudian lapangan tersebut dibagi menjadi dua bidang permainan untuk masing-masing kubu pemain.

Masing-masing lapangan terdiri dari ruang melakukan servis dan ruang menerima servis lawan. Jarak garis servis depan dengan net adalah 1,98 meter dan batas garis servis dan garis samping lapangan seukuran 3,05 meter.

Dalam permainan ganda jarak servis bagian belakang dengan garis belakang lapangan adalah 0,76 meter. Lebar bidang permainan adalah 6,10 meter serta panjang dan lebar bidang penerima servis adalah 3,96 meter dan 3,05 meter.

Sementara untuk permainan tunggal jarak garis samping dengan garis paling pinggir lapangan adalah 0,46 meter. Lebar bidang permainan adalah 5,18 meter, serta panjang dan lebar bidang penerima servis adalah 4,72 meter dan 2,59 meter.

Bagi pemain dengan usia dibawah 9 tahun ukuran standar lapangan badminton adalah panjang 10,05 meter dengan lebar 4,40 meter. Mengenai ukuran lapangan badminton ini disepakati secara internasional, sehingga di setiap negara tidak terdapat perbedaan mengenai standar lapangan.

Secara keseluruhan tinggi tiang net dan tinggi net adalah 1,55 meter, panjang net 6,10 meter, lebar net 0,75 meter dan pada bagian puncak net paling atas diberi batasan putih selebar 7,5 cm.

Menurut standar internasional setiap lapangan bulu tangkis haris dilapisi dengan karpet karet berwarna hijau (warna yang digunakan secara umum). Pemilihan warna didasarkan pada sejarah kejuaraan yang pernah diadakan di dunia diantaranya All England dan World Tour Finals 2019.

Penggunaan karpet karet sebagai alas lapangan bertujuan untuk meminimalisir resiko cedera yang dialami oleh para pemain. Bahkan selama pertandingan berlangsung lapangan harus segera dibersihkan setiap kali ada break time agar tidak licin.


Itulah sedikit ringkasan bahasan mengenai ukuran lapangan badminton. Semoga informasi ini bermanfaat menambah wawasan dan kecintaan kamu terhadap bulu tangkis ya.

Keywords: Ukuran Lapangan Badminton

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.