Standar Ukuran Lapangan Atletik dalam Skala Internasional

√ Standar Ukuran Lapangan Atletik dalam Skala Internasional
ukuran lapangan atletik

Ukuran Lapangan Atletik – Biasanya setiap kota di Indonesia menyediakan fasilitas-fasilitas olahraga salah satunya lapangan atletik. Dimana lapangan tersebut dapat digunakan oleh khalayak ramai yang ingin berolahraga secara cuma-cuma.

Selain itu pembangunan lapangan dan fasilitas olahraga ini juga bertujuan untuk mendorong para kaum muda supaya lebih termotivasi dalam berlatih. Berolahraga dapat menghindarkan anak-anak dari kegiatan negatif seperti narkoba dan kenalan remaja lainnya.

Salah satu lapangan atletik yang terbaru di Indonesia terdapat di kota Surabaya. Lapangan dengan lintasan atletik ini diakui oleh International Association of Athletics Federation (IAAF) sebagai lapangan berstandar internasional.

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada para atlet yang tak pernah lelah berjuang. Sehingga diharapkan dengan adanya fasilitas yang layak dari pemerintah, atlet-atlet kita akan terus mengukir dan mengharumkan nama bangsa.


Standar Ukuran Lapangan Atletik


materibelajar.co.id

Jangan membayangkan bahwa atletik merupakan satu cabang olahraga seperti sepak bola. Atletik sendiri adalah istilah yang mengacu ada berbagai cabang olahraga mulai dari olahraga lari, lempar, lempar cakram, tolak peluru, lari, dan lompat.

Bahkan olahraga atletik sendiri secara internasional langsung berada di bawah naungan International Association of Athletics Federation (IAAF). Dimana lembaga ini bertugas memantau sekaligus menetapkan standar ketentuan bagi olahraga atletik, termasuk ukuran lapangannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, olahraga atletik sendiri terdiri dari berbagai macam cabang dengan standar ukuran lapang yang berbeda-beda. Berikut beberapa standar ukuran lapangan atletik dalam skala internasional:

Lapangan Lari

Secara umum lapangan atletik olahraga lagi terbagi menjadi lapangan indoor dan lapangan outdoor. Begitu pula dengan panjang lintasannya juga terbagi menjadi lintasan indoor dan lintasan outdoor.

Menurut skala yang ditetapkan oleh IAAF panjang lintasan outdoor adalah 400 meter dengan jalur berjumlah 6-10 jalur. Sementara itu panjang lintasan indoor lebih singkat yaitu sepanjang 2 meter dengan jalur berjumlah 4-8 lintasan.

Khusus lapangan indoor standar lebar lintasan haruslah 1,22 meter dengan diberi garis 5 cm. Olahraga lari pun terdiri dari berbagai cabang dimana memiliki start dan rintangan yang berbeda. Sehingga lapangan yang dibuatpun beragam disesuaikan dengan aturan cabang olahraga lari yang sedang diadakan.

Lapangan Lempar Lembing

Cukup banyak atlet dari Indonesia yang mahir dalam cabang olahraga atletik yang satu ini. Standar ukuran lapangan lempar lembing adalah dengan panjang minimal 30 meter dan maksimal 36,5 meter. Lebar jalur lapangan atletik adalah 4 meter dengan sektor sudut membentuk 30 derajat.

Jarak titik ancang-ancang untuk melempar juga diatur oleh IAAF yaitu 8 meter dari bibir busur. Sedangkan panjang dan area sektor lapangan pendaratan minimal 100 meter.

Lapangan Lompat

Untuk cabang olahraga lompat jauh harus terdapat bak dalam lapangan dengan ukuran selebar 2,75 meter. Panjang lintasan untuk ancang-ancang sebelum melompat adalah 13-45 meter dengan lebar titik awal 1,22 meter dan panjang tumpu juga 1,22 meter.

Pada lompat ganda bentuk lapangannya sama dengan lompat jauh hanya saja ukuran bak lompat ganda adalah 10 x 2,75 m dan diisi dengan pasir. Panjang lintasan dibuat seukuran 40-45 m dengan ukuran papan lompat 1,22 x 0,2 x 0,05 m (p x l x t).

Sedangkan untuk lapangan lompat galah memiliki standar lintasan lari dengan panjang area 45 meter atau setara dengan 147 ft 7 in dari titik awal hingga ke kotak tancap galah. Ukuran panjang kotak tancap galah sendiri yaitu 1 – 1,084 meter, lebar 60 cm, dan panjang daerah miring 80 cm.

Ukuran kedalaman bagian tancap juga harus terstandarisasi sedalam 20 cm/8 in dengan panjang palang tiang penyangga 4,5 m serta ukuran busa bantalan untuk mendarat yaitu 5 x 5 meter.

Selain ketiga olahraga atletik di atas masih ada cabang lainnya seperti lempar cakram, tolak peluru, lari estafet, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ukuran Label Undangan

Keywords: Ukuran Lapangan Atletik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.