Standar Ukuran Kolam Renang dalam Kejuaraan Nasional-Internasional

Ukuran Kolam Renang – Berenang merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak menjadi hobi kebanyakan orang. Selain karena manfaatnya bagi kesehatan, berenang adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin berolahraga namun tak berkeringat.

Rutin berenang dua kali dalam seminggu dapat membantu menyeimbangkan berat badan dan menambah tinggi badan bagi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Olahraga ini cukup menyenangkan karena kamu tidak akan merasa kelelahan seperti olahraga lainnya yang membutuhkan tenaga lebih.

Bagi yang sangat mencintai olahraga berenang, tahukah kamu berbagai jenis ukuran kolam renang? Yuk kita bahas satu per satu.


Jenis dan Ukuran Kolam Renang


bisniswisata.co.id

Definisi kolam renang yaitu suatu konstruksi yang dibuat atau didesain dengan ukuran tertentu yang kemudian diisi dengan air dan digunakan untuk berenang. Tak hanya sekedar berenang biasa, kolam renang kini juga bertambah fungsi menjadi wahana permainan seperti water boom.

Di arena bermain water boom biasanya disediakan kolam berbagai jenis ukuran, mulai dari tingkat kedalaman dangkal untuk anak-anak hingga kolam dengan tingkat kedalaman tinggi untuk orang dewasa.

Namun dalam ajang dan keperluan tertentu, ukuran kolam renang sudah diatur dan ditentukan dalam berbagai standar. Terutama kolam yang diperuntukkan untuk kejuaraan atau perlombaan. Berikut penjelasan ringkasnya:

Untuk Olimpiade/ Perlombaan Renang

Kolam yang didesain untuk kejuaraan harus mengikuti standar baku yang telah ditetapkan oleh lembaga tertentu. Tujuannya adalah untuk menjunjung tinggi sportivitas dimanapun pertandingan diadakan.

Kolam untuk perlombaan terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan standar nasional dan internasional. Sementara cabang renang yang biasa diperlombakan yaitu dengan panjang lintasan mulai dari 50 meter dan 100 meter.

Standar ukuran kolam renang untuk perlombaan tingkat nasional adalah panjang 50 m, lebar 25 m, kedalaman minum 2 m, lebar lintasan 2,5 m, lintasan berjumlah 8, dan suhu air berkisar antara 25 – 28 °C.

Sedangkan standar umum internasional ukuran panjang 50 m, lebar 25 m, kedalaman minimum 2 m, lebar lintasan 2,5 m dengan jumlah lintasan 8, dan suhu air berkisar antara 25-28 °C. Standar ukuran kedua kolam renang tersebut tidak berbeda, namun ada pula yang menggunakan panjang kolam 25 m.

Untuk Standar Umum

Saat ini banyak yang menyediakan kolam renang yang terbuka untuk umum, dengan tarif tertentu. Secara umum ukuran standar sebuah kolam renang memiliki panjang minimal 25 m dan lebar 5 m. Namun kini banyak pula yang membuat kolam renang dengan panjang dan lebar lebih dari puluhan meter.

Untuk ukuran kedalamannya tentu saja bervariasi, ada yang sangat dangkal sedalam 1 m ada pula kolam yang kedalamannya mencapai 4 m. Ada pula swimming pool yang tingkat kedalamannya dikombinasikan berawal dari dangkal dari sisi kiri hingga kedalaman 4 m ke ujung kanan.

Untuk Kolam Renang Pribadi

Nah untuk swimming pool pribadi kita bebas menentukan ukuran ideal yang diinginkan. Biasanya dimulai dari ukuran 3 x 7 m, 3 x 8 m, 3,5 x 10 m, 4 x 10 m, hingga 5 x 12 m. Ukuran kedalamannya pun bervariasi mulai dari 60 cm di bagian dangkal hingga 2,5-4 m di bagian dalam.

Ukuran kolam pribadi pun juga dapat disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. Perlu dipertimbangkan juga lokasi kolam renangnya, apakah untuk outdoor swimming pool atau indoor swimming pool. Kebanyakan kolam renang pribadi dibuat indoor agar lebih nyaman digunakan ketika hujan turun.


Nah, itulah bahasan ringkas mengenai berbagai standar ukuran kolam renang. Semoga informasi ini menambah wawasan kita ya!

Baca Juga :Ukuran Kertas F4

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.