Ukuran Kasur | Serta Jenis-Jenis Kasur yang Wajib Kamu Pahami

Bagi kamu yang hobi travelling tentu sering mencari penginapan alias booking hotel, baik via offline maupun online. Acapkali pertanyaan pertama yang terlintas di benak kita adalah jenis kamar serta ukuran kasur disediakan.

Para backpacker biasanya akan mencari kamar jenis sharing room, alias berbagi kamar dengan pelancong lainnya. Dimana biasanya fasilitasnya berupa kasur tingkat dengan kasur berukuran kecil yang hanya cukup ditiduri oleh satu orang.

Namun bagi kamu yang berniat liburan hanya untuk stay cation tentu akan sangat memperhatikan segala jenis hal terkait penginapan. Mulai dari ukuran kamar, view yang tersedia dari kamar tersebut, hingga jenis kasur maupun extra bed.


Jenis-Jenis Ukuran Kasur


Nah, bagi kamu yang belum cukup paham dengan sebutan berbagai ukuran kasur yang banyak beredar di pasaran, mari simak penjelasan berikut ini:

Single Size

dekoruma.com

Kasur single memiliki panjang 200 cm dan lebar 90 cm, atau bahasa jualnya sering juga disebut sebagai kasur nomor 4. Kebanyakan kasur inilah yang sering tersedia di penginapan low budget dengan sistem sharing room yang sering disewa oleh para backpacker traveller.

Karena ukurannya yang kecil kasur ini hanya mampu untuk menampung satu orang saja. Jika dipaksakan untuk menampung dua orang apalagi lebih tentu saja akan sangat berdesak-desakan. Di rumah biasanya ditempatkan di kamar anak dilengkapi dengan satu bantal dan satu guling.

Double Size

id.aliexpress.com

Nama pasarnya adalah kasur nomor 3 dengan ukuran panjang 200 cm dan lebar 120 cm. Kasur double seringkali kita jumpai di kamar hotel tipe twin bed, artinya dalam satu kamar terdapat dua buah kasur double size.

Di beberapa rumah indekos kasur ini sering kita jumpai. Seringkali jika sebuah kamar menyediakan fasilitas kasur double artinya kamar tersebut dapat disewa oleh dua orang secara kongsi. Karena kasur ini tidak terlalu sempit jika ditiduri oleh dua orang sekaligus.

Di dalam sebuah rumah biasanya kasur ukuran double ditempatkan di kamar anak yang beranjak ABG atau remaja, dimana ukuran kamar tidur juga tidak terlalu luas.

Queen Size

amazon.com

Kasur nomor 2 ini memiliki ukuran panjang 200 cm dan lebar 160 cm. Kebanyakan kasur queen size mengisi kamar tidur utama di dalam sebuah rumah, dimana kamar tersebut memiliki ukuran paling besar.

Di hotel kasur ini biasanya diperuntukkan bagi dua orang tamu karena ukurannya yang memadai dan tidak sempit sama sekali. Bagi kamu yang ingin menjadi ratu yang membutuhkan ruang ekstra saat tidur, maka saat stay cation nanti jangan lupa pesan hotel room dengan kasur yang queen size ya.

King Size

id.pinterest.com

Berbeda sedikit dengan ukuran queen, panjang kasur king adalah 200 cm dengan lebar 180 cm. Dalam dunia pasar king size disebut sebagai kasur nomor 1, dimana juga sering ditempatkan di kamar utama dalam sebuah rumah.

Dilihat dari ukurannya kasur ini bahkan bisa digunakan kedua orang tua yang tidak ingin tidur terpisah dengan anaknya yang masih kecil. Perlu diingat saat memesan hotel dengan fasilitas kasur king, harganya juga lebih mahal karena pasti ruangannya juga lebih lebar dan eksklusif.

Super King Size

ukuran kasur
tripadvisor.co.id

Ternyata di atas kasur raja masih ada ukuran yang lebih besar lagi yaitu super king size. Memiliki ukuran panjang 200 cm dan lebar dua cm ini bisanya dilengkapi dengan kotak pegas untuk menahan berat kasur saking lebarnya.

Merupakan kasur dengan ukuran paling besar yang dijual di pasaran. Di dunia perhotelan kasur ini biasanya ditempatkan di kamar deluxe room dan presidential room.


Nah sudah tidak bingung lagi kan nanti kalau liburan mau pesan kamar jenis apa. Tentukan dulu niat kamu liburan, apakah untuk stay cation atau ingin menjelajah daerah tujuan. Happy holidays!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.