Rumus Perbandingan | Pengertian, Rumus dan Contoh Soal

Rumus Perbandingan – Dalam matematika, salah satu materi yang dipelajari ketika di sekolah adalah materi mengenai perbandingan.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa sadar manusia kerap kali melakukan perbandingan, baik itu dalam hal nilai pelajaran, atau yang lainnya.

Namun, apa sih sebenarnya perbandingan dalam matematika itu? Berikut merupakan penjelasnnya mulai dari pengertian, contoh perbandingan, rumus, dan contoh soal.


Pengertian Perbandingan


√ Rumus Perbandingan | Pengertian, Rumus dan Contoh Soal
pixabay.com

Perbandingan merupakan suatu ukuran yang digunakan untuk membandingkan antara satu nilai dan nilai lainnya dengan satuan yang sejenis.

Dalam matematika, perbandingan bisa disebut juga sebagai rasio dan dapat diartikan sebagai salah satu cara/teknik dalam membandingkan nilan dari dua besaran.

Terdapat dua macam perbandingan dalam matematika, yakni perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.

Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai bisa juga disebut sebagai proporsi dimana melibatkan dua rasio yang sama. Sederhananya, perbandingan senilai adalah yang menyatakan kedua rasio sama.

Misalnya, perbandingan banyaknya tepungn dan roti yang dibuat. Tepung yang semakin banyak digunakan akan menghasilkan semakin banyak roti.

Contoh lainnya adalah jumlah dari pekerja dan gaji pekerja, jumlai nilai hasil dari tabungan dengan berapa lama waktu menyimpan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah diantara dua variable.

Misalnya, perbandingan ukuran gigi mesin motor dengan kecepatannya. Kecepatan yang besar akan dihasilkan dari gigi mesin motor yang kecil.

Contoh lainnya adalah jumlah pekerja yang bekerja dengan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan atau jumlah banyaknya hewan dengan waktu ketika makanan habis.


Rumus Perbandingan


√ Rumus Perbandingan | Pengertian, Rumus dan Contoh Soal
pixabay.com

Pada dasarnya rumus dari perbandingan adalah dengan menggunakan konsep dasar dari pembagian. Berikut merupakan rumus dari dua macam perbandingan yang sudah di bahas di atas.

Rumus Perbandingan Senilai:

a1 / b1 = a2 / b2

Rumus perbandingan Berbalik Nilai

a1 / a2 = b2 / b1


Contoh Soal


pixabay.com

Setelah mengetahui apa itu perbandingan, macam perbandingan, contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari dan rumusnya.

Untuk lebih memahami lagi bagaimana menghitung perbandingan berikut merupakan contoh soal dari perbandingan dan cara menjawabnya:

Contoh Soal 1 (Perbandingan Senilai):

Bima mengendarai kendaraan mobil untuk menempuh jarak sebesar 32 km dengan menghabiskan sekitar 4 liter bensin. Apabila bima memiliki 7 liter bensin di mobilnya, maka berapakan jarak yang bisa ditempuh Bima?

Diketahui:

a1 = 4 liter
b1 = 7 liter
a2 = 32 km
b2 = x

Dikarenakan dalam contoh soal ini termasuk jenis perbandingan senilai, maka rumus yang digunakan adalah:

a1 / b1 = a2 / b2
4 / 7 = 32 / x
X = (7 x 32) / 4 = 56

Jarak yang bisa ditempuh bima dengan 7 liter bensin mobilnya adalah 56 km.

Contoh Soal 2 (Perbandingan berbalik Nilai):

Danu memiliki usaha produksi di mana pekerjaan di usahanya dikerjakan 8 orang dan dapat selesai dalam waktu 18 hari. Apabila pekerjaan dalam usaha Danu tersebut dikerjakan dengan 12 orang, berapa hari kah pekerjaannya dapat selesai?

Diketahui:

a1 = 8
b1 = 18
a2 = 12
b2 = x

Dikarenakan dalam contoh soal ini termasuk jenis perbandingan berbalik nilai, maka rumus yang digunakan adalah:

a1 / a2 = b2 / b1
8 / 12 = x / 18
X = (8 x 18) / 12 = 12

12 Pekerja yang mengerjakaan pekerjaan di usaha Danu dapat menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu 12 hari.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.