7 Jenis Kabel Listrik ini Wajib Dikenali Sebelum Melakukan Instalasi Listrik

Sebelumnya kita sempat menyinggung perihal jenis kabel listrik di rubrik instalasi listrik rumah. Karena penting untuk mengenal jenis-jenis kabel sebelum melakukan instalasi.

Salah pilih kabel listrik sama saja menunda proses instalasi listrik. Karena waktu yang ada harus digunakan untuk kembali menemukan kabel listrik yang benar.

Kabel adalah media untuk menghantarkan arus listrik dari kwh meter ke seluruh bagian rumah. Terbuat dari bahan isolator di bagian luar dan mengandung bahan konduktor di bagian dalamnya.

Seperti yang kita ketahui konduktor merupakan penghantar arus listrik yang biasanya terbuat dari bahan tembaga atau alumunium.

Nah, agar penggunaan kabel tetap aman maka bahan-bahan konduktor tersebut dilapisi oleh bahan isolator yang biasanya terbuat dari bahan termoplastik.


Mengenal Jenis Kabel Listrik


Sebelum memutuskan membeli banyak kabel untuk instalasi listrik di rumah, sebaiknya pahami beberapa perbedaan jenis kabel listrik di bawah ini:

Kabel NYA

dekoruma.com

Merupakan jenis kabel listrik berdiameter rata-rata 1,5 mm atau 2,5 mm. Disebut sebagai kabel listrik tunggal karena hanya memiliki satu lapisan isolator.

Karena itu kabel ini banyak dipasang pada saluran tertutup atau dipasang di tempat yang jauh dari jangkauan.

Jika kamu menemukan kabel tunggal dengan berwarna merah, kuning, biru, atau hitam maka dapat dipastikan kabel tersebut merupakan jenis kabel NYA dengan isolator berbahan PVC.

Kabel NYM

pusatantipetir.com

Setingkat lebih aman daripada kabel NYA, kabel NYM dilapisi oleh bahan isolasi yang lebih tebal. Karena itu kabel ini banyak dipasang di daerah yang kering maupun basah namun tidak dengan cara ditanam di dalam tanah.

Ciri-ciri kabel NYM memiliki bahan inti yang berjumlah satu hingga empat. Sama dengan kabel NYA lapisan isolator kabel ini juga berbahan PVC.

Kabel NYY

jenis kabel listrik
bukalapak.com

Terbuat dari bahan isolator yang tidak disukai tikus kabel NYY dirancang khusus untuk ditanam di dalam tanah.

Bisa diinstal di dalam kondisi lembab maupun kering baik di dalam maupun di luar ruangan. Namun tetap membutuhkan perlindungan khusus seperti pelapisan dengan duct atau pipa PVC.

Ciri dari kabel NYY yaitu kebanyakan memiliki lapisan isolasi berwarna hitam dengan bahan inti berjumlah 2, 3 atau 4.

Kabel NYAF

tokopedia.com

Tergolong ke dalam jenis kabel listrik yang fleksibel karena terbuat dari inti tembaga berserabut. Dapat digunakan untuk instalasi pada jalur listrik yang membutuhkan banyak lekukan.

Namun tidak seperti kabel listrik sebelumnya, kabel ini disarankan untuk tidak diinstal pada lingkungan terbuka, karena sifatnya yang mudah terkelupas.

Kabel NYCY

panduanteknisi.com

Sebuah kabel tangguh yang tahan dalam segala kondisi cuaca, baik di dalam maupun di luar ruangan. Kabel ini banyak dipasang di luar ruangan dalam kondisi basah maupun kering.

Bahan intinya terdiri dari penghantar konsentris dengan dua lapis pelindung pita kabel.

Kabel ACSR

skemaku.com

Jenis kabel listrik yang digunakan untuk menghantarkan arus dengan bertegangan besar. Seperti distribusi listrik antar menara, antar gedung, dan lain sebagainya.

Kabel ACSR terbuat dari alumunium dengan inti kawat baja. Dilapisi isolator yang berfungsi untuk menurunkan suhu saat kabel menghantarkan arus listrik dengan tegangan yang tinggi.

Kabel NYMHY

jenis kabel listrik
skemaku.com

Kabel ini banyak digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga dengan daya di bawah 900 watt. Kelebihan kabel ini memiliki dua lapisan isolator dengan inti terbuat dari bahan tembaga berserabut.

Bahan isolator terluar terbuat dari PVC dengan ciri khas berwarna putih. Kabel ini bersifat fleksibel, artinya tidak mudah patah sehingga banyak digunakan untuk instalasi listrik tidak permanen.


Sekian dulu ulasan mengenai jenis kabel listrik. Semoga informasi di atas memberikan gambaran untuk kamu yang sedang membangun rumah dan akan melakukan instalasi listrik secara mandiri.

Sampai jumpa di rubrik selanjutnya, semoga bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.