Fungsi Stabilizer Listrik Skala Rumah Tangga dan Skala Industri

Apa yang kamu ketahui terkait fungsi stabilizer listrik? Dari berbagai komponen elektrik, alat ini tentu seringkali Anda temui di berbagai tempat.

Khususnya bagi mereka pekerja kantoran yang berhadapan dengan komputer. Di kantor tersebut pasti akan kamu temui stabilizer di berbagai sudut.

Beberapa orang juga menyebut alat ini dengan sebutan Stavol (Stabilizer Voltage) atau AVR (Automatic Voltage Regulator).

Untuk kebutuhan rumah tangga, stabilizer listrik sering digunakan untuk menstabilkan tegangan arus listrik dari barang-barang elektronik seperti kulkas, air conditioner, komputer, dan alat-alat elektronik lainnya.

Mau tahu penjelasan lengkap mengenai stabilizer listrik, simak ulasan berikut.


Pengertian Stabilizer Listrik


indotara.co.id

Pemakaian stabilizer sangat erat kaitannya dengan seberapa konsumsi listrik di sebuah tempat. Karena hal tersebut menjadi penentu seberapa besar stabilizer yang akan kita perlukan atau gunakan.

Sesuai dengan namanya stabilizer listrik adalah komponen elektronik yang berguna untuk menjaga tegangan arus listrik (stabilisasi) agar tetap normal alias tidak naik turun (stabil).

Kenapa keberadaan stabilizer sangat dibutuhkan?

Karena seringkali tegangan listrik yang dialiri langsung dari hasil instalasi PLN tidak sesuai dengan kebutuhan peralatan elektronik baik itu skala kecil (rumah tangga) maupun skala besar.

Arus tegangan kerap kali melebihi atau bahkan kurang dari tegangan standar yang dipasang PLN. Sehingga agar peralatan elektronik bisa bekerja sebagaimana mestinya maka dibutuhkan stabilizer.

Sebagai contoh sebuah komputer biasanya terdiri dari berbagai komponen yang sangat peka terhadap tegangan listrik. Sehingga satu unit komputer difasilitasi oleh tegangan listrik AC dan DC yang stabil.

Namun kenyataan instalasi listrik yang kita miliki tegangannya naik turun (tidak stabil).

Hal ini tidak hanya membuat komputer bekerja tidak sebagaimana mestinya namun juga mereduksi umur pakai perangkat alat elektronik kita.

Untuk itu dibutuhkan penstabil tegangan listrik pada komputer agar dapat beroperasi dengan normal.

Selain karena instalasi listrik yang tidak sesuai, penyebab lain tegangan arus listrik tidak stabil diantaranya perubahan cuaca, pencurian listrik, atau karena adanya hambatan mendadak arus pada kabel listrik.


Fungsi Stabilizer Listrik


hexta.co.id

Dari penjelasan tentang pengertian stabilizer listrik di atas tentu juga sudah disinggung mengenai fungsi stabilizer listrik.

Ya benar, sebagai alat penstabil tegangan listrik yang mampu menaikkan dan menurunkan arus tegangan listrik. Nah jika itu merupakan fungsi utamanya, maka stabilizer listrik memiliki fungsi lain diantaranya sebagai berikut:

  • Mengurangi tingkat kerusakan pada komponen elektronik sehingga otomatis dapat memperpanjang umur pakai perangkat elektronik.
  • Stabilizer juga dapat digunakan untuk menjaga power supply tetap dalam kondisi stabil.
  • Tak hanya memperpanjang umur pakai perangkat elektronik, stabilizer listrik akan melindungi perangkat elektronik dari tegangan bawaan dan tegangan lebih dari induk.
  • Stabilizer dapat membantu meredam kebisingan, gangguan, dan petir.

Secara lebih luas maka stabilizer juga dimanfaatkan oleh industri-industri besar. Adapun fungsi stabilizer listrik bagi industri diantaranya sebagai berikut:

  • Sistem komputerisasi di industri berjalan lebih lancar dan optimal karena arus listrik dapat disalurkan secara maksimal menggunakan stabilizer.
  • Dengan adanya stabilizer listrik keamanan perangkat elektronik pun terjamin, sehingga hal ini sejalan dengan peningkatan kualitas keamanan operasional dari industri tersebut.
  • Kompresor AC dapat bekerja lebih baik dengan adanya stabilizer listrik, sehingga AC di sebuah industri akan terasa lebih dingin

Sebagai penutup dapat kita simpulkan bahwa fungsi stabilizer listrik adalah solusi utama untuk menjaga umur simpan dan keamanan perangkat elektronik baik di rumah maupun industri.


Jadi sekarang kamu telah memahami betapa pentingnya keberadaan stabilizer listrik di rumah. Bagi yang belum pasang stabilizer yuk segera pasang.

Baca Juga: Fungsi Sound Level Meter

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.