Wajib Disimak! Berikut Ulasan Mengenai Fungsi Sound Level Meter

Dalam pengaplikasiannya fungsi Sound Level Meter (SLM) awal mulanya digunakan di lingkungan kerja seperti industri penerbangan. Namun seiring dengan perkembangannya, alat ini kini semakin banyak digunakan di beragam keperluan.

Apa sih Sound Level Meter itu?

Bagi para pecinta acara variety show Korea, pasti sudah sering melihat alat yang satu ini sebagai salah satu properti yang digunakan untuk bermain game.

Yup benar, Sound Level Meter digunakan untuk mengukur kebisingan pada game yang mewajibkan pesertanya untuk membuat suara seminimal mungkin.

Seperti saat bermain game makan mie instan, pemain diharuskan untuk membuat kegaduhan seminim mungkin saat menyeruput mie tersebut.

Peserta dengan kebisingan suara tertinggi dinyatakan kalah dalam permainan tersebut.

Untuk menentukan siapa pemenangnya maka digunakan Sound Level Meter sebagai alat pengukur tingkat kebisingan suara yang ditimbulkan pemain.


Pengertian Sound Level Meter


researchgate.net

Dari sedikit penjelasan di atas tentu sudah ada sedikit bayangan dong tentang apa itu sound level meter.

Secara bahasa meter merupakan satuan ukur, sedangkan sound level artinya tingkatan suara. Maka dapat kita simpulkan jika sound level meter adalah alat untuk mengukur tingkatan suara alias kebisingan.

Secara ilmiah dengan bahasa lebih tertata sound level meter diartikan sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengetahui ukuran kebisingan atau suara dengan melihat tekanan suara.

Di Indonesia alat ini juga dikenal dengan nama pengukur desibel, pengukur kebisingan, dan pengukur tekanan suara.

Suara pada dasarnya adalah energi yang terakumulasi di udara yang bergerak dalam bentuk gelombang tekanan. Saat bergerak di udara tekanan gelombang ini dapat meningkat maupun berkurang.

Semakin tinggi volume sebuah sumber suara semakin banyak tekanan gelombang energi yang dimilikinya. Sehingga mendengarkan musik dengan volume berlebihan dapat merusak gendang telinga seseorang.

Sebuah alat yang mampu mengukur intensitas bunyi yang dihasilkan oleh suatu benda. Untuk dapat merekam sebuah suara alat ini dilengkapi mikrofon di dalamnya.

Menurut fungsi awalnya biasa digunakan di industri kendaraan bermotor, baik itu pesawat, mobil, motor, dan lain sebagainya.

Bagi industri kendaraan bermotor menentukan tingkat kebisingan dari kendaraan yang mereka produksi adalah suatu keharusan.

Hal ini bertujuan agar terciptanya kendaraan yang ramah lingkungan, sehingga tidak menimbulkan polusi suara yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.

Cara kerja dari alat ini yaitu dengan mengevaluasi suara suatu benda lau mengkonversikan tingkat kebisingan suara tersebut pada layar meteran satuan decibel (dB) atau (Leq) untuk tingkat suara kontinyu.


Fungsi Sound Level Meter


nti-audio.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Sound Level Meter berfungsi untuk mengetahui ukuran kebisingan atau suara dengan melihat tekanan suara tersebut.

Cara menggunakan alat ini cukup sederhana, cukup meletakkan alat tersebut di dekat sumber suara. Secara otomatis tekanan suara akan terukur dan tertera pada layar instrumen.

Sound Level Meter dilengkapi mikrofon kondensor eletrik yang terpasang pada bagian ujung luar alat tersebut.

Suara yang terekam dari mikrofon disebut sebagai output yang berikutnya output ini akan diteruskan ke dalam rangkaian filter kemudian melewati amplifier, integrator, dan sirkuit untuk menghasilkan pengukuran tingkat standar suara.

Membran (kartid) yang terdapat di dalam layar berfungsi untuk menciptakan arus listrik ketika gelombang tekanan suara menabraknya.

Saat bertabrakan dengan gelombang tekanan suara kartid tersebut akan bergerak mau-mundur di dalam alat. Semakin sering membran bergerak semakin banyak arus listrik yang tercipta.

Berikutnya kekuatan arus listrik yang tercipta diterjemahkan dalam bentuk angka di layar instrumen.

Penggunaan Sound Level Meter juga berguna untuk menentukan tingkat keamanan bagi para pekerja di tempat yang sekiranya menghasilkan kebisingan tinggi.

Untuk memastikan suara yang dihasilkan oleh sebuah pekerjaan tidak akan mencelakakan para pekerja.


Sekian ulasan mengenai fungsi Sound Level Meter, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Juga: Fungsi SCR (Silicon Controlled Rectifier)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.