Fungsi Relay | Lengkap dengan Pengertian dan Prisnsip Kerjanya

Istilah relay sering kita dengar dalam dunia otomotif. Bagi para pecinta kendaraan baik mobil ataupun motor pasti sudah paham betul apa itu fungsi relay.

Namun, bagi yang baru saja berkecimpung dalam dunia otomotif ataupun mekanik, baiknya simak dulu uraian mengenai pengertian, cara kerja, dan fungsi relay berikut ini!


Memahami Pengertian Relay


cintamobil.com

Secara sederhana relay adalah saklar (switch). Sebuah komponen elektromekanikal (electromechanical) yang dioperasikan menggunakan prinsip elektromagnetik.

Relay terdiri dari dua bagian utama, yaitu elektromagnet (coil) dan mekanikal (terdiri dari seperangkat kontak saklar/switch).

Dalam bahasa lain, dua komponen utama relay terdiri dari kumparan dan poin.

Prinsip kerja relay adalah menggerakkan kontak saklar dengan arus listrik yang kecil (low power) namun dapat menghantarkan listrik dengan tegangan yang lebih tinggi.

Contohnya, relay yang menggunakan coil 5V dan 50 mA mampu menggerakkan armature relay (yang berfungsi sebagai saklar) untuk menghantarkan listrik 220V 2A.

Tahukah kamu bahwa relay juga menjadi salah satu komponen penting lho pada mobil. Sering disebut sebagai relay mobil.

Apa itu relay mobil?

Sesuai dengan fungsi utama relay untuk mengendalikan dan mengalirkan arus listrik. Pada mobil relay memiliki beberapa fungsi sampingan berikut ini:

  • memperpanjang umur saklar
  • meminimalisir hambatan yang terjadi pada arus
  • bisa dijadikan sebagai pengunci tambahan pada mobil
  • sebagai saklar switch elektromagnetik
  • membuat nyala lampu mobil menjadi lebih terang
  • membuat saklar kombinasi pada mobil sehingga saklar tidak mudah meleleh saat panas

Nah itu beberapa fungsi relay pada mobil. Lalu bagaimana fungsi relay pada komponen lainnya. Yuk simak ulasan berikut ini!


Memahami Fungsi Relay


en.wikipedia.org

Jika diurai secara lebih terperinci, relay melibatkan 4 komponen dasar dalam cara kerjanya. Adapun komponen tersebut yaitu Elektromagnet (Coil), Armature Relay, Switch Contact Point (Saklar), dan Spring.

Secara umum berikut beberapa fungsi relay yang paling sering diaplikasikan ke dalam perangkat elektronika:

  1. Berguna untuk menjalankan Fungsi Logika (Logic Function) dan untuk memberikan Fungsi penundaan waktu (Time Delay Function).
  2. Relay berfungsi sebagai pengendali Sirkuit Tegangan tinggi dengan bantuan dari Signal Tegangan rendah dalam arus listrik.
  3. Pada otomotif relay berguna untuk melindungi Motor ataupun komponen lainnya dari kelebihan Tegangan (konsleting) ataupun hubungan singkat (Short).

Secara spesifik relay berfungsi sebagai kontraktor atau kontrol pada panel listrik dengan kapasitas arus yang sangat besar.

Dalam hal ini relay bekerja sebagai perantara antara PLC (Programmable Logic Control) dan kontraktor.

Masih berkaitan dengan panel listrik relay juga sering difungsikan sebagai interlock. Sebuah circuit yang berfungsi mengamankan apabila terjadi intervensi dalam circuit itu sendiri.

Tujuan adanya relay adalah agar tidak terjadi dua atau lebih kondisi yang berbeda yang saling bekerja secara bersamaan saat terjadi intervensi yang tidak diinginkan.

Relay pada Kendaraan Bermotor

Kebanyakan dari teknisi bengkel salah dalam menduga. Bahwa pemasangan relay pada klakson bertujuan agar aki atau accumulator pada kendaraan tidak tekor.

Padahal pemasangan relay pada klakson justru meningkatkan konsumsi listrik dari aki.

Adapun fungsi relay pada klakson kendaraan adalah untuk mencegah kerusakan pada switch atau saklar pada kendaraan.

Khususnya pada kendaraan dengan jenis electric horn, yaitu jenis klakson dengan bentuk lebih besar dan suara yang lebih nyaring.

Klakson jenis ini juga mengkonsumsi daya listrik yang lebih besar, bahkan ada yang mencapai 6 Ampere.

Dengan dipasangnya relay, maka fungsi switch klakson bisa digantikan oleh kontak relay sehingga arus listrik yang dialirkan ke klakson juga lebih stabil.


Sekian untuk bahasan mengenai fungsi relay. Di lain kesempatan kita bahas lebih lanjut ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.