3 Cara Membuat Magnet | Menggosok, Induksi dan Elektromagnetik

Cara Membuat Magnet – Tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari kita berhubungan dengan benda yang memiliki sifat kemagnetan, misalnya pada tutup pintu kulkas.

Magnet sendiri definisi mudahnya adalah suatu objek atau benda yang memiliki daya untuk menarik atau mendorong dari bahan-bahan tertentu.

Tutup pintu kulkas memiliki daya kemagnetan yang jika kita menaruh atau menempelkan objek/benda denggan bahan logam atau besi, maka akan menempel pada pintu tutup kulkas.


Pengertian Magnet


√ 3 Cara Membuat Magnet | Menggosok, Induksi dan Elektromagnetik
Image source: gettyimages.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) magnet adalah setiap bahan yang dapat menarik logam besi.

Magnet sendiri pertama kali ditemukan oleh orang Yunani di Magnesia, di mana wilayah tersebut terdapat objek alam berupa batu yang memiliki kandungan magnet di dalamnya.

Objek magnet yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah magnet buatan. Magnet buatan sendiri merupakan benda dengan sifat kemagnetan yang dibuat oleh manusia.

Terdapat dua kutub pada magnet, yakni kutub utara dan selatan. Dua kutub ini merupakan bagian magnet dengan gaya yang paling kuat.

Jika melakukan percobaan mendekatkan dua kutub magnet yang sama maka akan terjadi gaya tolak-menolak. Sebaliknya jika berbeda kutub maka akan menghasilkan gaya tarik-menarik.

Menariknya, bahkan jika suatu magnet dipecah sampai menjadi bagian terkecil, akan selalu ada kutub utara dan selatannya juga.


Cara Membuat Magnet


Berbeda dengan membuat magnet seperti pada objek atau benda yang sering dijumpai sehari-hari, ternyata bisa juga lho membuat magnet dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Terdapat 3 cara yang bisa dilakukan untuk membuat magnet, berikut merupakan diantaranya:

1. Membuat Magnet dengan Cara Menggosok

√ 3 Cara Membuat Magnet | Menggosok, Induksi dan Elektromagnetik
Image source: id.wikihow.com

Cara yang pertama ini terbilang cukup mudah yakni hanya menggosokkan dan membutuhkan benda yang sudah memiliki daya magnet dan benda yang ingin dijadikan magnet.

Bahan yang perlu disiapkan adalah klip kertas (bahan yang memiliki kandungan logam) dan magnet yang biasa ditempelkan di kulkas.

Cara membuatnya adalah gosokknya klip kertas pada area magnet dengan arah gesekan yang sama dan jangan menggeseknya secara bolak balik.

Gosokkan klik kertas tersebut dengan gerakan yang cepat seperti ketika menyalakan korek api sebanyak 50 kali.

Selanjutnya coba tempelkan pada objek logam yang berukuran kecil atau pada klip kertas lainnya. Jika masih tidak menempel gosok lagi sebanyak 50 kali.

Selain klip kertas, sebenarnya bisa juga menggunakan bahan logam lain misalnya seperti peniti atau paku.

2. Membuat Magnet dengan Cara Induksi

√ 3 Cara Membuat Magnet | Menggosok, Induksi dan Elektromagnetik
Image source: matrapendidikan.com

Singkatnya induksi merupakan cara menjadikan benda yang tidak memiliki daya magnet menjadi memilikinya dengan bantuan dari objek magnet tanpa menyentuhnya.

Caranya sendiri cukup sederhana, yakni dekatkan besi dengan objek magnet tanpa menyentuhkan keduanya, lalu besi tersebut akan menjadi magnet dengan sendirinya.

3. Cara Elektromagnetik atau Arus Listrik

Image source: rumahbelajar.blogspot.com

Cara terakhir untuk membuat magnet adalah dengan menggunakan bantuan arus listrik. Sumber arus listrik yang digunakan adalah baterai dengan berbagai ukuran.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat magnet dengan cara elegtromagnetik atau bantuan arus listrik adalah baterai, paku, kabel (untuk digunakan tembaga dalamnya) dan selotip.

Untuk cara membuatnya, tumpuk kedua baterai untuk dihubungkan dengan kabel yang akan mengaliri arus listrik.

Kupas ujung kabel, kulitnya saja karena tembaganya akan digunakan sebagai penghantar arus listri dari baterai ke paku.

Hubungkan kabel yang sudah dikupas ke kutub positif dan negatif baterai, ujung kabel yang satu lagi lilitkan tembaga kabel pada paku besi dan magnet siap untuk digunakan.

Menggenggam paku dengan posisi ibu jari terbuka maka ibu jari akan menunjukkan kutub utara dari magnet yang dibuat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.