Sistem Listrik 3 Phase | Pengertian, Jenis Koneksi dan Keunggulannya

Sistem Listrik 3 Phase – Sekarang ini listrik merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari dan penggunaannya pun bisa untuk macam-macam.

Jika dalam lingkup rumah, listrik banyak digunakaan untuk kebutuhan peralatan elektronik mulai dari lampu, tv, mesin cuci, kulkas, rice cooker, setrika, pengisi daya ponsel dan masih banyak yang lainnya.

Namun pada instalasinya, listrik sendiri memiliki perbedaan sistem yang digunakan. Misalnya untuk penggunaan listrik rumahan berbeda dengan listrik untuk industri atau seperti hotel.

Jika dalam lingkup rumah, sistem listrik yang digunakan adalah jenis listrik 1 phase sedangkan untuk lingkup yang lebih besar seperti industri atau hotel menggunakan sistem listrik 3 phase.


Pengertian Listrik 3 Phase


Sistem Listrik 3 Phase | Pengertian, Jenis Koneksi dan Keunggulannya
lazada.co.id

Listrik 3 Phase merupakan jaringan listrik yang memakai tiga R.S.T (kawat Phase) dan juga satu kawat neutral (N) yang kerap disebut dengan kawat ground.

Jenis listrik ini adalah listrik AC yang memakai 3 kawat penghantar dengan tegangan yang sama pada masing-masing phase-nya, namun sudut curvenya berbeda 120 derajat.

Bisa dikatakan juga kalai listrik 3 phase adalah sistem dalam instalasi listrik yang memakai tiga kabel untuk melakukan pembangkitan, transmisi dan juga distribusi.

Sistem ini pun bisa digunakan menjadi sistem phase tunggal kalau salah satu dari phase dan kabel netralnya dilepas.

Terdapat dua macam tegangan listrik yang diketahui dalam sistem lisrik 3 phase ini, yaitu:

– Voltage Phase to Phase (VPP) atau ada juga yang memakai istilah Voltage Line to Line adalah jenis tegangan antar phase.
– Voltage Phase to Neutral (VPN) atau ada juga yang memakai istilah Voltage Line to Neutral adalah jenis tegangan phase ke neutral.


Jenis Koneksi Sistem Listrik 3 Phase


Terdapat dua cara atau jenis koneksi yang menghubungkan sistem listrik tiga phase, berikut merupakan diantaranya:

Koneksi Bintang (Y atau Star)

amanitekno.com

Jenis koneksi bintang memerlukan 4 kabel yang terdiri dari tiga konduktor phase dan konduktor netral. Jenis konekisi ini kerap dipakai untuk transmisi jarak jauh karena mempunyai titik netral.

Ciri khas dari koneksi bintang adalah simbolnya menyerupai huruf alfabet Y terbalik dan pada jenis koneksi ini terdapat titik tengah (x) yang kerap dihubungkan ke penghantar netral.

Pada jenis koneksi ini apabila hambatan listriknya seimbang (Ra = Rb = Rc) dan disuplai tenaga listrik yang besarnya sama, maka akan menghasilkan arus phase yang sama juga.

Selain itu titik x yang akan dihubungkan ke penghantar netral akan memilki arus nol.

Jika tegangan kerja 380 VAC, maka bisa dikatakan:

Tegangan phase to phase

– A – B = 380VAC
– A – C = 380VAC
– C – B = 380VAC

Tegangan Phase to netral

– A – X = 220VAC
– B – X =220VAC
– C – X = 220VAC

Koneksi Delta

amanitekno.com

Pada jenis koneksi ini tidak ada titik netral seperti jenis koneksi bintang dan ciri khasnya adalah simbol segitiganya.

Apabila titik-titik ujung dari jenis rangkaian ini diukur maka yang diukur adalah phase to phase. Pada contohnya, jika tegangan 380VAC, bisa diartikan seperti di bawah:

– A – B = 380VAC
– A – C = 380VAC
– C – B = 380VAC


Keunggulan atau Keuntungan Sistem Listrik 3 Phase


tokopedia.com

Terdapat beberapa keuntungan jika menggunakan sistem listrik 3 phase, berikut merupakan diantaranya:

– Mempunyai daya listrik yang besar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik di tempat yang membutuhkan daya besar, misalnya seperti hotel atau industri besar lainnya.

– Kabel yang digunakan dalam sistem listrik ini bisa lebih kecil dan membuatnya lebih hemat biaya.

Hal ini karena jenis sistem ini memakai tegangan yang lebih tinggi dan mengakibatkan aris listrik yang mengalirnya lebih rendah.

– DIkarenakan daya listriknya sudah besar, maka untuk menjalankan motor 3 phase tidak lagi membutuhkan kapasitor.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.