Rangkaian Lampu LED | Rangkaian Seri dan Paralel Lampu LED

Rangkaian lampu LED ada banyak jenisnya, mulai dari yang sederhana, seri, hingga paralel. Kali ini aku mau belajar akan membahas seputar rangkaian LED, tapi sebelumnya kita harus tahu apa itu lampu LED terlebih dulu.

LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode, seperti kebanyakan lampu yang memiliki kegunaan untuk memancarkan cahaya untuk menerangi ruangan dengan bantuan arus listrik. Cara kerjanya juga sama, yakni mengubah gaya atau arus listrik menjadi cahaya.


Rangkaian Lampu LED


Saat ini pilihan lampu LED cukup diminati masyarakat dibanding jenis lampu konvensional lainnya. Harga lampu LED memang terbilang lebih mahal dari lampu biasa, tapi keuntungan memakai lampu jenis LED juga lebih dibandingkan lampu biasa.

Cahaya yang dihasilkan lampu LED lebih terang, selain itu juga hemat energy karena mampu menghemat daya mulai dari 30 persen hingga 50 persen. Tentu hal tersebut membuat lampu LED lebih diminati daripada lampu pada umumnya.

Apalagi rangkaian lampu LED hadir dalam bentuk yang praktis dan ergonomis. Selain itu aman karena kebanyakan berbahan plastik, PVC, atau sejenisnya. Rangkaian LED juga memiliki daya pancar infra merah yang tidak tampak, seperti pada remote.

Jenis lampu LED yang banyak beredar di pasaran biasanya disebut dengan istilah white LED atau LED putih. Meskipun lampu-lampu tersebut tidak hanya berwarna putih, ada yang merah, kuning, hingga hijau. Ada pula yang menyebutnya dengan LED neon.

Merangkai LED Sendiri

Jika kalian tertarik untuk membuat rangkaian LED sensiri ada cara untuk membuatnya. Nantinya rangkaian tersebut bisa digunakan sebagai lampu darurat ketika listrik mati. Gunakan lampu LED bekas atau lampu cas yang membutuhkan daya kecil untuk menyala.

Baterai atau aki juga dibutuhkan untuk membuat lampu menyala saat mati listrik. Gunakan juga konektor yang secara otomatis akan mengganti arus ketika listrik padam agar lampu menyala. Meskipun begitu, lampu buatan sendiri mungkin tidak akan tahan lama, jadi lebih baik beli LED emergency.

Rangkaian Seri Lampu LED

gambar: www.duniaelektronik.net

Sebuah rangkaian lampu LED seri merupakan rangkaian yang terdiri dari dua buah atau lebih lampu LED yang disusun secara sejajar atau seri. Untuk merangkai model ini, output positif dari pencatu daya atau power supply (driver) akan terhubung ke kaki terminal positif (anoda) dari LED pertama.

Sementara kaki terminal negatif (katoda) dari LED pertama akan dihubungkan ke kaki terminal positif (anoda) pada LED kedua dan kaki terminal negatif (katoda). LED kedua dihubungkan ke kaki terminal positif (anoda) pada LED ketiga dan seterusnya sesuai jumlah lampu LED yang diinginkan.

Berakhir pada kaki terminal negatif (katoda) LED terakhir yang dihubungkan ke negatif pencatu daya (power supply) atau driver. Terdapat beberapa poin penting pada rangkaian LED seri:

1. Arus yang mengalir melalui tiap-tiap lampu LED sama.

2. Total tegangan pada rangkaian adalah jumlah tegangan di setiap LED.

3. Jika salah satu LED rusak, maka seluruh rangkaian tidak akan berfungsi.

4. Rangkaian seri LED mudah untuk dirangkai.

Rangkaian LED Paralel

gambar: www.duniaelektronik.net

Apa yang dimaksud rangkaian LED paralel adalah rangkaian yang terdiri dari dua buah atau lebih lampu LED yang di susun secara berderet atau paralel. Pada rangkaian LED paralel, semua kaki terminal positif lamp LED dihubungkan ke output positif tegangan sumber berupa pencatu daya atau driver.

Ada beberapa poin penting yang perlu diketahui mengenai rangkaian LED paralel, yakni:

1. Tegangan yang dibituhkan di setiap LED adalah sama

2. Total arus yang mengalir pada rangkaian adalah jumlah arus yang mengalir melalui setiap lampu LED.

3. Total arus keluaran atau output dibagi melalui setiap baris paralel LED.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.