Pompa Sentrifugal, Cara Kerja, Penggunaan dan Jenis-jenisnya

Pompa sentrifugal adalah sebuah alat yang biasa digunakan dalam dunia kontraktor mekanikal elektrikal. Dulunya, pompa ini populer digunakan sebagai alat untuk mengangkat lumpur. Elemen utama dari pompa ini adalah motor penggerak dengan sudu impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi.


Pompa Sentrifugal


Alat ini biasanya digunakan untuk mengangkut fluida dengan mengubah energi kinetik rotasi menjadi energi hidrodinamik aliran fluida. Energi rotasi pada alat ini biasanya berasal dari mesin atau motor listrik.

Penggunaan pompa sentrifugal biasa digunakan dalam industri air, limbah, pertanian, hingga minyak bumi atau pompa petrokimia. Pompa sentrifugal sering dipilih karena kemampuan laju alirannya yang tinggi, kompabilitas larutan abrasif, potensi pencampuran, serta tekniknya yang sederhana.

Cara Kerja Pompa

Seperti kebanyakan pompa, alat ini juga mengubah energi rotasi (seringnya digerakkan motor atau mesin) menjadi energi dalam fluida yang bergerak. Sebagian energi menjadi energi kinetik fluida. Kemudian fluida diarahkan ke saluran buang memakai tekanan dengan menggunakan impeller putar.

Impeller tersebut berputar di dalam casingnya. Casing tersebut dihubungkan dnegan saluran hisap dan saluran tekan. Gunanya untuk menjaga agar di dalam casing selalu terisi dengan cairan sehingga saluran hisap harus dilengkapi dengan foot valve (katup kaki).

Lebih jelasnya, pompa sentrifugal digerakkan oleh motor yang memberi daya untuk poros pompa. Daya tersebut menggerakkan atau memutar impeller yang terpasang pada poros. Zat cair yang ada pada impeller akan ikut berputar karena adanya dorongan sudu-sudu.

Timbulnya gaya sentrifugal dari perputaran impeller membuat zat cair mengalir dari tengah impeller keluar melalui saluran diantara sudu-sudu, lalu meminggalkan impeller dengan kecepatan tinggi. Zat cair yang keluar tadi kemudian akan keluar melalui saluran yang penampangnya makin membesar.

Terjadilah perubahan dari head kecepatan menjadi head tekanan. Oleh sebab itu, zat cair yang keluar dari flens pompa memiliki head total yang lebih besar.

Terjadi penghisapan karena setelah zat cair dilemparkan oleh impeller, ruang diantara sudu-sudu menjadi turun tekanannya yang mengakibatkan zat cair terhisap masuk. Selisih energi per satuan berat atau head total dari zat cair pada flens keluar dan dlens masuk disebut head total pompa.

Pompa Sentrifugal Vertikal

Jenis pompa sentrifugal ini juga disebut dengan pompa kantilever. Alatnya menggunakan poros unik dan konfigurasi pendukung bantalan yang memungkinkan volute manggantung di bah, sementara bantalan berada di luar bah.

Jenis pompa ini tidak menggunakan casing untuk menutupi poros, melainkan menggunakan bushing throttle. Komponen ini umum digunakan untuk pompa yang ada pada bagian mesin cuci.

Pompa Buih

Pada industri mineral atau ekstraksi minyak, buih diciptakan untuk memisahkan mineral murni atau bitumen dari pasir dan tanah liat. Buih mengandung udara yang cenderung menghalangi pompa konvensional dan menyebabkan hilangnya prime.

Sepanjang sejarah, industri telah mengembangkan berbagai cara untuk mengatasi permasalahan ini. Di industri kertas pada impeller di bor atau dilubangi. Udara akan keluar ke bagian belakang impeler dan ekspeler, khusus membuang udara kembali ke tangki hisap.

Impeler juga terkadang dilengkapi baling baling kecil khusus diantara baling-baling utama yang disebut baling-baling sekunder. Beberapa pompa mungkin memiliki penginduksi atau resirkulasi buih bertekanan dari pelepasan pompa kembali ke penghisapan untuk memecahkan gelembung.

Pompa Sentrifugal Multistage

Disebut juga pompa sentrifugal bertingkat yang berisi dua impeler atau lebih. Impeller dapat dipasang pada poros yang sama atau pada poros yang berbeda. Di tiap tahapnya, fluida diarahkan ke tengah sebelum menuju ke pembuangan pada diameter luar.

Untuk tekanan yang lebih tinggi di outlet, impeler dapat dihubungkan secara seri. Sementara untuk keluaran aliran yang lebih tinggi, impeler dapat dihubungkan secara paralel.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.