Pengertian Selenoida, Jenisnya, dan Cara Kerjanya

Pengertian selenoida adalah kumparan kawat yang biasanya berbentuk silinder, dimana ketika mengalirkan arus bertindak seperti magnet. Sehingga inti yang dapat digerakkan di tarik ke dalam kumparan ketika arus mengalir dan biasa digunakan sebagai sakelar atau kontrol untuk perangkat.

Pengertian selenoida intinya adalah kumparan kawat yang digunakan sebagai elektromagnet. Hal ini juga mengacu pada perangkat apapun yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik menggunakan selenoida.

Perangkat akan menciptakan medan magnet dari arus listrik dan menggunaakan medan magnet untuk membuat gerakan linier. Aplikasi umum selenoida biasanya ada pada sakelar, seperti pada starter mobil, katup, begitu juga dalam sistem sprinkler.


Pengertian Selenoida


Selenoida merupakan gulungan kawat berbentuk sekrup yang melilit piston dan seringnya terbuat dari besi. Sama seperti pada kebanyakan elektromagnet, medan magnet dibuat ketika arus listrik melewati kawat.

Elektromagnet memiliki keunggulan dibandingkan magnet permanen karena dapat dinyalakan dan dimatikan dengan penghilang arus listrik. Itu membuatnya berguna sebagai sakelar dan katup otomatis.

Seperti semua magnet, medan magnet selenoida yang diaktifkan memiliki kutub positif dan negatif yang akan menarik atau menolak material yang sensitif terhadap magnet. Di dalam selenoida, medan elektromagnetik menyebabkan piston bergerak maju atau mundur.

Pada katup kerja langsung, arus listrik mengaktifkan selenoida yang selanjutnya menarik piston atau plunger yang akan menghalangi aliran udara atau fluida. Di beberapa katup selenoida, medan elektromagnetik tidak bekerja secar langsung untuk membuka saluran.

Dalam katup yang dioperasikan kemudi, selenoida menggerakkan plunger lalu menciptakan bukaan kecil dan tekanan yang melalui bukaan inilah yang mengoperasikan segel katup.

Pada kedua jenis ketup, selenoida memerlukan aliran arus listrik yang konstan agar tetap terbuka karena begitu arus dihentikan, medan elektromagnetik akan menyebar dan katup kembali ke posisi semula (tertutup).

sumber gambar: arda.biz

Selenoida Listrik

Pada sistem pemanasan mobil, starter selenoida bertindak sebagai relay. Membawa kontak logam ke tempatnya untuk menutup sirkuit. Selenoida starter menerima arus listrik kecil saat kunci kontak mobil diaktifkan, biasanya dengan cara memutar kunci.

Medan magnet selenoida kemudian menarik kontak, menutup sirkuit antara aki mobil dan motor starter. Selenoida starter membutuhkan aliran listrik yang konstan untuk menjaga sirkuit, tetapi karena mesin menyala sendiri setelah dinyalakan, selenoida tidak aktif akan tidak aktif selama itu.


Jenis Selenoida dan Cara Kerjanya


Umumnya ada dua jenis selenoida, yakni tipe linier dan tipe rotasi. Berikut ini sedikit ulasan mengenai keduanya:

1. Pengertian Selenoida Linier

sumber gambar: samrasyid.com

Disebut sebagai selenoida linier karena plunger atau aktuator pada selenoida jenis ini memiliki pergerakan linier. Jenis ini dibedakan lagi menjadi dua, yaitu:

a. Selenoida linier tipe tarik
b. Selenoida linier tipe dorong

Sebenarnya, antara keduanya tidak memiliki banyak perbedaan dari segi struktur dasar maupun konstruksinya. Hal yang membedakan hanya pada desain plunger serta arah pegasnya.

Penerapan selenoida jenis ini dapat ditemukan pada benda-benda yang memerlukan gerakan menutup dan membuka. Misalnya saja, pintu otomatis, kontrol katup hidrolik dan pneumatik, robotika, pintu irigasi, maupun pada mesin otomotif.

2. Selenoida Rotasi

image source: geeplus.com

Cara kerja dari jenis ini ialah menghasilkan gerakan sudut atau gerakan putar dengan sistem searah dengan jarum jam dan sudut tertentu. Berbeda dengan selenoida linier yang hanya bergerak linier, maka jenis ini memberikan gerakan berputar apabila dialiri oleh listrik.

Komponennya sensiri terdiri dari gulungan listrik yang terlilit di sekitar rangka baja dan kemudian dihubungkan ke poros output yang terdapat pda koil. Kerap diaplikasikan pada berbagai macam benda seperti printer dot matriks, peralatan otomotif, serta mesin otomatis lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.