Pengertian Rectrifier, Jenis-Jenisnya, dan Fungsinya

Pengertian Rectrifier adalah rangkaian elektronika yang berfungsi menyearahkan gelombang arus listrik. Arus listrik yang smula berupa arus bolak balik (AC) apabila dilewatkan pada rangkaian penyearah, maka akan berubah menjadi arus searah (DC).

Bentuknya bermacam-macam, mulai dari tabung vakum dioda, receiver kristal, hingga model modern yang berbasis silikon. Umumnya penyearah gelombang atau rectifier menggunakan dioda sebagai komponen utamanya/

Hal tersebut dikarenakan dioda memiliki karakteristik yang hanya bisa melewatkan gelombang arus listrik ke satu arah saja dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Rectifier yang paling sederhana adalah penyearah setengah gelombang.


Pengertian Rectrifier


Mereka bekerja dengan menghilangkan satu sisi AC, sehingga hanya memungkinkan satu arah arus melewatinya. Ini terjadi pada penyearah dengan dioda yang hanya melewatkan setengah gelombang dan setengahnya lagi diblokir.

Jenis penyearah gelombang pada dasarnya dibagi menjadi dua, yakni penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh. Jenis yang setengah gelombang menghasilkan konversi yang sangat tidak efisien karena setengah input dari arus AC tidak digunakan.

Penyearah Setengah Gelombang

sumber gambar: thinksphysics.com

Rangkaian AC memvariasikan tegangan antara nilai positif dan negatif. Ini adalah penyearah yang paling sederhana karena hanya menggunakan satu buah dioda untuk menghambat sisi sinyal negatif dari arus AC power supply dan melewatkan sisi sinyal positifnya.

Prinsipnya, arus AC terdiri dari 2 sisi gelombang yaitu sisi positif dan negatif yang bolak-balik. Sisi positif gelombang dari arus yang masuk ke dioda akan menyebabkan dioda bias maju sehingga melewatkannya.

Sedangkan sisi negatif gelombang AC yang masuk akan menjadikan dioda dalam posisi bias terbalik sehingga menghambat sinyal negatif tersebut.

Pengertian Rectrifier Gelombang Penuh

sumber gambar: rangkaianelektronika.info

Dioda tunggal dapat mengubah daya AC menjadi aliran DC yang terputus-putus, tetapi penyearah gelombang penuh 4 bridge menggunakan empat dioda untuk membalikkan arah kedua sisi arus AC. Dengan bridge rectifier, DC masih berosilasi dari nol ke puncak, tapi tidak memotong separuh waktu.

Metode ini memberikan daya dua kali lipat ke output DC sebagai setengah gelombang yang menghasilkan rasio konversi daya teoretis 81,2 persen. Jenis daya yang diperbaiki juga menyering dengan mudah untuk menghasilkan keluaran arus DC yang halus dan dapat diterima.

Celah khas DC pada setengah gelombang diperbaiki atau ditiadakan pada penyearah jenis ini. Meskipun pada jenis ini outputnya bervariasi dari nol hingga maksimul dalam pola sinusoidal.

Fungsi dari Rectrifier

Berbeda dengan rectifier gelombang penuh yang menggunakan kedua arah gelombang AC hingga membuatnya lebih efisien. Keberadaan penyearah sangat penting bagi operasi banyak perangkat.

Hal itu karena jaringan distribusi listrik standar menggunakan daya AC, sementara perangkat apapu yang menggunakan daya DC memerlukan rectifier agar beroperasi dengan benar.

Hampir semua peralatan elektronik modern membutuhkan daya DC yang stabil dan konstan untuk beroperasi dengan baik. Selain itu, penyearah juga digunakan untuk mengubah tegangan atau arus dalam sistem daya DC.
Pada beberapa skenario, solusi paling sederhana yang mungkin terjadi adalah proses berikut ini:

1. Mengubah DC ke AC

2. Mengubah tegangan dengan menggunakan trafo

3. Ubah AC kembali ke DC menggunakan penyearah

Pada beberapa pengaplikasian, penyearah itu sendiri berfungsi secara langsung selain hanya mengubah AC ke DC. Contohnya saja, salah stau desai radio paling awal adalah radio kristal. Perangkat ini menggunakan kabel halus yang ditekan ke kristal.

Saat ini mungkin bisa diibaratkan pada komponen dioda. Dimana fungsinya memeperbaiki sinyal radio arus bolak-balik secara langsung. Sehingga mengekstraksi audio dan menghasilkan suara pada earphone. Saat ini penyearah seperti itu masih digunakan dalam beberapa jenis radio.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.