Pengertian Peltier, Bahan Pembuat, juga Kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian peltier adalah perangkat yang merubah listrik secara langsung menjadi perbedaan suhu di sebuah pelat datar atau lempengan. Elemen ini dapat mengubah satu sisi lempengan menjadi panas dan sisi lainnya dingin.

Efek dingin atau panas dari lempengan peltier dapat dirasakan jika elemen ini dipasang pada alat tertentu. Misalnya saja pada setrika listrik, pemanggang roti, dan sebagainya. Mungkin bagi kalian yang masih awam tidak paham mengenai elemen ini.

Berikut ini penjelasan singkan mengenai peltier dalam dunia elektronika.

Komponen ini terlihat seperti pelat datar berbentuk persegi dengan dua kabel yang menjulur. Di kedua sisinya terdapat larik semikonduktor dalam rangkaian bergantian antara tipe n dan tipe p. Tipe n untuk negatif dan tipe p untuk positif.


Pengertian Peltier


Peltier bukanlah sebuah alat melaikan komponen elektronika. Hanya saja, untuk mempermudah penyebutan biasanya, peltier sering disebut sebagai alat pendingin. Komponen elektronika yang dapat menghasilkan efek peltier adalah thermo electric cooler atau biasa disingkat TEC.

Secara fisik elemen peltier diatur sedemikian rupa sehingga ketika arus listrik dimasukkan melalui sistem. Elektron bebas dan celah yang membutuhkan elektron bebas dipindahkan ke arah yang sama sehubungan dengan permukaan pelat.

Itulah yang membuat terjadinya pentransferan energi panas dari satu sisi ke sisi lainnya. Arah aliran panas tergantung pada arah arus. Penerapannya, satu sisi biasanya terhubung ke heat sink aluminium yang biasanya menjaga sisi tersebut agar tetap pada suhu lingkungan.

Sisi lainnya ditutup dengan keramik dan akan menjadi lebih hangat atau lebih dingin dari lingkungannya. Umumnya elemen ini terdapat pada mikroprosesor di dalam komputer atau laptop. Bisa juga pada lemari es mini atau pemanas dan pendingin elektrik.

Adanya rangkaian tertentu membuat tegangan listrik yang dialirkan pada kompenen ini bisa menghasilkan efek panas pada satu sisi dan dingin pada sisi lainnya secara bersamaan. Kondisi tersebut disebabkan karena TEC berfungsi sebagai pompa panas dari sisi dingin ke sisi panas.

Istilah peltier sendiri digunakan meruju kepada nama penemunya, yakni J.C. Athanase Peltier. Cara kerja TEC, yakni mengalirkan listrik dari tipe semikonduktor positif menuju ke yang negatif lewat logam yang sifatnya menghantarkan listrik.

Proses pengaliran listrik tersebut mengakibatkan salah satu sisi yang terkena tegangan negatif akan menjadi dingin. Sementara sisi lainnya yang terkena tegangan positif akan menjadi tempat keluarnya panas.

Pada sisi yang dingin dapat diatur dengan tegangan tertentu agar menghasilkan suhu dingin yang diinginkan. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan untuk membuat alat pendingin manual. Tentu saja dengan bantuan komponen-komponen lainnya.


Keunggulan dan Kekurangan Peltier


Keunggulan dari elemen peltier adalah desainnya yang simple dan kompak. Sangat kecil dan tidak memiliki bagian yang bergerak atau cairan yang bersirkulasi. Umur atau tingkat keawetannya tingi sehingga tidak mudah rusak. Kebal terhadap kebocoran dan bentuknya yang fleksibel.

Sisi negatif dari komponen ini adalah tidak seefisien siklus kompresi gas yang digunakan di HVAC dan sistem pendingin lainnya. Efisiensi daya pada peralatan yang menggunakan alat ini juga buruk. Meski begitu, banyak peneliti yang mengembangkan pendingin peltier yang murah dan efisien.

Harganya pun terbilang mahal untuk ukurannya. Meski begitu peltier masih berguna untuk pemanasan dan pendinginan lokal yang memerlukan perubahan cepat. Walaupun kapasitasnya tidak besar, tapi keberadaannya cukup memberikan manfaat pada beberapa alat.

Bahan Pembuat Peltier

Ada beberapa bahan yang cocok untuk aplikasi TEC karena hubungan antara konduktivitas termal dan listrik yang biasanya berkorelasi positif. Bahan termoelektrik yang umum digunakan sebagai semikonduktor, antara lain bismuth telluride, lead telluride, silikon germanium, dan paduan bismuth – antimony.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.