Pengertian Osiloskop | Alat Ukur Elektronika yang Mahal Harganya

Pengertian osiloskop adalah sebuah alat ukur elektronika yang gunanya untuk memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dan dipelajari. Alat ukur osiloskop memiliki komponen utama berupa tabung katoda yang terpasang dalam rangkaian alat ukur ini.

Terdapat pula perangkat pemancar elektron untuk memproyeksikan sorotan elektron ke layar tabung sinar katoda. Rangkaian osiloskop akan menyorot sehingga terjadi gerakan yang berulang-ulang pada layar monitor dari kiri ke kanan.


Pengertian Osiloskop


Dimana gerakan tersebut menyebabkan bentuk sinyal terjadi secara terus menerus sehingga terlihat seperti gelombang. Osiloskop memiliki beberapa fungsi sebagai alat ukur, diantaranya untuk:

1. Menyelidiki peristiwa atau gejala secara periodik.

2. mengamati bentuk gelombang kotak dari tegangan listrik.

3. Menganalisis gelombang dalam rangkaian elektronika.

4. Mengamati amplitudo tegangan, frekuensi, dan periode dari sinyal yang tidak diketahui.

5. Mengetahui amplitudo modulasi yang dihasilkan pemancar radio maupun generator pembangkit sinyal.

6. Menganalisis karakteristik besaran yang berubah-ubah terhadap waktu yang terlihat pada layar monitor.

7. Mengetahui beda fase antara sinyal input dan sinyal output.

8. Mengukur tegangan AC/DC dan menghitung frekuensi.

Cara Kerja dan Pemakaian Osiloskop

Cara kerja dari alat ini telah dijelaskan secara singkat diatas. Dimana didalam osiloskop terdapat komponen utama berupa tabung sinar katoda. Tabung sinar katoda tersebut memiliki prinsip kerja sebagai elektron yang dipancarkan dari katoda yang menumbuk bidang gambar.

Bidang gambar tersebut dilapisi zat yang bersifat flourecent dan berfungsi sebagai anoda. Arah pergerakan elektron tersebut dipengaruhi oleh medan listrik dan medan magnetik. Sinar katoda osoloskop mengandung medan gaya listrik untuk menggerakkan elektron ke arah anoda.

Medan listrik ini dihasilkan oleh lempeng kapasitor yang terpasang secara vertikal sehingga menumbuk garis lurus vertikal dinding gambar.

Kemudian, apabila lempeng horizontal dipasang tegangan periodik, maka elektron yang awalnya bergerak secara vertikal akan bergerak secara horizontal. Kecepatan geraknya tetap sehingga pada layar monitor akan membentuk grrafik sinusoidal.

Untuk menggunakan osiloskop lakukan tahapan sebagai berikut:

sumber gambar: abi-blog.com

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah mengkalibrasi osiloskop dengan cara menghubungkan osiloskop pada jaringan PLN dan menghidupkannya. Setelah itu, amati tampilan pada layar monitor. Akan ada garis lurus mendatar apabila tidak ada sinyal masuk.

Kedua, setting atau atur fokus, intensitas, kemiringan, X posisi, dan Y posisi dengan mengatur posisi tersebut. Kemudian amati hasil pengukuran.

Ketiga, guanakan tegangan referensi pada osiloskop sehingga dapat melakukan kalibrasi. Biasanya terdapat dua tegangan referensi yang dijadikan acuan, yakni tegangan persegi 2 vpp dan 0,2 vpp dengan frekuensi 1 KHz.

Keempat, masukkan probe pada terminal acuan sehingga di layar monitor akan muncul tegangan persegi.

Terakhir, jika yang dijadikan acuan berupa tegangan 2 vpp, maka pada posisi 1 volt/div (satu kotak vertikal mewakili tegangan 1 volt) akan terdapat nilai tegangan dari puncak ke puncak sebanyak dua kotak. Sementara untuk time/div 1 ms/div (satu kotak horizontal mewakili waktu 1 ms) harus terdapat satu gelombang untuk satu kotak.

Kegunaan Osiloskop

Osiloskop dguanakn untuk mengamati bentuk gelombang dari sinyal listrik. Selain dapat menunjukkan amplitudo sinyal, osiloskop juga dapat menunjukkan distorsi waktu antara dua peristiwa dan waktu relatif dari dua sinyal yang saling berkaitan.

Semua alat ukur elektronika bekerja berdasarkan sampel data, dimana semakin tinggi sampel data maka akan semakin akurat peralatan elektronik tersebut. Begitu juga dengan osiloskop, yang memiliki sampel data yang sangat tinggi. Itulah mengapa harga osiloskop sangat mahal.

Tak hanya itu, osoloskop juga dapat digunakan untuk melihat osilasi arus bolak-balik. Pada osiloskop kita dapat melihat gambar tegangan yang berosilasi hingga frekuensi beberapa megahertz.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.