Mengenal Motor DC: Pengertian, Prinsip Kerja, Jenis dan Kelebihannya

Pengertian Motor DC – Dalam kehidupan sehari-hari atau dalam bidang khusus seperti kesehatan, penggunaan alat elektronik atau teknologi, sebenarnya tidak lepas dari peran Motor DC.

Sebagai komponen, Motor DC bisa meningkatkan efisiensi dari keseluruhan sistem pada perangkat tersebut agar dapat beroperasi secara optimal.

Tidak hanya diterapkan pada alat elektronik yang biasa ditemui sehari-hari atau kesehatan saja, tapi juga diterapkan untuk pertanian, pertambangan, perikanan dan robotika.

Namun, apa sih sebenarnya Motor DC itu? Kenapa banyak digunakan pada alat-alat elektronik? Berikut merupakan penjelasannya mulai dari pengertian, prinsip kerja, jenis dan kelebihannya.


Pengertian Motor DC


√ Mengenal Motor DC: Pengertian, Prinsip Kerja, Jenis dan Kelebihannya
tokopedia.com

Motor DC merupakan suatu alat yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi listrik jadi energi kinetik gerakan.

Pada penerapannya Motor DC kerap digunakan di perangkat elektronik yang biasa kita temui sehari-hari misalnya seperti kipas angin dan getar di handphone.

Alat yang kerap menjadi bagian dari perangkat elektronik ini bisa menghasilkan sejumlah putaran per menit (RPM/ Revolutions per minute), dapat berputar searah jarum jam atau berlawanan jika polaritas listrik dibalikkan.

RPM yang bisa dihasilkan oleh Motor DC mulai dari 3000 RPM sampai dengan 8000 RPM dengan kondisi tegangan antara 1.5V sampai 24V.


Prinsip Kerja Motor DC


√ Mengenal Motor DC: Pengertian, Prinsip Kerja, Jenis dan Kelebihannya
shopee.co.id

Motor DC memiliki dua bagian utama bernama Stator (bagian pada motor yang tidak berputar) dan Rotor (bagian pada motor yang berputar).

Kedua bagian utama pada Motor DC ini bisa dibagi menjadi beberapa komponen penting diantaranya seperti kerangka magnet, kutub motor, kumparan medan magnet, kumparan jangkar, komutator, dan kuas.

Prinsip kerja Motor DC memakai fenomena electromagnet untuk dapat bergerak. Pada saat kumparan dialiri arus listrik, maka permukaannya yang bersifat utara akan bergerak ke magnet dengan kutub selatan.

Selanjutnya kumparang dengan sifat selatan bergerak ke arah utara dari magnet. Pada saat kutub utara dari kumparan dan kutub selatan saling berhadapan, maka aka nada tarik menarik yang mengakibatkan kumparan berhenti.


Jenis Motor DC


shopee.co.id

Berikut merupakan jenis-jenis Motor DC, diantaranya adalah:

1. Separately Excited (Sumber Daya Terpisah)

Sesuai namanya, merupakan jenis yang sumber daya nya ada dari luar (eksternal) dan terpisah dari Motor DC agar bisa beroperasi.

2. Self Excited (Sumber Daya Sendiri)

Merupakan jenis Motor DC yang mempunyai gulungan medan yang dihubungkan parallel dengan dynamo. Sehingga total arus yang ada di dalam jalur adalah total jumlah dari medan dan dynamo.

Pada jenis ini terdapat dua karakteristik yang untuk penggunaan komersil kecepatan praktiknya tidak bergantung pada beban. Satu lagi Susunan seri dinamonya dikontrol dengan memasang tahanan.

3. Motor DC Daya Sendiri Tipe Seri

Merupakan jenis Motor DC yang mempunyai gulungan medan yang disambungkan seri dengan dynamo.Sehingga arus medan sama dengan dynamo.

Terdapat dua karakteristrik untuk jenis ini, yaitu pertama 5000RPM merupakan batas kecepatan motor dan selanjutnya. Satunya lagi perlu menghindari menghidupkan motor jenis seri tanpa ada beban.

4. Motor DC Gabungan

Merupakan jenis motor DC yang bisa dikatakan gabungan dari jenis shunt dan seri di mana gulungan medannya di sambungkan parallel dan seri pada dinamonya.

Hal ini membuat motor DC jenis ini bisa mempunyai torque yang lebih stabil dan baik untuk penyalaannya.


Kelebihan Motor DC


id.aliexpress.com

Berikut merupakan kelebihan penggunaan motor DC:

– Minim perawatan.
– Harga yang relatif murah/terjangkau.
– Mempunyai banyak jenis yang bisa ditentukan untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.
– Pengaturan kecepatan RPM yang mudah.
– Memiliki torsi yang lumayan besar.
– Minim Getaran
– Penggunaan energi yang lebih efisien.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.