Mengenal Isolator: Pengertian, Kegunaan, Sifat, dan Contohnya

Pengertian Isolator – Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari kita kerap berhubungan dengan barang-barang atau benda-benda yang bahannya disebut dengan konduktor dan isolator.

Sebenarnya tidak hanya soal panas saja, dalam kelistrikan isolator juga bisa dikatakan sebagai bahan yang tidak bisa dialiri listrik.

Dalam penerapannya, isolator bisa digunakan sebagai bantalan beban untuk memisahkan konduktor tanpa harus memakai arus listrik.

Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai apa itu isolator, mulai dari pengertian, kegunaan, sifat dan contohnya.


Pengertian Isolator


√ Mengenal Isolator: Pengertian, Kegunaan, Sifat, dan Contohnya
pixabay.com

Menurut Encyclopedia Britannica, isolator merupakan suatu zat yang bisa menghambat aliran dari arus listrik dan kerap dianggap bahan nonkonduktor.

Isolator adalah bahan atau material yang sulit atau bahkan tidak bisa menghantarkan arus listrik. Bahan/material yang digunakan untuk membuat isolator harus mempunyai hambatan yang besar.

Hal ini karena material dengan hambatan besar memilki daya tahan yang besar pada aliran arus listrik dan menyebabkan arus listrik sangat sulit mengalir pada isolator.

Isolator sendiri bisa dibilang cukup kontras dengan semikonduktor dan konduktor yang bisa lebih mudah mengalirkan arus listrik.


Kegunaan Isolator


√ Mengenal Isolator: Pengertian, Kegunaan, Sifat, dan Contohnya
pixabay.com

Isolator memiliki kegunaan/manfaat yang bisa menopang beban atau menjadi pemisah antara konduktor tidak membuat arus listrik mengalir keluar.

Penjelasan mudahnya, karet pada lapisan kabel adalah suatu bahan isolator yang melindungi manusia dari listrik yang mengalir pada konduktor di dalamnya.

Bagi manusia, listrik yang mengalir bisa sangat berbahaya, terlebih jika tegangan pada rangkaian listrik sedang tinggi, dan jika manusia terkena sengatan listrik, fungsi jantung bisa terganggu dan mengakibatkan luka bakar.

Penggunaan bahan karet sebagai isolator kabel karena muatan arus listrik tidak bisa mengalir melalui bahan tersebut.

Selain dari segi listrik, dari segi mekanik isolator juga memiliki kegunaan seperti menahan adanya perubahan perubahan penghantar yang disebabkan perubahan suhu.


Sifat Isolator


pixabay.com

Berikut merupakan beberapa sifat pada isolator:

1. Pengertian Sifat Elektris pada Isolator

Merupakan salah satu sifat penting yang ada pada isolator, di mana sifat ini serupa dengan kekuatan ketahanan dielektris.

Dielektrik sendiri adalah kemampuan yang dapat memisahkan bagian-bagian yang memiliki tegangan listrik atau memiliki arus listrik.

2. Pengertian Sifat Termis pada Isolator

Merupakan sifat isolator yang mempunyai kekuatan ketahanan pada panas. Penyebab utama panasnya suatu isolator bisa karena panas dari arus listrik atau panas dari faktor lain.

Memang setiap jenis bahan isolator memiliki reaksi yang berbeda pada panas, namun panas tersebut tidak boleh sampai melemahkan kemampuan dielektrik atau merusaknya.

3. Sifat Mekanis

Merupakan sifat pada isolator di mana isolator memiliki kekuatan mekanik yang mempunyai ketahanan pada tekanan mekanin dan juga tidak mudah aus.

Salah satu penyebab kerusakan pada isolator adalah karena penggunaannya dipengaruhi oleh kualitas bahan/material yang digunakan.

4. Sifat Kimia

Merupakan sifat pada isolator yang juga bisa dikatakan sebagai sifat higroskopis, di mana sifat kimia ini menampilkan penyerapan air yang mudah/tidak.

Tahanan dielektrik bisa semakin kecil atau bahkan kemampuan isolatornya menurun karena air merupakan material yang sangat bersifat konduktif.


Contoh Isolator


Berikut merupakan beberapa contoh bahan isolator:

1. Plastik

shopee.co.id

Platik merupakan salah satu bahan isolator yang bisa dikatakan bagus karena tidak menghantarkan listrik.

Beberapa penerapannya dalam barang2 diantaranya seperti mesin cuci, pengering rambut, penyedot debu, dll.

2. Karet

√ Mengenal Isolator: Pengertian, Kegunaan, Sifat, dan Contohnya
shutterstock.com

Karet merupakan salah satu bahan penting yang digunakan untuk isolator dalam kelistrikan.

Untuk penggunaannya karet kerap digunakan sebagai lapisan luar kabel agar tegangan/arus listrik tidak mengalir keluar, perkakas instalasi listrik, dan masih banyak yang lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.