Mengenal Generator: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya

Pengertian Generator – Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita tidak asing dengan generator listrik, karena alat ini kerap digunakan untuk bangunan-bangunan yang memerlukan sumber listrik konstan.

Misalnya seperti pada hotel, bandara, rumah sakit, pabrik, dan yang lainnya. Penggunaan generator ini digunakan untuk mencegah adanya gangguan operasi.

Selain untuk bangunan dengan sektor besar seperti yang sudah disebutkan di atas, ada juga generator yang menyimpan energi listrik sebagai cadangan.

Karena memang salah satu fungsi dasarnya adalah mengubah energi gerak jadi energi listrik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai generator mulai dari pengertian, jenis, cara kerja dan manfaatnya.


Pengertian Generator


√ Mengenal Generator: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
criticalpower.com

Generator listrik merupakan suatu mesin yang menggunakan sumber energi mekanik untuk menghasilkan energi listrik dan umumnya menggunakan induksi elektromagnetik.

Mudahnya bisa dikatakan generator adalah mesin yang menggunakan energi gerak (mekanik) dan mengubahnya jadi energi listrik (elektrik).

Untuk sumber energi generator sendiri ada berbagai macam. Misalnya pembangkit listrik tenaga angin, maka generator bisa bergerak karena ada angin yang menggerakkan kincir angin agar bisa berputar.

Energi mekanik yang ada di generator berasal dari kumparan yang berputar antara kutub utara dan selatan. Pada saat berputar, garis gaya magnetic yang menembus akan menyesuaikan posisi komponen.

Hal ini akan membuat generator bisa menghasilkan arus listrik jenis induksi. Dengan cara tersebut generator bisa dibilang berfungsi sesuai hukum faraday. Berikut adalah bunginya:

Jika suatu penghantar diputar pada sebuah medan magnet yang mengakibatkan terpotongnya garis gaya tersebut, maka penghantar akan menyebabkan gaya gerak listrik satuan volt.


Jenis-Jenis Generator


Terdapat dua jenis generator yakni AC dan DC yang mana memiliki perbedaan aliran listrik yang dihasilkan.

1. Pengertian Generator AC

√ Mengenal Generator: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
indonesian.alibaba.com

Merupakan jenis generator dengan mesin yang bermanfaat untuk menghasilkan arus listrik bolak balik.

Jenis ini memiliki dua kabel dengan polaritas (kutub positif dan negatif) dan menggunakan dua slip ring yang terkoneksi ke setiap ujung kumparan.

2. Pengertian Generator DC

√ Mengenal Generator: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
id.aliexpress.com

Merupakan jenis generator dengan mesin yang bermanfaat untuk menghasilkan jenis arus listrik searah.

Sama seperti dengan jenis AC, jenis DC juga memiliki dua kabel dengan polaritas (kutub positif dan negatif. Perbedaannya adalah jenis DC ini tidak memiliki slip ring, tapi dua brush di kiri dan kanan kumparan.


Cara Kerja Generator


√ Mengenal Generator: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
pixabay.com

Prinsip kerja/cara kerja dari generator memakai hukum Faraday, di mana untuk bisa menghasilkan suatu aliran listrik maka diperlukan komponen medan magnet yang berputar pada kumparan generator.

Medan magnet yang ada di generator biasanya mempunyai garis gaya magnet stator (penghasil medan magnet sifat statis) dan rotor (kumparan yang dililit pada core yang ada di dalam celah stator).

Pada saat ada energi yang memutar rotor, maka akan ada perpotongan di garis gaya magnet dan membentuk beda potensial dari kedua kutub kumparan. Sehingga generator bisa menghasilkan aliran listrik.


Manfaat Generator


Berikut merupakan beberapa manfaat generator:

1. Pembangkit Tenaga Listrik

pixabay.com

Sebagai komponen utama yang membangkitkan listrik, generator memiliki manfaat dan peran penting pada pembangkit tenaga listrik.

Sumber energi yang digunakan untuk menghasilkan listirknya pun bermacam-macam, mulai dari air, angin, matahari, minyak, nuklir, batu bara, gas alam, dll.

2. Cadangan Listrik untuk Tempat Umum

healthcareitnews.com

Manfaat selanjutnya adalah menjadi cadangan listrik untuk tempat-tempat umum atau tempat dengan fasilitas yang penting bagi masyarakat umum.

Beberapa tempat yang dimaksud diantaranya seperti rumah sakit, gedung, supermarket, bandara, hotel, pabrik, dll.

3. Listrik di Daerah Pedalaman

blibli.com

Daerah pedalaman yang sulit mendapatkan listrik karena listrik yang ada belum bisa menjangkau wilayah tersebut bisa menggunakan generator.

Meskipun listrik yang dihasilkan cukup terbatas, namun kehadiran listrik sekecil apapun tentu sangat bermanfaat bagi warga yang tinggal di pedalaman.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.