Mengenal AVOmeter: Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja dan Fungsinya

Pengertian AVOmeter – Jika berhubungan dengan listrik dan komponen elektronika, AVOmeter bisa dikatakan sebagai alat dan salah satu perlengkapan wajib, terlebih untuk para teknisi.

Dengan menggunakan AVOmeter, para teknisi, baik itu teknisi service, elektronik atau apapun yang berhubungan dengan kelistrikan dapat melakukan tugas dan pekerjaannya dengan maksimal.

Namu, apa sih sebenarnya AVOmeter itu? Mengapa penting untuk keperluan listrik dan komponen elektronika?

Pada artikel ini akan membahas tentang AVOmeter mulai dari pengertian, jenis-jenis, prinsip kerja dan apa saja fungsinya.


Pengertian AVOmeter


√ Mengenal AVOmeter: Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja dan Fungsinya
pelajarindo.com

AVOmeter atau yang juga biasa disebut dengan multimeter adalah sebuah alat ukur listrik yang biasa digunakan untuk mengukur besaran listrik seperti tegangan listrik, arus listrik dan hambatan listrik.

Penamaan AVOmeter sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Ampere, Volt, dan Ohm, oleh karena itu dinamakan AVO-meter.

Alat ukur ini bisa digunakan untuk melakukan pengukuran listrik dengan arus searah (DC) ataupun pengukuran listrik dengan arus bolak-balik (AC).

Untuk prinsip kerjanya, dalam teknik listrik, AVOmeter kerap digunakan untuk mengukur besaran dari tegangan listrik, hambatan listrik dan arus listrik.

Selain 3 hal tersebut, AVOmeter juga bisa digunakan untuk mengukur kualitas kerja dan nilai dari suatu induktor, dioda, kapasitor dan transistor.


Jenis-Jenis AVOmeter


1. Pengertian AVOmeter Analog

shopee.co.id

Merupakan jenis AVOmeter yang pengukuran pada alatnya menggunakan skala pengukuran dan jarum petunjuk.

AVOmeter analog bisa juga disebut sebagai alat ukur manual karena memerlukan kemampuan membaca jarum

Jenis analog ini bisa melakukan beragam pengukuran mulai dari arus listrik, tegangan listrik, hambatan listrik dan juga kapasitansi.

Kemampuan membaca skala dan ketelitan pengguna menentukan tingkat ketepatan hasil angka dari penggunaan AVOmeter analog.

Dari sergi harga, apabila dibandingkan dengan jenis digital, AVOmeter analog memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.

2. Pengertian AVOmeter Digital

√ Mengenal AVOmeter: Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja dan Fungsinya
id.wikipedia.org

Merupakan jenis AVOmeter yang hasil pengukurannnya dibaca dengan angka, berbeda dengan jenis analog.

Jenis digital ini memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi dalam melakukan pengukuran baik itu kuat arus, tegangan atau hambatan listrik.

Untuk hasil angka yang ditampilkan dari pengukuran menggunakan jenis digital ini dapat berupa beberapa angka desimal.

Selain perbedaan bentuk cara dan hasil pengukuran, untuk cara pemakaiannya, jenis digital tidak beda jauh dengan jenis analog, namun jenis digital bisa dikatakan lebih praktis.

Salah satu kekurangan dari AVOmeter digital mungkin bisa dikatakan dari segi harga yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis analog.


Prinsip Kerja dan Fungsi AVOmeter


Prinsip Kerja AVOmeter

√ Mengenal AVOmeter: Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja dan Fungsinya
shopee.co.id

AVOmeter dengan kumparan putar bisa bekerja dengan dasar prinsip kumparan putar magnet permanen.

Pada AVOmeter dengan kumparan putar, besaran dari listrik dibuah jadi gaya gerak jarum penunjuk pada alat dan perubahan tersebut dilakukan menggunakan sistem induksi elektromagnetik.

Prinsip kerja AVOmeter dengan kumparan putar ini bisa digunakan untuk mengukur mesaran listrik dengan arus yang searah.

Fungsi AVOmeter

shopee.co.id

1. Fungsi Ampere di AVOmeter

Ampere merupakan salah satu fungsi pada AVOmeter yang digunakan untuk dapat mengetahui besar arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian elektronik tertutup.

Sebeneranya jika dibandingkan dengan alat ukur ampere meter khusus, arus listrik yang diukur dengan AVOmeter relatif kecil.

2. Fungsi Volt di AVOmeter

Volt merupakan salah satu fungsi pada alat ukur ini yang digunakan untuk mengukur besar tegangan listri pada suatu rangkaian elektronika dengan satuan Volt (V).

Terdapat beberapa klasifikasi dari kemampuan tegangan maksimum, yakni ada 1000 Volt, 750 Volt, dan 500 Volt, baik VDS ataupun VAC.

3. Fungsi Ohm di AVOmeter

Ohm merupakan salah satu fungsi alat ukur ini yang digunakan untuk mengkur besar hambatan listrik.

Dengan menggunakan fungsi Ohm pada AVOmeter, bisa juga digunakan untuk mengetahui apakah pada suatu rangkaian ada komponen yang putus atau terhubung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.