Mengenal Arus Listrik: Pengertian, Jenis, Arah Arus dan Rumusnya

Pengertian Arus Listrik – Listrik sekarang ini merupakan salah satu kebutuhan utama manusia baik untuk penunjang mulai dari penerang seperti lampu, rice cooker, kulkas, kipas, ac, dan masih banyak yang lainnya.

Jika berbicara tentang listrik, tentu tidak akan terlepas dari pembahasan arus listrik, di mana sebuah listrik menghantarkan muatan dalam aliran arus listrik dari satu titik ke titik lainnya.

Namun sebenarnya apa sih arus listrik itu? Untuk kamu yang masih awam dalam mempelajari kelistrikan, tentu masih belum sepenuhnya mengetahui arus listrik.

Pada artikel kali ini akan belajar mengenal arus litrik, mulai dari pengertiannya, jenis-jenisnya, arah arus listrik, dan rumus menghitung arus listrik.


Pengertian Arus Listrik


√ Mengenal Arus Listrik: Pengertian, Jenis, Arah Arus dan Rumusnya
shutterstock.com

Arus listrik merupakan laju dari aliran bermuatan listrik yang mengalir dari satu titik ke titik lainnya dalam satuan waktu pada rangkaian listrik.

Sebenarnya, arus listrik juga bisa ada atau timbul jika ada beda potensial di kedua ujung penghantar karena memperoleh tenaga untuk mendorong elektrok pindah tempat.

Gerakan dari aliran elektron akan bergerak ke arah tempat dengan tekanan yang lebih lemah. Pembangkit listrik yang mengeluarkan tenaga mempengaruhi besar kecilnya arus listrik yang ada.

Untuk memanfaatkan energi listrik, dibutuhkan tenaga dorong listrik, tapi tenaga juga harus bisa mencukupi dan memiliki jumlah yang sesusai.

Dari penjelasan tersebut dan dengan kecepatan yang stabil, arus listrik dapat dialirkan dan diputuskan.


Jenis Arus Listrik


Terdapat dua arus listrik, yakni arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak-balik (AC), berikut merupakan penjelasannya:

1. Arus Listrik Searah (DC)

√ Mengenal Arus Listrik: Pengertian, Jenis, Arah Arus dan Rumusnya
news.tridinamika.com

Merupakan jenis arus listrik yang nilainya tidak berubah, yakni bisa positif saja tau bisa juga negatif saja.

Jenis arus ini kerap dikatakan sebagai arus yang memiliki nilai tetap terhadap satuan waktu. Jadi, apabila dilakukan peninjauan arus listrik di waktu yang berbeda, akan tetap mendapat nilai yang sama.

Arus listrik searah mendapatkan sumber tegangan dari elemen seperti elemen volta, baterai dan akumulator yang memberikan energi listrik denagan aliran yang rata.

2. Arus Listrik Bolak Balik (AC)

news.tridinamika.com

Merupakan jenis arus listrik yang mempunyai arah arus bolak-balik atau berubah-ubah. Jenis ini meiliki sifat yang berbeda dengan jenis arus listrik searah.

Arus listrik bolak-balik memiliki bentuk gelombang sinusoida yang memungkinkan untuk melakukan pengaliran energi dengan efisien.

Umumnya, arus listrik bolak-balik disalurkan dari sumber listrik ke rumah-rumah penduduk atau ke kantor-kantor.


Aliran Arus Listrik


Terdapat dua teori tentang aliran arus listrik, yakni aliran konvensional dan aliran elektron. Berikut merupakan penjelasannya:

1. Aliran Konvensional

nulis-ilmu.com

Merupakan jenis aliran yang menggunakan prinsip muatan, yakni pada suatu penghantar, dari potensial tinggi ke rendah, arus listrik kerap didefinisikan aliran muatan listrik positif.

Arah dari aliran arus ini berlawanan dengan prinsip dari aliran elektron yang ada dalam suatu penghantar.

2. Aliran Elektron

nulis-ilmu.com

Merupakan jenis aliran yang sangat berlawanan dengan jenis aliran konvensional, karena elektron dasarnya adalah partikel dengan muatan negatif yang bergerak bebas dan ditarik ke terminal positif.

Oleh karena itu, arah dari aliran listrik di suatu rangkaian itu dari katoda (kutub negatif), lalu balik lagi ke anoda (kutub positif). Singkatnya dari arah negatif (-) ke positif (+).


Rumus Kuat Arus Listrik


√ Mengenal Arus Listrik: Pengertian, Jenis, Arah Arus dan Rumusnya
shutterstock.com

Untuk menghitung kuat arus listrik, berikut merupakan rumus yang digunakan:

I = Q/t

Untuk menghitung muatan listrik, berikut merupakan rumus yang digunakan:

Q = I x t

Keterangan:

I : Kuat arus listrik (A)
Q : Jumlah muatan listrik (C)
t : waktu (s)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.