Mengeneal Arduino: Pengertian, Sejarah Singkat dan Kelebihannya

Pengertian Arduino – Untuk orang yang menyukai robotika, Arduino mungkin sudah tidak asing lagi karena kerap dijadikan sebagai perangkat mikrokontroler dan termasuk mudah untuk dipelajari.

Bisa juga dikatakan sudah banyak project elektronik dan robotic yang menggunakan Arduino sebagai basis microcontroller karena memiliki banyak kelebihan, kemudahan, dan fleksibilitas (software/hardware).

Namun bagi awam yang baru mulai terjun ke dunia ektronika, tentu masih bingung dan belum mengetahui dengan jelas apa itu Arduino.

Pada artikel ini akan membahas mulai dari pengertian apa itu Arduino, sejarah singkat, dan kelebihan-kelebihan.


Pengertian Arduino


√ Mengeneal Arduino: Pengertian, Sejarah Singkat, Kelebihan & Jenisnya
store.arduino.cc

Arduino adalah salah satu project Open Source Hardware yang bisa dikatakan paling populer dalam bentuk mikrokontroler single board (pengendali mikro papan tunggal) yang bersifat terbuka (open source).

Perangkat keras Arduino mempunyai prosesor Atmel AVR, perangkat lunaknya terdiri dari Serial Monitor, Serial ISP Programmer, Integrated Development Environment (IDE), Text Editor dan Compiler.

Sebagai perangkat keras open source, Arduino ditujukan untuk siapa saja yang ingin membuat sebuah purwarupa peralatan elektronik yang berdasarkan perangkat keras dan lunak fleksibel yang mudah digunakan.

Arduino sendiri memakai keluarga mikrokontroler ATMega sebagai basisnya, tapi ada juga yang membuat klon/Salinan Arduino menggunakan mikrokontroler lain dan masih kompatibel dengan Arduino.

Karena kemudahannya, fleksibilitasnya dan kelebihan-kelebihannya, Arduino banyak digunakan untuk merancang elektronik di berbagai bidang.


Sejarah Singkat Arduino


√ Mengeneal Arduino: Pengertian, Sejarah Singkat, Kelebihan & Jenisnya
smknkarangjaya.sch.id

Berdasarkan sejarah awal mulanya, Arduino dimulai dari thesis seorang bernama Hernando Barragan tahun 2005 di Institut Ivrea, Italia.

Awalnya perangkat ini dikembangkan Massimo Banzi dan David Cuartielles dengan nama Arduin of Ivrea.

Kemudian namanya diganti jadi Arduino, yang memiliki arti teman yang berani dalam bahasa Italia.

Arduino dibuat tujuan awalnya adalah untuk membuat sebuat perangkat yang murah dan mudah digunakan.

Awalnya ditujukan ke para siswa yang akan membuat suatu perangkat desain dan juga interaksi.

Karena bersifat open source, perkembangan Arduino bisa dikatakan sangat cepat dan banyak perangkat yang lahir atau dibuat sejenis dengan Arduino.

Sampai sekarang, sudah ada berbagai macam jenis Arduino, mulai dari jenis yang paling banyak digunakan dan mudah digunakan seperti Arduino uno, sampai Arduino yang memakai ARM Cortex.

Beberapa perusahaan besar pun juga menggunakan Arduino, misalnya Google yang membuat Accessory Development Kit dan NASA yang membuat prototypin.


Kelebihan Arduino


Terdapat beberapa kelebihan Arduino berikut merupakan diantaranya:

1. Harga yang relatif murah

√ Mengeneal Arduino: Pengertian, Sejarah Singkat, Kelebihan & Jenisnya
shutterstock.com

Apabila dibandingkan dengan jenis komponen mikrokontroler lain, Arduino memiliki harga yang terbilang relatif lebih murah dan terjangkau.

Dengan rentang harga Rp 200.000 – Rp 400.000 sudah mendapatkan Arduino yang cukup bagus.

Namun apabila ingin lebih murah lagi, bisa juga merancangnya sendiri terlebih semua komponen pembuatnya ada di website Arduino dan tersedia lengkap.

2. Open Source

√ Mengeneal Arduino: Pengertian, Sejarah Singkat, Kelebihan & Jenisnya
shutterstock.com

Software Arduino IDE sendiri bersifat open source di mana para progameer yang berpengalaman bisa mengembangkannya sendiri agar lebih baik lagi.

Karena keterbukaannya (oper source), singkatnya bisa dikatakan siapa saja bisa merancang dan membuat perangkat Arduino lalu menjualnya.

Arduino juga mempunyai situs resmi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat dan melakukan pengembangan dengan mudah.

3. Bahasa Program yang digunakan Sederhana

pixabay.com

Untuk bahasa pemrogramannya, Arduin sendiri menggunakan yang sederhana dan mudah dipahami, yakni bahasa C/C++.

Tidak hanya itu, di dalam Arduino sudah tersedian libraries yang sangat berguna untuk mempermudah penggunannya melakukan konfigurasi perangkat.

4. Sistem Operasi yang Fleksibel

pixabay.com

Perangkat lunak yang digunakan pada Arduino bisa dikatakan cukup fleksibel.

Hal ini karena dapat berfungsi dengan sistem operasi baik itu Windows atau Linux.

Hal ini memudahkan penggunanya untuk dapat dengan bebas memilih sistem operasi pada Arduino.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.