Sejarah Awal Mula Listrik: Siapa Sebenarnya Penemu Listrik?

Penemu Listrik – Listrik sekarang ini merupakan kebutuhan utama manusia sehari-hari untuk menopang aktivitas dan jalannya kehidupan.

Sebut saja penerang ruangan, menyalakan alat elektronik seperti rice cooker untuk memasak nasi, kulkas untuk mendinginkan makanan, mesin cuci untuk mencuci pakaian dan lain sebagainya.

Listrik berperan penting tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari saja, melainkan juga masyarakat luas di seluruh dunia.

Namun, bagaimana sih awal listrik ditemukan? Siapa penemu listrik? Jawabannya mungkin agak panjang karena pada perkembangannya, tiap ilmuan saling melengkapi dan berkontribusi.


Penemu Listrik


Banyak sekali proses yang terjadi sampai ditemukannya listrik dan bisa digunakan seperti sekarang ini. Berikut merupakan sejarah awal mula listrik dan pengembangannya:

Awal Mula Sejarah Listrik

id.wikipedia.org

Jika menelusuri sampai ke awal-awalnya, sejarah listrik bisa dikatakan diawali oleh seorang cendikiawan asal Yunani bernama Thales of Miletus (640 – 546 SM).

Pada saat itu Thales menggosokkan batu amber dengan bulu hewan lalu menghasilkan aliran energi dan benda ringan didekatnya mendekat dan menempel, namun Thales belum tahu kenapa bisa demikian.

Hasil dari eksperimen Thales ini yang sekarang kita sebut dengan listrik statis. Batu ambar yang digunakan dalam Bahasa Latin disebut Electrum, dalam Bahasa Yunani disebut Elektron.

Gilbert dan Browne

√ Sejarah Awal Mula Listrik: Siapa Sebenarnya Penemu Listrik?
common.wikimedia.org

Perkembangan dari eksperimen lain dilakukan fisikawan asal Inggris bernama William Gilbert. Gilbert sendiri bisa dikatakan merupakan ilmuwan pertama yang memakai kata electricus.

Gilbert memakai electricus untuk mendeskripsikan hasil percobaan gaya listrik, gaya listrik tarik dan kutub magnet pada laporannya berjudul “De magnete, Magneticisique” tahun 1600.

Selanjutnya fisikawan asal Inggris, Sir Thomas Browne, pertama kali menyebut electricity pada bukunya untuk mendeskripsikan porcobaan/eksperimen yang dilakukan Gilbert.

Guericke dan Charles Francois du Fay

simple.wikipedia.org

Tahun 1663, ilmuwan asal Jerman Otto von Guericke melakukan percobaan yang berperan terhadap sejarah listrik dengan bola sulur yang diputar menggunakan batang kayu.

Eksperimen yang dilakukan oleh Guericke ini dikenal sebagai cikal bakal atau awal dari generator listrik. Penelitian ini selanjutnya dilanjutkan oleh fisikawan asal Prancis, Charles Francois du Fay.

Penelitian yang dilanjutkan Charles mendefinisikan muatan negatir (-) atau resinous dan muatan positif (+) atau vitreous di muatan listrik.

Benjamin Franklin

en.wikipedia.org

Franklin melakukan percobaan/eksperimen menerbangkan laying-layang ketika cuaca sedang hujan petir dan dari penelitannya diketahui adanya hubungan antara listrik dan petir.

Selain itu ditemukan juga kalau listrik memiliki medan khusus dan muatan tertentu. Muatan tersebut yang kita ketahui sekarang ini adalah muatan proton (positif) dan neutron (negative).

Franklin juga menggunakan alat lain seperti kunci dan leyden jar yang dijadikan tempat penyimpanan aliran listrik ketika melakukan eksperimen.

Alessandro Volta

√ Sejarah Awal Mula Listrik: Siapa Sebenarnya Penemu Listrik?
id.wikipedia.org

Tahun 1800, ilmuwan asal Italia Alessandro Volta berpendapat kalau listrik itu seperti air, dan sangat bermanfaat karena memiliki tenaga.

Kemudian ia mulai mengembangkan dan membuat baterai sebagai sumber energi listrik. Tumpukan dibuat menggunakan lempengan tipis tembaga dan seng yang dipisah karton lembab.

Michael Faraday

√ Sejarah Awal Mula Listrik: Siapa Sebenarnya Penemu Listrik?
indiatoday.in

Menurut Faraday, apabila listrik dapat menghasilkan magnet, mengapa magnet tidak bisa menghasilkan listrik?

Tahun 1831 pertanyaan tersebut terjawab ketika Faraday akhirnya menemukan kalau listrik bisa dihasilkan dari magnet dan perak. Ia menemukan adanya magnet yang dipindahkan di gulungan tembaga.

Ada sebuah arus listrik kecil yang mengalir melalui kawat tersebut dan kemudian munculah penemuan yang sekarang ini disebut dengan generator listrik/dynamo pembangkit listrik.

Generator listrik/dynamo pembangkit listrik pada saat awal ditemukan baru bisa menghasilkan listrik kecil dengan arus DC.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.