Komponen Aktif dan Komponen Pasif: Pengertian dan Macamnya

Komponen Aktif dan Komponen Pasif – Dalam elektronika terdapat berbagai macam jenis komponen yang untuk mudahnya bisa dikategorikan menjadi komponen aktif dan komponen pasif.

Pengelompokkan komponen elektronika aktif dan pasif ini didasarkan pada karakteristiknya. Kedua memiliki fungsi dan perannya masing-masing dan saling menunjang satu sama lain.

Fungsi dari tiap komponen sendiri bermacam-macam, ada yang sebagai penguat, penghantar, penyaring, pengendali dan lain-lain.

Meskipun bentuk dan fungsinya berbeda, tapi setiap komponen elektronika memiliki nilai yang dan fungsi yang jika disatukan dapat membuat alat elektronik berfungsi dengan sebaik-baiknya.


Komponen Aktif


Komponen aktif merupakan jenis yang membutuhkan arus ekternal agar bisa beroperasi. Arus listrik yang bisa digunakan AC bolak-balik atau DC searah.

Singkatnya, komponen aktif ini hanya bisa aktif bekerja jika ada sumber arus listrik eksternal (dari luar).

Perangkat komponen aktif memiliki kemampuan mengontrol aliran elektron dan dapat membuat tegangan untuk mengendalikan arus dan mengambil kontrol.

Berikut merupakan 3 macam komponen aktif yang biasa digunakan dalam suatu rangkaian elektronika:

1. Komponen Aktif Dioda

belanja.liputan6.com

Dioda adalah salah satu komponen aktif yang kerap digunakan sebagai penyearah dari arus bolak balik menjadi arus searah.

Bisa juga dikatakan fungsi dioda adalah untuk menghantarkan arus litrik ke satu arah dan disisi lain menghambat arus listrik yang berasal dari arah sebaliknya.

2. Komponen Aktif Transistor

indonesian.alibaba.com

Transistor adalah salah satu komponen aktif yang memiliki fungsi sebagai penguat, pengendali, penyearah, mixer dan juga osilator.

Beberapa komponen yang termasuk dalam jenis transistor diantaranya adalah, transitor bipolar seperti NPN & PNP, dan transistor foto seperti TRIAC, MOSFET, JFET, dan UJT.

3. IC (Intregated Circuit)

√ Komponen Aktif dan Komponen Pasif: Pengertian dan Macamnya
en.wikipedia.org

Integrated Circuit (IC) merupakan komponen aktif lainnya dalam elektronika yang terdiri dari kombinasi mulai dari ratusan sampai jutaan transistor, resistor dan juga komponen lain yang saling terhubung dan menyatu.

Jika dilihat dari fungsinya, IC bisa dikategorikan lagi menjadi IC waktu (timer), IC logic gates gerbang logika), IC comparator (pembanding), AI Amplifier (penguat) dan IC Switching (pengendali).


Komponen Pasif


Komponen pasif merupakan jenis yang memiliki fungsi kebalikan dari komponen aktif dan tidak memerlukan tegangan listrik untuk proses pengoperasiannya.

Berbeda dengan komponen aktif, jenis pasif ini tidak memiliki sifat menyearahkan, menguatkan, dan mengubah bentuk dari suatu energi menjadi bentuk lainnya

Berikut merupakan beberapa jenis komponen pasif yang kerap digunakan dalam rangkaian elektronika:

1. Resistor

√ Komponen Aktif dan Komponen Pasif: Pengertian dan Macamnya
en.wikiipedia.org

Resistor merupakan salah satu komponen pasif yang memiliki peran untuk mengontrol dan juga menghambat arus listrik pada rangkaian elektronika.

Komponen yang termasuk dalam keluarga resistor diantaranya adalah resistor nilai tetap, resistor yang hambatannya bisa diatur, PTC& NTC (Thermistor) dan Light Dependent Resistor (LDR).

2. Kapasitor

√ Komponen Aktif dan Komponen Pasif: Pengertian dan Macamnya
commons.wikimedia.org

Kapasitor merupakan komponen pasif yang bisa menyimpan muatan listrik sementara waktu.

Komponen yang termasuk kapasitor diantaranya seperti kapasitor nilai tetap (kertas, tantalum, mika, elektrolit dan keramik), kapasitor dengan nillai yang bisa diatur kapasitasnya (VARCO & Trimmer).

3. Induktor

√ Komponen Aktif dan Komponen Pasif: Pengertian dan Macamnya
id.wikipedia.org

Induktor (coil) merupakan komponen pasif yang terusun dari lilitan kawat dengan bentuk kumparan. Umumnya kawat yang digunakan adalah kawat email.

Komponen induktor sendiri akan menimbulkan medan magnet ketika dialiri oleh arus listrik.

Komponen yang termasuk dalam jenis induktor diantaranya adalah ferrite core inductor, variable inductor, air core inductor, laminated core inductor, iron core inductor, toroidal core inductor, dan laminated core inductor

4. Transformator

√ Komponen Aktif dan Komponen Pasif: Pengertian dan Macamnya
en.wikipedia.org

Transformator merupakan komponen yang memiliki peran/fungsi dan digunakan untuk menaikan atau menurunkan suatu tegangan listrik.

Komponen ini dikatakan termasuk pasif karena dapat bekerja tanpa harus mendapatkan arus listrik terlebih dahulu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.