Panel Listrik | Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Panel Listrik – Dalam instalasi listrik ada sebuah alat dengan nama panel listrik yang terdiri dari berbagai macam komponen dan berperan membagikan, menyalurkan, dan mendistribusikan tenaga listrik.

Panel listrik sendiri memiliki peran penting dalam mengalirkan arus listrik dari sumber tenaga listrik sampai ke penggunaannya oleh konsumen.

Karena perannya yang terbilang penting ini, maka perawatan secara berkala juga perlu diperhatikan agar panel listrik dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Panel listrik sendiri ada beberapa jenisnya yang bisa dikategorikan dari bahan, penggunaan dan dari tipe panel listrik itu sendiri. Di mana tiap jenisnya memiliki bentuk, ukuran dan penggunaan yang berbeda.


Pengertian Panel Listrik


√ Panel Listrik | Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya
Image source: shutterstock.com

Panel listrik atau switchboard listrik adalah perangkat dalam instalasi listrik yang berperan sebagai penyuplai, pengaman, pembagi, penghubung dan pengontrol tenaga listrik dari sumber sampai ke pengguna listrik.

Perangkat panel listrik ini terdiri dari susunan komponen listrik yang tersusun pada sebuah papan kontrol agar dapat memudahkan penggunanya.

Panel listrik sendiri terbagi menjadi dua bagian yakni bagian utama dan distribusi. Namun terkadang kedua bagian ini diganti dengan bagian kombinasi yang bisa berperan layaknya kedua bagian tersebut.

Selain itu, kadang panel listrik juga memiliki bagian tambahan yang biasa digunakan untuk rumah dan tidak ditempatkan di bagian yang sama dengan perangkat yang lainnya.


Fungsi Panel Listrik


√ Panel Listrik | Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya
Image source: shutterstock.com

Panel listrik sebenarnya memiliki banyak fungsi yang tergantung pada masing-masing jenis dan penggunaannya.

Namun, pada dasarnya panel listrik berfungsi sebagai tempat dengan fungi sebagai penyuplai, pembagi, pengaman, pengontrol dan penghubung tenaga listrik dari sumber sampai ke penggunanya.

Singkatnya panel listrik bisa dikatakan berfungsi sebagai alat distribusi energi listrik dari pusat (sumber listrik) sampai ke konsumen (pengguna listrik).

Panel listrik juga bisa dibilang memiliki fungsi untuk menempatkan berbagai komponen listrik agar dapat beroperasi sesuai dengan prinsip dan cara kerja mesin listrik.

Selain itu, berbagai macam komponen yang ditempatkan pun tersusun dengan aman dan susunannya bisa mengamankan komponen listrik agar terlindung dari pengaruh disekitarnya.


Jenis Panel Listrik


Panel listrik memiliki beberapa jenis dan pada pembahasan kali ini akan didasarkan pada bahan, tipe, dan Jenisnya:

Berdasarkan Bahan

√ Panel Listrik | Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya
Image source: commons.wikimedia.org

Berikut merupakan jenis panel listrik berdasarkan bahannya:

Panel Box Besi

Merupakan panel yang bahannya terbuat dari baja atau besi dan cara pembuatannya dengan cara di press.

Panel Box Plastik

Merupakan panel yang umumnya bersifat kuat dengan tekstur yang keras dan tahan lama ketika cuaca atau suhu sedang dingin serta tidak mudah berkarat.

Berdasarkan Tipe

√ Panel Listrik | Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya
Image source: bukalapak.com

Berikut merupakan jenis panel listrik berdasarkan tipenya:

Panel Wall Mounting

Merupakan panel yang mempunyai 3 macam ukuran mulai dari 700 x 500 x 200mm, 800 x 600 x 200 mm dan 700 x 800 x 200 mm.

Panel jenis ini biasanya termasuk dalam panel mini dan biasa ditempatkan pada dinding rumah.

Panel Free Standing

Merupakan jenis panel listrik yang mempunyai kontruksi lumayan tinggi dengan ukuran berkisar 22—x 1600 x 600 mm dan banyak digunakan di pabrik.

Panel Switch Gear

Merupakan jenis panel listrik yang bisa mendistribusikan listrik ke berbagai macam panel yang kapasitasnya lebih kecil dengan menggunakan trafo.

Berdasarkan Jenis

√ Panel Listrik | Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya
Image source: panel-listrik.net

Berikut merupakan jenis panel listrik berdasarkan jenisnya:

Panel Listrik MVMDP

MVMDP (Medium Voltage Main Distributiun Panel) adalah jenis yang berfungsi memutus dan menyalurkan aliran listrik baik untuk rumah atau industri.

Panel Listrik LVMDP

LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) adalah jenis yang berfungsi memutuskan aliran listrik dan juga bertugas mengamankan feeder.

Biasanya pada panel jenis ini terdapat peralatan pengaman, alat ukur dan distribusi.

Panel Listrik LVSDP

LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel) adalah jenis yang berperan untuk mendistribusikan tenagalistrik ke beban listrik atau panel lokal seperti stop kontak, lampu, AC dan yang lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.