Cara Kerja Panel Surya dan Keuntungan Menggunakan Panel Surya

Cara kerja panel surya sebenarnya sangat simpel loh. Energi matahari merupakan sumber energi alternatif yang terbarukan dan berkelanjutan. Mengingat manusia masa kini menggunakan atau mengkonsumsi energi listrik cukup banyak, maka energi alternatif menjadi solusinya.

Salah satu energi alternatif tersebut adalah energi matahari. Matahari akan selalu ada dan tidak akan pernah habis, kecuali jika dunia kiamat. Berhubung energi utama yang biasa kita gunakan untuk pembangkit listrik berssumber dari BBM maupun batubara, tentu sangat menghawatirkan.

Seperti yang kita ketahui, BBM dan batu bara merupakan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu saat, jika cadangan BBM atau batu bara habis, tentu kita harus pindah ke sumber energi lainnya.

Energi alternatif yang paling murah dan melimpah ruah adalah energi matahari. Energi matahari selain bisa dimanfaatkan sebagai energi cahaya dan energi panas, juga bisa diubah menjadi energi listrik. Caranya dengan memakai panel surya. Lalu apa itu panel surya?


Cara Kerja Panel Surya


Panel surya merupakan alat yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Cahaya matahari yang mengandung partikel energi yang juga disebut foton akan disimpan dalam sebuah baterai untuk nantinya diubah menjadi energi listrik.

Selengkapnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara kerja panel surya.

Panel surya mengumpulkan energi terbarukan yang bersih dalam bentuk sinar matahari dan kemudian mengubah cahaya itu menjadi listrik. Dimana listrik tersebut dapat digunakan untuk menyediakan daya bagi beban listrik di rumahmu.

Susunan panel surya terdiri dari beberapa sel penangkap cahaya yang terdiri dari lapisan silicon, fosfor (penyedia muatan negatif), dan boron (penyedia muatan positif). Nantinya panel surya akan menyerap foton dan selanjutnya diubah menjadi arus listrik.

Energi matahari yang dihasilkan dari foton yang tertangkap permukaan panel surya akan mengeluarkan elektron dari orbit atomnya dan dilepaskan ke medan listrik yang dihasilkan oleh sel surya yang kemudian menarik elektron bebas ini menjadi arus searah.

Keseluruhan proses tersebut dikenal dengan efek fotovoltaik. Rata-rata rumah memiliki atap yang cukup luas untuk dipasang panel surya yang cukup untuk memasok seluruh kebutuhan daya listrik rumah tersebut.

Setiap listrik yang dihasilkan masuk ke jaringan listrik utama untuk penggunaan listrik di malam hari. Biasanya panel surya menghasilkan daya pada siang hari yang kemudian digunakan untuk memasok listrik di malam hari.

Singkatnya, cara kerja panel surya adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menampungnya ke dalam sebuah baterai. Oleh karena itu, sistem kelistrikan dapat berjalan meskipun di sore hari, malam hari, bahkan saat mendung.

Terdapat pula kabel dari panel surya dan baterainya yang terintegrasi dengan instalasi listri di dalam rumah. Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, secara otomatis tenaga listriknya diambil dari baterai yang sudah menampung ubahan energi listri dari cahaya matahari tadi.

Keuntungan Menggunakan Panel Surya

Menggunakan panel surya merupakan cara yang paling praktis untuk menghasilkan listrik bagi rumahmu. Sistem listrik tenaga surya jika dihitung-hitung jatuhnya lebih murah daripada memasang jaringan listrik pada umumnya.

Apabila dirawat dengan benar, panel surya dapat bertahan dan bisa memasok listrik selama lebih dari tiga dekade. Selain fakta itu, energi surya juga merupakan energi ramah lingkungan yang terbarukan. Munculnya global warming tentu menjadi perhatian serius bagi kita semua.

Alternatif untuk mengurangi dampak global warming salah satunya adalah dengan menggunakan energi ramah lingkungan yang terbarukan. Ini dapat menjaga bumi kita dan menjaga kelangsungan hidup generasi selanjutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.