Cara Kerja AC Inverter yang Bikin AC Terus Awet dan Hemat Listrik

Cara kerja AC inverter tentu berbeda dengan cara kerja AC noninverter. Teknologi inverter sekarang banyak digunakan pada penyejuk ruangan terutama bagi AC yang mengunggulkan klaim hemat energi. Sebelum lanjut ke bahasan cara kerja AC inverter, sebelumnya kita perlu tahu apa itu teknologi inverter.


Cara Kerja AC Inverter


Apa itu inverter? Inverter merupakan sebuah teknologi hemat energi yang menghilangkan operasi sia-sia pada AC dengan cara mengontrol kecepatan motor secara efisien. Jika kalian berpikir untuk membeli AC berteknologi terbaru dan paling efisien, maka pilihlah AC yang berteknologi inverter.

Teknologi Inverter didesain sedemikian rupa sehingga dapat menghemat 30 – 50% listrik dari AC biasa. Pada umumnya, AC mempertahankan suhu yang disetel dengan mendinginkan saat suhu ruangan naik diatas suhu yang disetel dan memanaskannya di saat suhu ruangan turun di bawah suhu yang disetel.

Perbandingan AC Inverter dan Noninverter

Kecepatan motor pada AC tipe non-inverter tetap konstan dan temperatur juga disesuaikan dengan menghidupkan dan mematikan motor. Hal itu membuat penyejuk ruangan mengkonsumsi lebih banyak energi.

Berbeda dengan AC tipe inverter, dimana temperatur diatur dengan mengubah kecepatan motor tanpa menyalakan dan mematikan motor. Dibandingkan dengan AC jenis non-inverter, jelas AC inveverter mengambil daya yang lebih kecil sehingga dapat menghemat energi.

Jika diibaratkan sebagai pelari, maka AC non-inventer memulai berlari dengan kencang, berhenti, kemudian beristirahat sebentar, lalu kembali berlari dengan kencang dan berhenti lagi. dimana itu justru membuat naps ngos-ngosan dan membuang banyak energi.

Sementara tipe inverter seperti pelari yang berlari dengan alur yang sama atau dengan kata lain langkahnya tepat dan terperlihara. Sehingga si pelari tetap bisa terus berlari tanpa ngos-ngosan dan kehilangan tenaga.

Cara Kerja AC Inverter

cara kerja ac inverter
image source: daikinindia.com

Teknologi inverter bekerja seperti akselerator di dalam mobil. Saat kompresor membutuhkan lebih banyak daya, dia akan memberi daya yang cukup. Ketika membutuhkan sedikit daya, dia juga akan memberikan daya yang lebih sedikit.

Berkat terknologi ini kompresor selalu hidup, tetapi baanyak atau sedikitnya daya tergantung pada suhu udara yang masuk dan tingkat yang di setel di termostat (remot AC). Kecepatan dan tenaga kompresor diatur dengan tepat pada AC inverter.

Teknologi yang dikembangkan di Jepang ini berhasil digunakan pada AC dan juga kulkas. Saat ini, teknologi inverter hanya tersedia pada AC tipe split.

Bagaimana Kecepatan Motor Penggerak pada Tipe Inverter?

1. Motor beroperasi dengan magnet dan aarus listrik dan motor terdiri dari dua jenis magnet. Salah satunya adalah magnet permanen yang memiliki gaya magnet alami. Sedangkan yang lainnya adalah elektromagnet.

2. Arah arus listrik menentukan polaritas elektromagnet. Kutub utara dan selatan dari elektromagnet ditentukan oleh arus listrik. Ketika arah arus listrik dibalik, maka kutub-kutubnya juga terbaalik.

3. Motor berputar dengan mengalihkan arah arus listrik. Ketika magnet bersentuhan, gaya tarik menarik terjadi antara kutub utara dan selatan magnet. Gaya tolak juga terjadi antara kutub-kutub yang sama. Motor berputar dari gaya tersebut yang disebabkan perubahan polaritas.

4. Inverter digunakan untuk mengatur kecepatan di mana arus listrik dialihkan. Ini mengatur kecepatan putaran motor. Tak hanya itu, inverter juga memutar motor dengan mengalihkan arah arus listrik elektromagnet.

Keuntungan Teknologi Inverter

Setiap AC dirancang untuk beban puncak maksimum. Jadi, AC 1,5 ton dirancang untuk ukuran ruangan tertentu, begitu juga untuk AC 1 ton dirancang untuk ukuran yang berbeda. Sayangnya tidak semua kamar memiliki ukuran yang sama.

Air Conditioner (AC) biasa dengan kapasitas 1,5 ton akan selalu bekerja pada daya tertinggi saat kompresor bekerja. Air conditioner dengan teknologi inverter akan bekerja terus menerus meski kompresor tidak bekerja, tapi hanya akan menarik daya sebesar yang dibutuhkan.

Jadi, secara otomatis menyesuaikan kapasitasnya berdasarkan kebutuhan ruangan yang diinginkan. Sehingga kinerja seperti itu tentu akan menarik lebih sedikit daya dan mengkonsumsi sedikit listrik.

Meskipun AC dengan teknologi inverter menyesuaikan kapasitasnya berdasarkan kebutuhan ruangan, tapi sangat penting untuk memasang AC dengan ukuran yang tepat. Pastikan untuk mengevaluasi kapasitas ruangan dan melihat review AC sebelum membeli.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.