3 Alat Ukur Waktu yang Sering Dipakai Di Kehidupan Sehari-hari

Alat ukur waktu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Mulai dari jam, stopwatch, hingga kalender sudah sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu karena waktu sangatlah berharga. Waktu sering diibaratkan sebagai uang.

Apalagi waktu yang sudah berjalan tidak bisa dihentikan atau diputar kembali. Untuk itu kita harus mengatur waktu sebaik mungkin agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Jangan sampai juga kita menyia-nyiakan waktu yang ada.

Masih berkaitan dengan waktu, lama atau sebentarnya suatu hal dikerjakan dapat diukur dengan alat ukur waktu. Segala aktivitas manusia berlangsung secara sebentar maupun lama. Ada yang berkelanjutan dan adapula yang tidak.

Aktivitas yang dilakukan dengan sebentar contohnya, seperti mencuci tangan, memakai sendal, berkedip, dan lain sebagainya. Sementara aktivitas yang berlangsung dalam waktu lama, misalnya tidur, belajar di sekolar, hingga bekerja di kantor.


Alat Ukur Waktu


Untuk mengetahui berapa lama aaktivitas-aktivitas tersebut kita lakukan tentunya butuh alat ukur waktu. Adapun alat pengukur waktu yang biasa kita gunakan, diantaranya ada jam, stopwatch, dan kalender.

Masing-masing alat tersebut memiliki kegunaan masing-masing. Contohnya, alat ukur lama waktu bersekolah adalah jam. Baik itu jam dinding, jam meja, arloji, hingga jam pada ponsel. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai beberapa alat ukur waktu.

Jam

alat ukur waktu
image source: suara.com

Ketika kita melakukan suatu aktivitas, pastinya kita harus memperhatikan waktu. Waktu yang dibutuhkan atau yang dipakai untuk melakukan kegiatan dapat dihitung menggunakan alat ukur waktu. Salah satu alat itu adalah jam.

Jenis jam bermacam macam. Mulai dari yang konvensional hingga yang digital. Bentuknya pun beragam, ada jam dinding, jam meja, hingga jam tangan. Semuanya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai pengingat waktu.

Pada jam biasanya terdapat informasi jam dan menit. Jam digital bahkan juga menyajikan informasi detik dan kelengkapan lainnya, seperti stopwatch dan kalender. Kalian tinggal memilih jam sesuai kebutuhan. Mau yang konvensional atau yang digital.

Berhubung kedua fungsinya sama, jenis jam apa saja bisa kalian pilih sesuai minat dan kebutuhan. Jam digital mungkin lebih diminati oleh masyarakat masa kini yang serba digital.

Stopwatch

alat ukur waktu
image source: id.aliexpress.com

Apa kalian pernah melihat atau bahkan memakai stopwatch? Mode Stopwatch juga biasanya tersedia pada jam tangan digital. Alat ini digunakan untuk mengukur waktu secara lebih telliti dan terperinci daripada jam.

Stopwatch mengukur waktu hingga ke menit dan detik. Benda ini banyak digunakan untuk mengukur aktivitass yang cepat, seperti kompetisi. Entah itu kompetisi renang, lari, dan lainnya.

Pada saat kompetisi, stopwatch diperlukan untuk mengukur waktu. Ketika para peserta mulai berlomba, stopwatch mulai diaktifkan dan saat mereka sampai garis finish stopwatch dihentikan. Gunanya untuk mengetahui catatan waktu para peserta lomba.

Peserta umumnya akan berlomba-lomba menjadi yang tercepat. Ketika sampaai digaris finish catatan waktu mereka ditampilkan. Peserta dengan catatan waktu paling cepat adalah yang keluar sebagai juaranya.

Kalender

image source: gerai.kompas.id

Kalender merupakan salah satu alat ukur waktu. Pengukuran waktu pada kalender tentu berbeda dengan jam dan stopwatch. Hal itu dikarenakan kalender digunakan untuk mengukur waktu yang lebih lama, misalnya hari, minggu, bahkan bulan.

Di setiap kalender, biasanya akan terdapat tanggal, nama hari, nama bulan, dan tahun. Kalian bisa mengetahui hari apa tanggal segini di bulan ini. Bisa juga mengukur berapa minggu lagi setelah hari ini, dan masih banyak lagi.

Berkat adanya kalender kita juga dapat menghitung mundur lamanya berpuasa, hamil, hingga masa liburan. Misalnya saja kita berpuasa 30 hari, jika saat ini sudah hari ke tujuh maka kita tinggal menghitung mundur 23 hari lagi untuk bisa berlebaran.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.