Alat Ukur Tinggi Badan dan Cara Mengukur Tinggi Badan Sendiri

Alat ukur tinggi badan disebut juga dengan Stadiometer. Biasanya kalian akan menemukan alat ini di UKS, Puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya. Menggunakan stadiometer meru[akan cara termudah untuk mengukur tinggi badan secara akurat.


Alat Ukur Tinggi Badan


Stadiometer merupakan alat ukur tinggi badan berupa penggaris panjang (meteran) yang dipasang di dinding. Alatnya memiliki kepala stainless steel horisontal yang bisa bergeser secara vertikal. Dibuat bergeser agar dapat disesuaikan untuk diletakkan diatas kepala.

Stadiometer Digital dan Manfaatnya

alat ukur tinggi badan
image source: indonesian.alibaba.com

Jika stadiometer yang biasa memungkinkan profesional medis untuk mengukur tinggi, maka berbeda dengan stadiometer digital. Tentu alat ini menggunakan pendekatan yang lebih berteknologi tinggi untuk mengukur tinggi badan.

Peralatan ini melakukan pengukuran yang tepat dan akurat, baik menggunakan kepala geser otomatis atau triangulasi sonar dan melaporkannya dalam format digital. Itulah mengapa alat ini bisa dikatakan sangat bermanfaat.

Stadiometer adalah peralatan penting di semua tempat praktik kesehatan, rumah sakit, klinik, dan fasilitas penelitian. Itu dikarenakan tinggi badan memainkan peran penting dalam memahami kesehatan pasien.

Meskipun stadiometer analog dan digital sama-sama melakukan pengukuran tinggi badan, beberapa fasilitas kesehatan lebih memilih momdel digital. Itu karena pengaruhnya terhadap akurasi dan alur kerja.

Mungkin kelebihan dari stadiometer digital adalah keakuratannya yang tinggi. Digital stadiometer dan yang analog sama-sama melakukan pengukuran yang akurat, tapi versi digital melakukan pengukuran yang tepat tanpa pembulatan atau perkiraan.

Hal tersebut membantu mengurangi kemungkinan kesalahan manusia. Selain dari segi akurasi, beberapa profesional medis lebih memilih memakai stadiometer digital untuk praktik karena pengaruhnya terhadap alur kerja.

Beberapa stadiometer digital meakukan atau melaporkan pengukuran secara otomatis dengan interaksi minimal dari dokter. Pengaturan ini mempersingkat proses pemasukan dan memungkinkan staf bekerja lebih efisien.

Alat Ukur Tinggi Badan Manual

Bagaimana jika ingin mengukur tinggi badan sendiri di rumah? Apa ada cara untuk melakukannya dengan mudah dan akurat? Dan bisakah kita mengukur tinggi badan sendiri tanpa bantuan orang lain? mungkin beberapa pertanyaan itu sesekali terlintas di kepalamu.

Pada artikel ini, kita akan membahas juga bagaimana cara mengukur tinggi badan sendiri dengan dan tanpa bantuan apapun dan siapapun. Simak tips berikut ini:

Jika suatu saat kalian berada sendirian di rumah dan sedang mengisi biodata yang harus menyertakan tinggi badan padahal kalian tidak tahu tinggi kalian berapa. Cukup gunakan cara dibawah ini untuk mengetahuinya.

1. Pertama-tama, berdirilah diatas lantai datar yang tidak dilapisi oleh karpet atau apapun.

2. Lepaskan alas kaku, dan aksesoris di kepala jika kalian memakainya.

3. Lepaskan juga pakaian tebal yang mungkin mengganggumu untuk merapaat ke dinding.

4. Berdirilah dnegan kaki rata di lantai dengan tumit menempel pada sudut pertemuan dinding dan lantai. Pastikan kepala, bahu, dan bokong menyentuh dinding.

5. Berdiri tegak dengan menatap lurus ke depan. Garis pandang dan dagu harus sejajar dengan lantai.

6. Gunakan kotak bekas susu, sereal, atau sejenisnya untuk mengukur tinggi kepala kalian ke dinding. Penggaris atau buku mungkin agak lebih sulit untuk tetap lurus dan datar di atas kepala dibanding kotak. Apalagi jika mengukur sendiri.

7. Apabila memungkinkan, berdirilah menghadap cermin untuk memastikan kotak sereal sejajar dengan lantai dan menempel dinding.

8. Satu tanganmu memegang kotak dan tangan lainnya menandai dinding tepat di bawah kotak yang bertemu dengan kepala kalian. Pastikan untuk tidak goyang.

9. Bila kalian bisa memegang kotak dengan mantap, keluarlah dari bawah kotak kemudian baru tandai dindingnya.

10. Gunakan meteran untuk mengukur jarak dari lantai ke tempat anda menandai dinding.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.