10 Macam Alat Ukur Suhu dan Kegunaannya Masing-Masing

Alat ukur suhu adalah termometer. Termometer yang digunakan untuk mengukur suhu berbeda-beda tergantung benda atau media apa yang ingin diukur suhunya. Sebelum kita membahas beberapa alat ukur suhu (termometer), sudahkah kalian tahu apa itu suhu?


Alat Ukur Suhu


Suhu adalah derajaat panas atau dinginnya suatu benda. Bisa juga diartikan sebagai kondisi panas atau dinginnya udara. Biasanya pengukuran suhu dinyatakan dalam skala Celcius (C), Reamur (R), Kelvin (K), dan Farenheit (F).

Skala atau satuan standar yang umum digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (C). Alat ukur suhu, yakni termometer ada banyak macamnya.

Mulai dari termometerlaboratorium, termometer klinis, termometer maksimum-minimum, termometer dinding atau ruangan, termometer gas, termometer platina, termometer termistor, termometer termokopel, dan termometer bimetal. Adapula alat ukur suhu yang bernama pirometer.

Termometer Laboratorium

alat ukur suhu
image source: tokopedia.com

Berisi cairan raksa atau alkohol. Biasanya digunakan untuk menguji suhu cairan di laboratorium. Apabila cairan bertambah panas, maka raksa atau alkohol pada termometer akan memuai sehingga skalanya naik atau bertambah.

Supaya termometer ini lebih sensitif terhadap suhu, maka ukuran pipa termometer harus dibuat kecil (pipa kapiler). Selain itu, agar termometer peka terhadap perubahan suku, maka dinding termometer (reservoir) dibuat setipis mungkin atau kalau memungkinkan dibuat dari bahan konduktor (penghantar panas).

Alat Ukur Suhu Badan

alat ukur suhu
image source: alodokter.com

Untuk mengukur suhu badan kita membutuhkan alat ukur berupa termometer suhu badan. Jenis termometer ini ada yang konvensional dan adapula yang digital. Kegunaannya khusus untuk memeriksa suhu tubuh agar bisa mendiagnosis penyakit.

Jenis yang konvensional berisi cairan air raksa atau alkohol. Bentuknya memiliki lekukan sempit diatas wadahnya yang berfungsi untuk menjaga agar suhu yang ditujukan setelah pengukuran tidak berubah saat dilepas dari badan.

Skala pada termometer suhu badan antara 35˚C sampai 42˚C. sementara untuk model digital prinsip kerjanya juga sama dengan yang konvensional, yakni pemuaian. Hanya saja pada vergi digital menggunakan logam sebagai sensor.

Logam tersebut akan memuai jika suhu badan naik. Dimana pemuaiannya diterjemahkan oleh rangkaian elektronik dan ditampilkan dalam bentuk angka yang dapat langsung dibaca.

Alat Ukur Suhu Ruangan

alat ukur suhu
image source: shopee.co.id

Biasa disebut termometer dinding atau termometer ruang. Fungsinya untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan. Pada dasarnya, termometer ini sama dengan termometer lainnya. Hanya saja skalanya yang berbeda, yakni antara -50˚C sampai 50˚C.

Alat Ukur Suhu Udara (Six Bellani)

alat ukur suhu
image: apitotal.ro

Disebut juga dengan termometer maksimum minimum atau six bellani. Pada alat ukur udara ini terdapat juga cairan alkohol maupun minyak creosote dan air raksa. Berfungsi untuk mengukur suhu maksimum dan minimum udara yang berkaitan dengan cuaca.

Termometer Gas

image: 99.co

Prinsip termometer gas, yaitu gas memuai lebih besar daripada cairan. Biasanya termometer ini digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi dan jangkauan suhunya lebar (-250˚C sampai 1500˚C).

Termometer Platina

Kelebihan dari termometer ini adalah jangkauannya lebar, peka, dan teliti. Sedangkan kekurangannya adalah suhu tidak dapat dibaca secara langsung.

Termometer Termistor

image: tokopedia.com

Kelebihan termometer ini adalah dapat dihubungkan dengan komponen lain, seperti komputer. Sementara kekurangannya adalah jangkauannya terhadap suhu terbatas.

Termometer Termokopel

image: tokopedia.com

Prinsip termometer ini adalah suhu yang berbeda akan menghasilkan arus listrik yang berbeda.

Termometer Bimetal

image source: tokopedia.com

Bahan Bimetal adalah alat pokok yang digunakan dalam termometer ini. Saat terkena panas, maka bimetal akan lebih kecil bengkok ke arah koefisiennya. Pemuaian itu kemudian dihubungkan dengan jarum yang menunjukkan angka tertentu. Dimana itu dibaca sebagai suhu benda.

Pirometer

alat ukur suhu
image: indo-industry.com

Pirometer merupakan sejenis termometer yang digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi. Biasanya suhu yang diukur diatas 1000˚C, contohnya saja suhu tungku peleburan baja hingga permukaan matahari. Pirometer akan mengukur radiasi yang dipancarkan oleh benda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.