Alat Ukur pH Air untuk Mengukur Asam Basanya Suatu Cairan

Alat Ukur PH Air – pH meter merupakan sebuah alat untuk mengukur pH dengan ketelitian yang tinggi. Ini merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur pH suatu cairan. Derajat keasaman atau kebasaan cairan akan terlihat dengan alat ini.


pH meter, Alat Ukur PH Air


image source: hogentogle.com

Sebuah pH meter terdiri dari sebuah elektrode atau probe pengukur yang terhubung ke sebuah alat elektronik. Dimana alat elektronik tersebut akan mengukur dan menampilkan nilai pH. Keberadaan alat ini sangat berguna bagi industri air minum, laboratorium, akuarium, dan industri pakaian.

Variasi bidang industri yang menggunakan pH meter dalam proses produksinya sangat luas. Mulai dari industri air minum dalam kemasan, tekstil, cat, bahan-bahan kimia, farmasi, hingga pengolahan air limbah.

Selain itu pHmeter jugaa digunakan untuk menguji kualitas air. Mulai dari air minum, air bersih, air lingkungan, air limbah, hingga air hidroponik. Kegunaan pH meter untuk hidroponik adalah untuk mengukur pH larutan hidroponik.

Hal tersebut karena masing-masing nutrisi memiliki nutrient availability atau kemampuan nutrisi yang tersedia dalam bentuk cairan. Hal itu bergantung pada nilai pH larutan atau cairan. Diantara pH meter untuk hidroponik adalah pH meter Hanna HI98107².

Kalibrasi pH Meter

Sebelum menggunakan alat ukur pH air terlebih dulu harus memahami cara kalibrasi pH meter. Apakah itu penting? Ya, karena jika pHmeter tidak dikalibrasi sebelum melakukan pengukuran, maka akan ada kemungkinan pengukuran menjadi tidak tepat dan akurat.

Berikut ini cara kalibrasi pH meter dan langkah-langkahnya:

1. Persiapan

Sebelum melakukan kalibrasi terhadap pH meter ada baiknya melakukan beberapa persiapan seperti di bawah ini:
Pertama-tama hidupkan pH meter. Setiap pH meter mungkin memiliki tombol yang berbeda untuk menghidupkan. Jadi, baca dulu buku manualnya sebelum mulai memakai alat ukur pH air ini.

Kedua, bersihkan probe atau elektrode. Jangan pernah membersihkan elektrode pH meter dengan air keran. Pakailah air distilasi untuk membersihkannya.

Siapkan buffe pH. Biasanya, jika membeli pH meter harga pH meter sudah termasuk kit yang salah satu diantaranya adalah buffer pH standar, misalnya pH 4.01, 7.01, dan 10.01.

2. Kalibrasi

Setelah kalian melakukan persiapan-persiapan diatas, rahap selanjutnya adalah melakukan kalibrasi pH meter. Berikut adalah tahapan secara umum untuk kalibrasi pH meter:

Pertama, letakkan elektrode pada buffer dengan nilai pH 7.01 lalu mulai pengukuran. Biarkan pembacaan pH stabil dengan mendiamkannya antara 1 sampai 2 menit.

Selanjutnya, tetapkan nilai pH sesuai buffer pH setelah mendapatkan pembacaan yang stabil. Bersihkan elektrode pH meter dnegan air distilasi.

Jika ingin kalibrasi lebih dari satu titik (beberapa pH meter mampu sampai 5 titik) lakukan kembali kalibrasi pada buffer dengan nilai pH lain. misalnya saja 4,01 dan biarkan pembacaan pH stabil.

Tetapkan nilai pH sesuai buffer pH setelah mendapatkan pembacaan yang stabil. Kemudian kembali bersihkan elektrode pH meter.

3. Menggunakan pH meter

Semakin banyak titik kalibrasi pH yang anda lakukan (tergantung pada batasan alat). Maka pengukuran nilai pH akan semakin tepat dan akurat. Jangan lupa untuk selalu membersihkan elektroda dengan air destilasi.


Alat Ukur pH Air Berupa Kertas Lakmus


image source: shopee.co.id

Selain pH meter alat ukur pH air lainnya adalah kertas lakmus. Cara memakai kertas lakmus pun cukup mudah. Cukup dnegan mencelupkan kertas lakmus pada larutan atau cairan yang akan di uji.

1. Kertas Lakmus Merah

Jika dicelupkan ke dalam sample larutan asam, maka kertasnya tidak akan berubah warna atau tetap. Namun, saat dicelupkan ke larutan basa, maka seketika kertas akan berubah menjadi warna biru.

2. Kertas Lakmus Biru

Hal sebaliknya terjadi pada lakmus biru, bila ddicelupkan ke larutan basa maka tidak akan ada perubahan warna. Namu, jika dicelupkan dalam larutan asam, maka kertasnya akan berubah menjadi merah.

3. Kertas Lakmus Netral

Warna awal kertas lakmus ini adalah putih, saat larutan atau cairan yang diuji asam warnanya akan berubah menjadi merah. Sedangkan saat dicelup ke larutan atau cairan basa, kertas lakmus akan berubah menjadi warna biru.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.