5 Macam Alat Ukur Panjang dan Kegunaannya Masing-Masing

Alat ukur panjang merupakan alat-alat yang digunakan untuk mengukur satuan panjang. Terdapat berbagai macam alat ukur panjang. Mulai dari penggaris, meteran, alat ukur tinggi badan, mikrometer sekrup, hingga jangka sorong.

Setiap benda diukur panjangnya dengan satuan yang berbeda beda. Ada yang diukur per milimeter, centimeter, meter, hingga kilometer atau mil. Satuan milimeter merupakan satuan terkecil untuk mengukur panjang.

Satuan milimeter umum digunakan untuk mengukur ketebalan kertas dan benda-benda kecil lainnya. Biasanya untuk mengukur benda-benda tipis kita membutuhkan alat berupa mikrometer sekrup maupun jangka sorong.


Alat Ukur Panjang


Alat ukur panjang yang paling banyak digunakan secara umum mungkin adalah penggaris. Sejak duduk di bangku sekolah kita sudah diajarkan untuk membaca dan menggunakan penggaris. Penggaris umumnya menyajikan satuan milimeter, centimeter, dan inci.

Kita akan membahas mengenai beberapa alat ukuur panjang. Mulai dari penggaris, meteraan, alat ukur tinggi badan, mikrometer sekrup, hingga jangka sorong.

Penggaris, Alat Ukur Panjang

alat ukur panjang
image source: bukalapak.com

Pasti sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan penggaris. Ya, alat ukur panjang yang satu ini memiliki bentuk pipih panjang dengan skala tetap.umumnya digunakan untuk mengukur panjang benda yang berukuran 1 meter atau kurang dari itu.

Hal itu dikarenakan penggaris pada umumnya memiliki panjang maksimum 100 cm atau 1 meter saja. Bahkan penggaris berukuran satu meter kebanyakan hanya digunakan umtuk papan tulis. Sementara yang konvensional berukuran 50 cm saja.

Meteran, Alat Ukur Panjang

alat ukur panjang
image source: tokopedia.com

Meteran merupakan alat ukur panjang yang memiliki skala tetap dan lebih panjang daripada penggaris. Biasanya meteran memang digunakan untuk mengukur benda-benda yang tidak bisa diukur hanya menggunaakan penggaris saja.

Para tukang bangunan sering menggunakan meteran untuk mengukur rumah. Begitu juga dengan tukang mebel atau tukang kayu dan tukang kain. Bedanya tukang kain memakai meteran yang tidak terlalu panjang. Mungkin ukurannya hanya sepanjang 1,5 meter – 2 meter.

Bentuk meteran juga berbeda beda, ada yang berbentuk gulungan pita dan adapula yang berbentuk gulungan lempengan besi. Dimana meteran berbentuk pita biasa dipakai oleh tukang kain dan penjahit. Sedangkan gulungan meteran lempeng besi digunakan oleh tukang bangunan.

Alat Ukur Tinggi Badan

Jika kalian berpikir untuk mengukur tinggi badan bisa menggunakan meteran itu tidak salah. Namun, sebenarnya ada alat tersendiri yang mirip meteran dan dikhususkan untuk mengukur tinggi badan. Bahkan kini terdapat juga alat pengukur tinggi badan digital.

Pada umumnya kita akan menjumpai alat pengukur tinggi badan pada UKS, puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya. Apa sudah ada yang pernah mencoba alat ini?

Mikrometer Sekrup

image source: kompas.com

Mungkin alat ukur panjang yang satu ini paling jarang digunakan oleh orang umum. Mikrometer sekrup memang banyak digunakan oleh orang elektronika dan tukang servis barang elektronik. Di dalam alat-alat elektronika terdapat berbagai komponen yang berukuran kecil.

Komponen-komponen tersebut sangat kecil sehingga sulit diukur hanya menggunakan penggaris saja. Panjang atau ketebalan dari komponen elektronik dapat diukur secara presisi menggunakan mikrometer sekrup.

Biasa digunakan oleh para teknisi terutama teknisi di pabrik-pabrik alat elektronik. Para teknisi menggunakan alat ini untuk mengukur ketebalan kawat, lapisan seng, dan komponen-komponen elektronik lainnya. Ketelitian alat ini bisa mencapai 0,01 milimeter.

Jangka Sorong

image source: studiobelajar.com

Penamaan jangka sorong ada hubungannya ddengan cara penggunaan alat ukur yang satu ini. Ya, cara memakai alat ini memang disorong-sorong atau digeser. Lazimnya terdapat kuncian pada bagian yang digeser-geser.

Gunanya agar saat mengukur benda alat tidak berbeser atau berubah ukuran. Ketebalan benda yang melengkung hingga bulat bisa diukur menggunakan alat ini. Contohnya saja, diameter kelereng, bola ping pong, hingga ketebalan gelas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.