Alat Ukur Mekanik | Hakikat Pengukuran dan Cara Memelihara Alat Ukur

Alat ukur mekanik presisi yang dapat dipilih dan digunakan dalam mengukur benda kerja, diantaranya ada dial gauge, lever dial test indicator, micro indicator, micron indicator, dial thickness gauge, dial calliper, dial callipers dengan batang geser, block magnet dial, pengukur lubang, mikrometer luar.

Ada juga gear tooth mikrometer, srew thread mikrometer, small inside mikrometer, depth mikrometer, inside mikrometer, limit pluge gauge, dan sebagainya. Alat-alat tersebut mungkin sudah tidak asing llagi bagi siswa SMK permesinan atau para mekanika dan teknisi.


Alat Ukur Mekanik


Dalam kehidupan sehari-hari dengan disadari atau tidak sebenarnya kita tidak pernah luput dari kegiatan pengukuran. Entah menggunakan alat secara langsung maupun tidak. Hampir setiap aktivitas yang kita lakukan terjadi pengukuran di dalamnya.

Contohnya saja saat kita berbelanja, saat membeli beras, buah, gula, dan bahan masakan lain pasti akan diukur dengan timbangan. Contoh lainnya adalah ketika kita mengukur tinggi badan, berat badan, maupun suhu badan. Semuanya merupakan kegiatan pengukuran.

Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengukuran merupakan bagian dari kehidupan manusia. Melalui hasil pengukuran kita dapat membedakan antara satu dengan yang lainnya. Bahkan di alam akhirat pun manusia tidak terlepas dari pengukuran (timbangan amal kebaikan).

Agar pengukuran memberikan hasil yang terbaik, maka haruslah kita menggunakan alat ukur yang memenuhi syarat. Suatu alat ukur dikatakan baik bila memenuhi dua syarat, yakni valid (benar) dan reliable (terpercaya).

Disamping kedua syarat tersebut, ketelitian atau akurasi alat ukur juga harus diperhatikan. Semakin teliti dan presisi suatu alat ukur yang digunakan, maka semakin baik kualitas alat ukur tersebut.

Hakikat Pengukuran

Pada hakikatnya, mengukur merupakan sebuah proses membandingkan ukuran atau dimensi yang tidak diketahui terhadap standar ukuran tertentu. Pengukuran panjang dilakukan dengan menggunakanpenggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

Pengukuran berat dilakukan menggunaakan timbangan dan neraca dengan berbagai ketelitian. Sementara untuk mengukur kuat arus listrik menggunakan ampermeter, mengukur waktu dengan jam dan stopwatch, mengukur suhu dengan termometer, dan sebagainya.

Bagi para mekanika, alat ukur mekanik yang baik merupakan kunci dari proses produksi massal. Tanpa adanya alat ukur, elemen mesin tidak dapat dibuat dengan akurat untuk menjadi mampu tukar (interchangeable).

Pada waktu merakit, komponen yang dirakit juga harus sesuai satu sama lainnya. Di saat itulah alat ukur menjadi bagian penting dalam proses permesinan dari awal pembuatan hingga kontrol kualitas di tahap akhir produksi.

Alat ukur mekanik biasanya lebih presisi daripada alat ukur yang banyak kita gunakan sehari hari, seperti penggaris. Selain itu tingkat kesulitannya rendah karena membaca ukuran penggaris tidaklah sulit.

Ketika seseorang menggunakan penggaris besi dalam melakukan pengukuran, mungkin tidak akan mengalami kesulitan. Hal itu dikarenakan ketelitian penggaris rendah, yakni 1 milimeter. Namun, saat seseorang menggunakan alat ukur yang lebih presisi terkadang mereka mengalami kesulitan.

Kesulitan tersebut biasanya pada pembacaannya atau perhitungannya. Karena memang alat tersebut menggunakan ketelitian yang lebih tajam. Ketelitiannya atau akurasinya mulai dari 0,1 milimeter hingga 0,01 milimeter.

Kebanyakan alat ukur mekanik memiliki ketelitian yang sangat presisi. Hal itu dikarenakan tuntutan sehingga para mekanika atau teknisi memerlukan pemanfaatan alat ukur yang lebih teliti.

Memelihara Alat Ukur Mekanik

Perawatan atau pemeliharaan alat ukur haruslah dilakukan guna menjaga akurasi dan presisi dari alat ukur itu sendiri. bila terjadi kerusakan kecil saja pada sebuah alat ukur, maka tingkat ketelitiannya pun akan berkurang.

Oleh karena itu, cara menggunakan dan memeliharanya pun harus dilakukan dengan baik. Dengan demikian keselamatan alat ukur dan kesalahan pengukuran dapat dihindari yang dapat berakibat kepada proses pengukuran nantinya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.