Pengertian Konsep Beserta Unsur dan Karakteristiknya

Pengertian konsep – Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami kembali untuk membagikan informasi yang barangkali bisa bermanfaat untuk teman-teman, khususnya yang berkaitan dengan pengertian konsep.

Istilah konsep tentu sudah tidak asing lagi, karena memang sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.

Kata konsep ini mudahnya bisa dimaknai sebagai ide awal yang membuat seseorang memahami gambaran besar dari sesuatu.

Supaya teman-teman bisa lebih paham lagi mengenai pengertian konsep, di bawah ini akan kami paparkan beberapa hal yang berkaitan dengan istilah konsep.

Semoga penjelasan di bawah ini bisa mudah dipahami, sehingga bisa menjawab kebingungan pembaca tentang istilah tersebut. Yuk langsung saja kita simak bersama:


Pengertian Konsep


alihamdan.id

Secara bahasa, kata konsep bermula dari bahasa Latin yaitu “conceptum”, artinya adalah sesuatu yang bisa dipahami.

Namun secara istilah konsep bisa didefinisikan sebagai serangkaian gagasan atau ide yang saling berkaitan mulai dari peristiwa dasar sampai juga petunjuk untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Selain pengertian di atas, terdapat juga beberapa ahli yang turut mendefinisikan konsep, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian Konsep: Aristoteles

Menurut Aristoteles, yang diungkapkan dalam bukunya “The Classical Theory of Concept” menyatakan bahwa konsep adalah unsur atau penyusun utama dalam pembentukan filsafat pemikiran manusia dan juga pengetahuan ilmiah. Hal ini berarti setiap ilmu pengetahuan lahir dari sebuah konsep.

Soedjadi

Selanjutnya soedjadi juga mengemukakan, konsep merupakan ide abstrak yang mana bisa digunakan untuk melakukan penggolongan yang biasanya dinyatakan dengan rangkaian kata atau lambang bahasa.

Pengertian Konsep Menurut Bahri

dosensosiologi.com

Sedangkan menurut Bahri konsep bisa diartikan sebagai satuan arti yang bisa mewakili suatu objek yang memiliki ciri sama.

Artinya dengan adanya konsep ini kita bisa melakukan abstraksi terhadap suatu objek dan bisa mengklasifikasikannya pada tempat tertentu. Hal ini hampr sama dengan pengertian menurut Soedjadi.

Woodruff

Lalu Woodruff menambahkan tiga hal penting terkait definisi konsep, yakni bahwa konsep adalah suatu ide yang sempurna dan bermakna.

Lalu kedua, konsep adalah pengertian tentang suatu hal. Dan terakhir konsep merupakan produk subjektif yang berasal dari pengalaman pribadi sehingga bisa menciptakan pengertian terhadap suatu objek.


Unsur-Unsur Konsep


bursanom.com

Di bawah ini terdapat unsur-unsur yang pasti ada dalam konsep, dan karena terdapat unsur tersebut sesuatu bisa dinamakan konsep. Unsur-unsur tersebut adalah:

Nama

Nama fungsinya adalah untuk merepresentasikan ide atau gagasan, yang juga merupakan perwakilan dari kata tunggal.

Contoh Positif dan Negatif

Unsur selanjutnya, yakni unsur yang berfungsi untuk membandingkan hal positif dan negatif serta karakteristiknya.

Karakteristik Pokok

Lalu ada karakteristik pokok, fungsinya adalah untuk menciptakan dan menentukan contoh apakah hal tersebut termasuk dalam kategori konsep atau bukan.

Rentang Karakteristik

Rentang karakteristik ini berhubungan dengan pembatasan suatu konsep.

Adapaun yang berhubungan dengan unsur ini ada tiga yakni:

  • super ordinat atau konsep yang berkaitan dengan konsep yang lebih luas.
  • Lalu koordinat, yakni konsep setara dan saling bergantung.
  • Dan terakhir subordinat yakni bagian kecil dari konsep.

Fungsi Sebuah Konsep


maxmanroe.com

Paling tidak terdapat empat fungsi dari adanya sebuah konsep, di antaranya yaitu:

Fungsi Operasional

Hal ini berkaitan dengan suatu pelaksanaan. Artinya dengan adanya sebuah konsep maka seseorang bisa melakukan sesuatu dengan dasar yang kuat sehingga pada akhirnya pelaksanaan tersebut akan lebih efektif dan efisien.

Fungsi Kognitif

Lalu konsep juga sangat berguna dalam aspek kognitif kita. Dengan adanya konsep manusia bisa berpikir secara optimal, benar, dan jernih.

Fungsi Komunikasi

Konsep juga bisa memudahkan kita untuk menyampaikan dan memahami sesuatu karena di dalamnya terdapat penjelasan ide, objek, dan juga peristiwa.

Fungsi Evaluatif

Suatu konsep harus melewati tahap evaluasi yang nantinya bisa digunakan untuk menentukan nilai suatu benda.


Demikian penjelasan kami mengenai pengertian konsep. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.