Mengenal Metode Penelitian: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Metode Penelitian – Dalam melakukan penelitian ilmiah, perlu menerapkan aturan atau kaidah keilmuan yang sudah ditentukan agar hasil penelitian dapat dikatakan valid, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Data penelitian sendiri dapat dikatakan valid adalah ketika adanya kesesuaian antara data dari objek yang diteliti dan data yang diperoleh oleh peneliti.

Metode penelitian sendiri merupakan salah satu faktor penting dalam penelitian ilmiah yang pada dasarnya adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan keguaan dan tujuan tertentu.


Pengertian Metode Penelitian


pixabay.com

Metode penelitian adalah suatu cara/langkah-langkah/tahapan yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data yang kemudian diolah/diproses dan dianalisis dengan metode ilmiah.

Menurut Prof. Dr. Sugiyono, metode penelitian adalah suatu cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data dengan kegunaan dan tujuan tertentu.

Menurut Prof. M.E Winarno, metode penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang prosesnya menerapkan teknik sistematis dan juga cermat

Singkatnya bisa dikatakan sebagai cara/langkah untuk mengumpulkan data objek penelitian, dianalisis dan diolah secara ilmiah untuk kegunaan dan tujuan tertentu.


Jenis Metode Penelitan Berdasarkan Jenis Data dan Analasis


1. Metode Penelitian Kualitatif

pixabay.com

Merupakan jenis metode penelitan yang datanya bersifat deskriptif dan berfokus pada pemahaman mendalam mengenai suatu masalah.

Metode ini berusaha mengungkapkan makna dan juga pengalaman dari subjek penelitian pada fenomena yang tidak dapat dengan mudah diukur data angka/numerik.

Jenis metode kualitatif menurut McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015) digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai apa, bagaimana, atau mengapa pada suatu fenomena.

2. Metode Penelitian Kuantitatif

√ Mengenal Metode Penelitian: Pengertian dan Jenis-Jenisnya
pixabay.com

Merupakan jenis yang penggunaan datanya berupa angka dan proses penelitiannya menggunakan analisis statistik untuk hasil pengukuran objektif.

Jenis metode ini menggunakan model-model yang memiliki sifat matematis dan sistematis.

Metode ini bisa dikatakan sebagai jenis yang sudah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah seperti konkrit, terukur, objektif, sistematis dan rasional.


Jenis Metode Penelitian Berdasarkan Sifat Masalahnya


√ Mengenal Metode Penelitian: Pengertian dan Jenis-Jenisnya
pixabay.com

Berikut merupakan jenis-jenisnya jika berdasarkan sifat masalah Menurut Suryabrata (1983)

1. Metode Penelitian Historis

Merupakan jenis yang tujuannya adalah untuk membuat rekonstruksi pada kejadian masa lalu dengan cara yang sistematis dan objektif.

2. Deskriptif

Merupakan jenis yang digunakan dengan tujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, akurat dengan fakta dan sifat populasi/daerah tertentu dan faktual.

3. Metode Perkembangan

Merupakan jenis yang digunakan dengan tujuan mengetahui pola-pola, urutan pertumbuhan dan juga suatu perubahan sebagai fungsi waktu.

4. Metode Kasus

Merupakan jenis yang penggunaannya bertujuan untuk dapat mempelajari latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan objek secara insentif.

5. Metode Korelasional

Merupakan jenis yang penggunaannya bertujuan untuk dapat mengkaji tingkat hubungan antara variasi dari suatu faktor dengan faktor lainnya yang didasarkan pada koefisien korelasi.

6. Metode Eksperimental

Merupakan jenis  yang digunakan untuk tujuan menyelidiki tentang adanya suatu kemungkinan dari hubungan sebab akibat menggunakan cara kontrol atau kendali.

7. Metode Quasi Eksperimental Semu

Merupakan jenis yang memiliki tujuan untuk dapat mengkaji suatu hubungan dari sebab akibat dengan kondisi tidak memungkinkan adanya kontrol atau kendali.

Namun terlepas dari kondisi itu, tetap dapat memperoleh informasi pengganti untuk situasi dengan pengendalian.

8. Metode Kausal Komparatif

Merupakan jenis yang penggunaannya ditujukan untuk menyelidiki suatu kemungkinan dari hubungan sebab akibat, namun dengan melakukan pengamatan dan tidak eksperimen.

Pengamatan dilakukan terhadap data dari faktor yang diduga jadi penyebab untuk pembanding.

9. Metode Tindakan

Merupakan jenis yang penggunaannya tujuannya menumbuhkan suatu pendekatan baru/keterampilan baru yang diterapkan secara langsung dan hasilnya dikaji.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.