Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Jenis dan Tujuannya

Metode Penelitian Kualitatif – Berdasarkan jenis datanya, penelitian ilmiah secara umum memiliki dua pendeketakan yang digunakan, yakni metode kualitatif dan kuantitatif.

Kedua metode ini cukup berbeda, metode kuantitatif lebih menggunakan data berupa angka, yang lalu diolah dengan statistika dan diambil kesimpulan berdasarkan hipotesis.

Sedangkan metode kualitatif bersifat emik, yakni pendekatakan penelitiannya memanfaatkan data dalam bentuk narasi, cerita detail dari responden.

Teknik pengumpulan datanya pun juga berbeda. Jenis kuantitatif salah satu ciri khas pengumpulan datanya adalah kuisioner, sedangkan kualitatif wawancara mendalam dan observasi.


Pengertian Metode Penelitian Kualitatif


√ Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Jenis dan Tujuannya
pexels.com

Menurut Sugiyono (2005) metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk meneliti terhadap keadaan objek alamiah, di mana instrument kuncinya adalah peneliti.

Menurut Moleong (2005:6) metode penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang memiliki maksud memahami suatu kejadian mengenai apa yang dialami subjek penelitian.

Pada penelitian jenis ini, semakin teliti, mendalam, dan didapatkannya informasi data yang diperoleh, maka dapat diartikan juga bahwa semakin bagus kualitas penelitan yang dilakukannya.

Metode kualitatif mempunyai objek yang lebih sedikit daripada kuantitatif, karena metode ini lebih mengutamakan kedalaman suatu data dan bukan kuantitas data.


Jenis Metode Penelitian Kualitatif


√ Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Jenis dan Tujuannya
pexels.com

1. Fenomenologi

Merupakan jenis yang mengkhususkan terhadap fenomena dan realitas yang nampak, untuk kemudian dikaji penjelasan di dalamnya.

Penggalian data yang dilakukan untuk metode ini biasanya dengan wawancara yang mendalam pada objek penelitian dan melakukan observasi.

2. Etnografi

Merupakan jenis yang bertujuan untuk mengkaji suatu bentuk dan fungsi dari bahasa yang ada dalam suatu budaya dan digunakan untuk berkomunikasi.

Selain itu juga untuk melihat bagaimana suatu fungsi dan bentuk bahasa jadi bagian dalam kehidupan masyarakat dan mengintrepretasikan kelompok sosial serta interaksi yang ada dalam masyarakat.

3. Studi Kasus

Merupakan jenis metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kasus atau suatu fenomena yang ada dalam lingkungan masyarakan dan dilakukan secara mendalam.

Untuk bisa mendapatkan data yang mendalam padametode ini, peneliti biasanya menggunakan wawancara, observasi dan studi documenter baru kemudian dianalisis dan menjadi suatu teori.

4. Metode Historis

Merupakan jenis penelitian yang berfokus pada peristiwa-peristiwa besar yang sudah pernah terjadi di masa lalu untunk dilakukan rekonstruksi dengan sumber data/saksi sejarah.

Sumber data yang digunakan untuk mengkaji peristiwa masa lalu ini harus bersifatobjektif, akurat, sistematis dan dari sumber yang tepat.

5. Metode Dasar

Merupakan jenis penelitian kualitatif yang biasanya dilakukan untuk dapat menemukan teori/menguatkan teori yang sudah lebih dulu ada dengan mengkaji kaidah dan prinsip dasar yang ada.

Pada metode dasar, peneliti perlu bisa memiliah mana suatu fenomena yang bisa dikatakan sebagai kejadian inti dan mana yang bukan.

Cara mengumpulkan data yang digunakan pada metode ini adalah dengan melakukan studi lapangan, pembanding tiap kategori, fenomena, observasi, dan situasi berbagai penilaian.


Tujuan Metode Penelitian Kualitatif


pexels.com

Menurut Creswell (2010: 167), tujuan metode penelitian kualitatif biasanya mencakup suatu informasi mengenai kejadian utama yang kemudian dieksplorasi di dalam suatu penelitian.

Tujuan dari metode penelitian ini juga dapat menyatakan rancangan suatu penelitian yang dipilih. Tujuannya kemudian ditulis menggunakan istilah teknis penelitian.

Selain itu bisa juga dikatakan kalau tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menjelaskan mengenai suatu kejadian sedalam mungkin dengan pengumpulan data yang dalam juga.

Hal ini dilakukan karena menunjukkan betapa pentingnya kedalaman atau detail dari data yang diteliti.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.