5 Tips Memilih Kulkas yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Kulkas – Sekarang ini kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan rumah karena dapat membuat menjaga kesegaran makanan dan minuman.

Tidak hanya menjaga kesegaran makanan atau minuman, tapi juga menjaga agar jenis makanan tertentu tidak cepat basi/busuk, mengawetkan daging, membuat es batu, dan masih banyak lagi.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pilihan jenis kulkas yang dapat dibeli mulai dari ukuran, kapasitas, fitur, harga atau teknologi.

Namun, untuk memilih kulkas agar tepat dan sesuai kebutuhan rumah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan tips memilih kulkas yang bisa dijadikan sebagai referensi.


Tips Memilih Kulkas


1. Menentukan Jenis Kulkas

Tips Memilih Kulkas yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan
pricebook.co.id

Tentukan jenis kulkas yang ingin dibeli, jika sebelumnya kulkas hanya berjenis satu pintu dan kebutuhan penggunaan freezer bertambah, maka dapat memilih jenis dua pintu/top freezer.

Dalam menentukan jenis, agar lebih sesuai dengan kebutuhan rumah, pastikan sudah mengetahui seberapa banyak kebutuhan dalam penggunaan kulkas untuk menyimpan makanan/bahan makanan.

Jika baru menikah atau baru hidup pisah dari orang tua dan tinggal sendiri, kulkas jenis satu pintu atau dua pintu (top freezer) bisa menjadi pilihan.

Namun apabila sudah berkeluarga, memiliki beberapa anak, maka jenis kulkas yang dipilih bisa jenis top freezer atau side by side.

2. Tentukan Ukuran

Tips Memilih Kulkas yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan
arjunaelektronik.com

Setelah menentukan jenis kulkas yang ingin dibeli, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menentukan ukuran kulkas.

Menentukan ukuran kulkas menjadi salah satu pertimbangan untuk menyesuaikan kebutuhan atau luas ruang yang tersedia untuk menempatkan kulkas.

Jika rumah memiliki ruang yang cukup besar untuk kulkas, maka kulkas dengan ukuran side by side pun bisa kamu jadikan pilihan.

Terlebih apabila kamu ingin kulkas dengan ukuran yang besar.

3. Sesuaikan Daya Listrik Rumah

inews.id

Daya listrik adalah salah satu aspek yagng perlu dipertimbangkan sebelum membeli kulkas.

Pastikan listrik di rumah memiliki daya yang memadai untuk jenis kulkas yang diinginkan.

Karena penggunaan daya listrik tidak hanya untuk kulkas saja, mengetahui daya listrik yang dimiliki dan daya listrik yang dibutuhkan.

Hal ini dimaksudkan agar listrik di rumah kuat untuk menunjang kulkas dan listrik tidak turun karena dayanya tidak kuat.

Beberapa langkah yang bisa dipertimbangkan pada daya listrik ini bisa dengan memilih jenis kulkas yang mempunyai konsumsi listrik yang rendah.

Bisa juga dengan berkunjung ke situs Energi Star dan menghitung rincian penggunaan listrik kulkas dengan berdasar pada tahun pembuatan, ukuran dan juga tipe kulkas.

4. Fitur

Kompas.com/Reza Wahyudi

Memilih kulkas berdasarkan fitur juga bisa menjadi salah satu pertimbangan, terlebih tiap jenis kulkas memiliki berbagai macam fitur yang berbeda.

Ada fitur dengan teknologi canggih seperti kulkas pintar, ada yang memiliki fitur in-door ice maker, water dispenser dll.

Biasanya fitur-fitur tersebut ada pada kulkas dengan ukuran dan kapasitas yang besar. Namun jika kamu tidak terlalu membutuhkan fitur tersebut, kamu bisa memilih jenis biasa seperti top freezer.

5. Tips Memilih Kulkas dengan Melihat Budget

istockphoto.com

Jika sudah menentukan jenis, ukuran dan menyesuaikan daya listrik, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih kulkas sesuai dengan budget yang dimiliki.

Apabila mempunyai budget lebih, ruang yang cukup luas, daya listrik yang besar maka bisa memilih jenis kulkas dengan kapasitas besar.

Beberapa contohnya seperti kulkas dengan jenis side by side, bottom fridge atau French door fridge.

Namun sebaliknya, apabila budget yang dimiliki masih terbatas, belum banyak kebutuhan, maka bisa memilih jenis 1 pintu atau 2 pintu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.