Perangkat Rumah Pintar, Bedanya dengan Perangkat Rumah Terhubung

Perangkat rumah pintar semakin diminati oleh masyarakat di era digital seperti sekarang ini. Kecanggihan teknologi yang semakin lama kian canggih membuat orang-orang mulai dimanjakan dengan keberadaannya.

Berkat bantuan teknologi, berbagai aktivitas manusia menjadi lebih mudah, efektif, efisien, aman, dan terkontrol. Saat ini, teknologi juga mulai diterapkan di rumah-rumah dengan layanan smart home system lewat perangkat rumah pintar.

Teknologi ini memberikan layanan kepada pelanggannya berupa gaya rumah masa depan hanya melalui instalasi aplikasi smartphone. Masyakat dapat merasakan teknologi IoT dan AI (Artificial Inteliigence) secara langsung.


Perangkat Rumah Pintar


Konsep dari rumah pintar adalah ‘future friendly’ dimana perangkat dapat terhubung menjadi satu aplikasi dan semua peralatan elektronik di dalam rumah dapat dikontrol dan dipantau melalui smartphone.

Cukup dengan satu sentuhan tombol pada layar ponsel pintar atau perintah suara, kapan pun dan dimanapun penghuni rumah berada bisa mengontrol rumah. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu lupa mematikan AC, televisi, dan peralatan elektronik lainnya.

Istilah perangkat rumah piintar atau smart home technology dengan perangkat rumah terhubung atau smart home device kadang-kadang digunakan bersamaan. Padahal, kedua hal tersebut merupakan dua konsep yang berbeda.

Perangkat pintar merupakan peranti yang dapat diprogram untuk rumah pintar. Sementara perangkat terhubung merupakan alat-alat atau apa yang mengontrol perangkat dari rumah pintar itu sendiri. perangkat pintar bisa mengontrol perangkat rumah terhubung secara otomatis.

Perangkat rumah piintar dapat digunakan untuk mematikan beberapa peralatan elektronik dirumah bahkan sekaligus. Berikut ini beberapa peralatan rumah yang dapat dikendalikan lewat aplikasi smartphone rumah pintar.

Charger Wireless

Di era futuristik seperti sekarang ini rasanya penggunaan kabel sudah semakin dikurangi. Lihat saja beberapa smartphone yang tidak lagi dibekali charger dnegan kabel data melainkan charger wireless. Adapula yang menjualnya secara terpisah.

Charger model ini bisa dikendalikan dari jarak jauh sehingga kalian tidak perlu khawatir saat meninggalkan HP di rumah dalam keadaan dicharger.

Lampu

Seperti di drama-drama Korea, kini lampu juga bisa terhubung pada perangkat rumah pintar. Ada beberapa jenis lampu dengan watt besar, jika kalian tidak memasang sensor cahaya lebih baik memaakai lampu pintar.

Lampu pintar bisa dihubungkan dengan aplikasi ponsel yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Saat kalian berada di luar kota, lampu-lampu di rumah bisa dinyalakan dan dimatikan dari tempat kaalian berada.

Oven

Oven listrik kebanyakan berdaya listrik tinggi. Tentu jika ditinggal dalam keadaan menyala akan membuat tagihan listrik membengkak. Selain itu, meninggalkan oven dalam keadaan menyala bisa berbahaya bagi keselamatan penghuni rumah dan bagunan itu sendiri.

Memilih oven pintar yang dapat terhubung dengan perangkat rumah piintar adalah pilihan yang tepat. Hanya saja harga oven pintar tentu lebih mahal dari yang biasa.

AC

Meskipun saat ini banyak AC berdaya listrik rendah, tapi masih ada AC dnegan kapasitas tinggi yang juga berdaya listrik tinggi. Namun, beberapa merk AC juga telah menawarkan AC pintar yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

CCTV

Kamera pengawas atu CCTV memang banyak yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, tapi tidak semua dapat dipantau dari ponsel pintar kalian. Sebelum membeli, tanyakan kepada penjual apakah CCTV yang akan kalian beli bisa terhubung dnegan ponsel pintar atau tidak.

Kunci Pintu

Kunci pintu modern tidak hanya kunci yang dibuka dengan sandi loh. Saat ini sudah ada kunci pintu yang bisa dikontrol melalui aplikasi pada smartphone. Bila memiliki perangkat rumah piintar yang satu ini kalian tidak perlu takut kehilangan kunci rumah dan tidak perlu menggandakan kunci.

Robot Vacum

Vacum cleaner jenis robot vacum juga dapat terhubung dengan perangkat rumah piintar, tapi tidak semua produk dan merk menyediakan smart robot vacum.

WiFi Routers

Perusahaan, seperti google telah meluncurkan WiFi router yang bisa dikontrol lewat aplikasi google. Tinggal katakan “oke Google” kalian sudah bisa mengontrol pemakaian WiFi dirumah kalian.

Nah itu tadi beberapa peralatan rumah yang memungkinkan dikontrol lewat aplikasi perangkat ruumah pintar. Biasanya peralatan yang dapat dihubungkan dengan pengendali jarak jauh adalah yang memakan daya listrik tinggi, kecuali kamera pengawas atau CCTV.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.