Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Kerusakan Pada Komponen Penting

Penyebab kulkas tidak dingin ada berbagai macam. Lalu pada suhu berapa seharusnya kulkas itu beroperasi? Mengapa saya merasa kalau kulkas di rumah kurang dingin dan tidak bisa mengawetkan? Berikut ini beberapa keluhan yang sering terjadi pada kulkas.

Suhu lemari es harus diatur minimal pada 5˚C atau lebih rendah, sedangkan suhu freezer atau lemari pembeku harus berada pada suhu -18˚C. Jika lebih tinggi dari standar itu ada kemungkinan makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas bisa tidak awet.


Penyebab Kulkas Tidak Dingin


Bagaimana jika suhu kulkas sudah diatur, tapi kulkas tidak juga dingin dan justru makanan cepat basi? Pertama-tama periksa dulu hal-hal yang mendasar sebelum kalian memanggil tukang servis.

Terkadang ada hal-hal kecil yang tidak kita sadari terjadi pada kulkas. Langkah-langkah kecil berikut dapat kalian lakukan daripada buru-buru memanggil tukang service.

Periksalah apa kabel kulkas sudah tercolok. Kulkas belum dicolok mungkin terdengar konyol, tapi bisa saja saat kalian membersihkan kulkas lalu tak sengaja mencopot kabelnya dan lupa mencolokkannya kembali.

Hal lain yang mungkin tidak disadari adalah suhu termostat diturunkan. Biasanya pada kulkas ada tuas termostat untuk menyetel suhu kulkas. Ada sisi minimum dan maksimum. Mungkin saja kalian lupa mengembalikan termostat pada suhu yang seharusnya setelah membersihkan bunga es.

Pintu kulkas tidak tertutup rapat juga menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Freon di dalam kulkas justru akan keluar dan itu tidak baik bagi lingkungan. Selain itu, membiarkan kulkas dalam kondisi terbuka juga bisa membuat tagihan listrik membengkak.

Ventilasi tertutup tumpukan makanan. Jika kotak makan pada kulkas berantakan, segera rapikan agar tidak menghalangi ventilasi udara. Udara dingin bisa saja terhalang barang-barang yang berantakan. Itu salah satu penyebab kulkas tidak dingin.

Bisa juga karena isi lemari es terlalu sesak sehingga membuat udara di dalamnya tidak bersirkulasi dan kulkas tidak beroperasi dnegan semestinya. Cek secara berkala benda-benda di dalamnya. Keluarkan makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

gambar: youtube.com

Beberapa Komponen Penting pada Kulkas

Beberapa komponen kulkas di bawah ini berpengaruh pada kinerja kulkas. Jika salah satunya bermasalah itu bisa mengakibatkan kulkas kalian tidak lagi dingin atau menghangat.

Kompresor Kulkas

Kompresor merupakan bagian kulkas yang mengompres dan mendorong uap refrigeran ke dalam gulungan di luar lemari es. Apabila kipas masih menyala, tetapi lemari es tidak dingin ada kemungkinan komresornya rusak.

Koil Kondensor

Kumparan kondensor membawa gas panas yang dihasilkan oleh kumparan ke evaporator. Saat refrigeran bergerak melalui kumparan pada tekanan tinggi, refrigeran akan mendingin dan berubah kembali menjadi cairan.

Koil kondensor yang tersumbat dapat menghalangi kemampuan kulkas untuk tetap dingin. Sirkulasi udara pada kulkas juga menjadi buruk.

Kipas Kondensor

Kipas kondensor berfungsi mendinginkan koil kompresor dan kondensor saat bekerja. Bila kipas kondensor tidak berfungsi dnegan baik, suhu kulkas bisa naik dan kompresor bisa menjadi terlalu panas.

Kipas Evaporator

Kipas evaporator adalah bagian dari lemari es yang menghembusskan udara sejuk yang dirasakan saat membuka kulkas. Alat ini menarik udara melintasi koil evaporator, mendinginkannya, dan kemudian mendorong udara ke freezer dan lemari pendingin.

Kipas evaporator yang tidak menyala saat kompresor bekerja, maka kulkas akan menjadi tidak dingin. Sama seperti fungsi dari kipas kondensor yang dibahas sebelumnya.

Peredam Udara

Peredam udara mengontrol seberapa banyak udara dingin dibagi dari freezer ke lemari es. Namun, apabila peredam udara tidak dapat menutup atau tidak dapat dibuka, maka hal ini dapat mempengaruhi suhu kulkas.

Meski freezer dalam suhu yang tepat, tapi lemari pendingin tidak akan dingin. Peredam udara yang tidak dapat dibuka menyebabkan udara dingin tidak dapat mengalir dari freezer ke kompartemen kulkas. Sehingga suhu di dalam kulkas menjadi lebih hangat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.