Ulasan Lengkap Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Chest Freezer

Kelebihan dan Kekurangan Chest Freezer – Chest freezer merupakan jenis freezer dengan tipe pintu yang digeser dari bagian atasnya.

Sering kita jumpai di mini market, biasanya digunakan untuk menyimpan es krim atau pun frozen food. Suhu pembekuan chest freezer berkisar antara -15 hingga -26°C.

Kini semakin banyak orang yang mencoba peruntungan dengan membuka usaha rumah tangga. Salah satunya dengan berjualan frozen product dengan segala jenis inovasinya.

Terutama sejak pandemi melanda, dapat dikatakan segala jenis makanan dibuat dalam bentuk beku agar bisa awet lebih lama.

Salah satu jenis frozen food yang cukup tenar beberapa bulan terakhir adalah donat frozen, dimsum frozen, dan lain sebagainya.


Kelebihan dan Kekurangan Chest Freezer


duniamasak.com

Seiring dengan meningkatnya permintaan akan frozen food, maka tak sedikit juga dari masyarakat yang memutuskan ingin membeli chest freezer.

Namun sebelum Anda memutuskan membeli ada baiknya pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari chest freezer itu sendiri.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mari simak ulasan berikut ini:

Kelebihan Chest Freezer

Kelebihan chest frezer yang paling utama tentu saja terletak pada kapasitasnya yang lebih besar. Dibandingkan freezer pada kulkas 2 pintu sekalipun daya tampung chest freezer jauh lebih banyak bahkan bisa mencapai 950 liter.

Tergantung pada jenis merek dan ukuran chest freezer yang Anda beli. Namun chest freezer yang berukuran kecil sekalipun dirasa memiliki kapasitas yang lebih besar daripada freezer pada kulkas biasa.

Dengan ruang simpan yang luas, kamu dengan leluasa menyimpan berbagai makanan beku tanpa khawatir makanan tersebut akan rusak.

Karena salah satu tujuan pembekuan adalah untuk menambah daya awet makanan tersebut.

Chest freezer dilengkapi oleh lapisan inner body white lining yang merupakan teknologi anti karat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kondensasi yang lama kelamaan dapat menyisakan karat di bagian dekat pintu.

Teknologi ini juga bisa menjaga suhu di dalam box juga tetap stabil sehingga kondensasi dapat dicegah. Teknologi pendingin yang dimiliki chest freezer dapat meminimalisir terbentuknya es.

Sehingga jangan khawatir Anda tidak akan kesulitan saat membersihkan freezer karena bunga es yang membandel.
Selanjutnya kelebihan chest freezer yaitu memiliki suhu yang cenderung lebih stabil.

Meskipun dalam kondisi mati listrik, chest freezer masih mampu mempertahankan suhunya hingga beberapa jam dan kualitas makanan tetap terjaga.

Kekurangan Chest Freezer

Kekurangan utama chest freezer yaitu belum dilengkapi teknologi pembekuan cepat (flash freezer). Sehingga proses pendinginan dan pembekuan makanan akan berjalan sangat lambat.

Oleh karena itu untuk menyimpan daging dan makanan segar lainnya, disarankan untuk membekukannya terlebih dahulu di flash freezer baru menyimpannya di chest freezer.

Sejatinya chest freezer memang cocok dijadikan sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman dingin saja.

Namun jika dibandingkan dengan freezer kulkas biasa, maka chest freezer unggul dalam kecepatan membekukan makanan maupun minuman.

Adapun proses pembekuan freezer ini berkisar antara 3 hingga 72 jam. Tergantung merk, spesifikasi, dan fitur teknologi yang ada pada chest freezer tersebut.

Kekurangan chest freezer lainnya yaitu terletak pada daya konsumsi listrik. Meskipun dalam hal ini chest freezer tergolong sebagai peralatan yang hemat listrik, namun tetap membutuhkan tegangan yang tinggi saat baru dihidupkan.

Terutama bila di tempat Anda sering terjadi kondisi listrik bertegangan rendah (spaning). Tentu kondisi ini tidak kuat untuk menghidupkan benda dengan yang membutuhkan tegangan tinggi seperti chest freezer.

Akibatnya biaya tagihan listrik Anda mungkin akan mengalami lonjakan bila sering mengalami kejadian seperti di atas.


Demikian ulasan ringan mengenai kelebihan dan kekurangan chest freezer. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: Kabel Fiber Optik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.